5 makanan kucing termahal di indonesia

“Merek makanan kucing apa sih yang paling ideal buat kucing saya?”. Itu jadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pemilik kucing pemula. Saat ini, pilihan makanan kucing memang bermacam-macam. Mulai dari yang dijual dengan harga yang murah banget, hingga yang lumayan menguras kantong. Bahkan, kamu mungkin penasaran akan kelebihan makanan kucing yang mahal banget. Biasanya, makanan kucing mahal memang punya kandungan nutrisi yang diformulasikan buat kucing dengan kebutuhan khusus. Komposisinya juga lebih disesuaikan untuk penuhi kebutuhan nutrisi si meong. Royal Canin sering dinobatkan sebagai makanan kucing termahal di Indonesia. Tapi, ada beberapa merek lain dengan harga yang nggak kalah fantastis. Misalnya: Orijen, Taste of The Wild, Wellness CORE, hingga Pro Plan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan ini sampai selesai.

1. Royal Canin Urinary S/O

Royal Canin memang sering disebut sebagai makanan kucing termahal di Indonesia. Varian makanan kucing ini juga banyak banget. Salah satunya yang saya berikan buat si meong adalah Royal Canin Urinary S/O. Makanan kucing ini tersedia dalam 2 varian, yaitu dry food dan wet food. Harganya memang lebih mahal kalau dibandingkan dengan rata-rata makanan kucing lainnya. Buat beli dry food kemasan 2,5 kilogram, saya harus merogoh kocek sekitar Rp 280.000. Sedangkan, Urinary S/O varian wet food dibanderol dengan kisaran harga Rp 13.000 – Rp 20.000 per sachet. Mahal, ya?

Tapi, harga yang mahal itu memang sepadan dengan kesehatan kucing saya. Kucing saya mengidap penyakit FLUTD. FLUTD adalah penyakit saluran kencing yang disebabkan oleh batu ginjal. Dia sudah sering banget kumat. Bahkan, si meong sudah pernah menjalani kateterisasi sebanyak 2 kali. Karena itulah, dokter hewan menyarankan pemberian hanya Royal Canin Urinary buat makanannya. Tujuannya, biar dia nggak kumat-kumat lagi. Urinary S/O mengandung formula yang bisa mencegah pembentukan kristal struvite dan kalsium oksalat. Keduanya adalah penyebab dari terbentuknya batu ginjal. Sejauh ini, saya nggak menemukan makanan kucing lainnya dengan khasiat yang sama seperti RC Urinary.

Kalau kamu punya kucing dengan FLUTD, saya rekomendasikan Royal Canin Urinary S/O. Kamu memang harus siapkan budget bulanan yang lebih besar. Tapi, percaya deh! Ini masih lebih baik daripada harus lihat si meong kesakitan. Selain itu, biaya kateter juga jauh lebih mahal, lho!

2. Orijen Cat & Kitten Food

Kamu anggap Royal Canin makanan kucing sultan? Kenalan dulu dengan merek cat food satu ini. Orijen Cat & Kitten Food ditawarkan dengan kisaran harga 1 juta buat kemasan 5,4 kilogram. Memang mahal banget, ya? Dan makanan kucing Orijen saat ini menjadi salah satu makanan kucing premium termahal di Indonesia. Tapi, makanan kucing ini juga punya kelebihan yang nggak dimiliki oleh makanan kucing lainnya. Dry food dari Orijen ini memiliki komposisi daging unggas dan ikan sebesar 85%. Makanan ini benar-benar diformulasikan khusus buat memenuhi nutrisi kucing. Kucingmu adalah karnivora sejati. Jadi, otomatis makanan yang dia butuhkan haruslah didominasi dengan daging.

Makanan kucing asal Kanada ini juga nggak mengandung zat aditif buatan. Jadi, kucingmu bisa dapatkan makanan yang nyaris alami. Kucingmu jadi lebih sehat, aktif, dan bulunya pun terasa lebih halus. Sekilas, harga catfood ini memang mahal banget. Tapi, harganya memang sepadan banget dengan kualitas produk dan kemasannya. Dengan kemasan sebesar 5.4 kilogram, kamu nggak harus bolak-balik beli makanan kucing tiap bulan. Apalagi, kalau kucingmu memang nggak terlalu banyak. Apalagi, makanan kucing ini ideal buat kucing segala usia. Jadi, kamu nggak perlu repot beli makanan kucing dengan varian yang berbeda-beda. Kalau kamu punya budget yang cukup, boleh banget kok coba makanan kucing berkelas premium ini.

3. Taste of The Wild Rocky Mountain Feline Venison & Salmon

Taste of The Wild adalah salah satu merek makanan kucing grain free premium yang populer banget di luar negeri. Di Indonesia, makanan kucing ini populer buat kamu yang ingin memberi makanan grain free buat si meong. Pemberian makanan kucing grain free memang baru-baru ini saja populer di Indonesia. Makanan kucing grain-free biasanya nggak mengandung bahan biji-bijian seperti jagung, kedelai, dan gandum di dalam komposisinya. Soalnya, bahan biji-bijian itu memang nggak memberikan nutrisi apapun buat si meong. Buat kamu yang ingin kasih nutrisi terbaik buat si meong, ini bisa banget dicoba.

Salah satu varian Taste of The Wild yang paling populer adalah Rocky Mountain Feline Venison & Salmon. Makanan ini mengandung bahan utama yang terdiri dari daging rusa panggang dan salmon panggang. Kedengarannya enak banget, kan? Kucingmu dijamin ketagihan dengan rasanya yang gurih. Karena nggak mengandung biji-bijian, jadi aman banget buat pencernaan si meong. Makanan kucing ini cocok banget buat kucing dengan pencernaan yang bermasalah. Masalah pencernaan seperti perut kembung, konstipasi, atau diare bisa disebabkan makanan kucing yang mengandung terlalu banyak filler. Selain itu, kucingmu juga jadi lebih awet kenyang. Soalnya, kebutuhan proteinnya terpenuhi dengan baik. Soal harga, produk ini memang lumayan mahal. Kamu harus siap merogoh harga sekitar Rp 377.000 untuk kemasan 2.3 kilogram.

4. Wellness CORE Indoor

Kucing indoor memang butuh asupan nutrisi yang beda dibandingkan kucing semi-indoor. Karena tingkat aktivitasnya yang rendah, kucing indoor memang lebih rawan terkena obesitas. Makanya, kamu butuh memberikan dia makanan kucing dengan kandungan nutrisi yang pas. Harga Wellness CORE Indoor memang lumayan mahal. Tapi, makanan kucing ini bisa bantu kucing indoormu supaya tetap sehat.

Makanan kucing ini adalah jenis grain free yang pastinya bagus banget buat si meong. Terlebih, kalau kucingmu punya sistem pencernaan yang sensitif. Terbuat dari ayam deboned sebagai bahan utamanya, makanan kucing ini mengandung kandungan protein yang kaya. Biarpun begitu, jenis dry food ini sengaja diformulasikan agar mengandung kalori yang lebih rendah. Sehingga, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kucing jadi lebih terjaga. Biarpun kucingmu tipe yang suka bermalas-malasan, dia nggak bakal gampang terkena obesitas.

Selain kaya protein, Wellness CORE Indoor ini juga kaya akan serat, antioksidan alami, dan omega 3. Omega 3 bisa bantu supaya bulu kucingmu jadi lebih halus dan nggak gampang rontok. Sedangkan, antioksidan bisa bantu tingkatkan daya imunitas tubuh si meong lebih terjaga. Kandungan serat di makanan kucing ini juga bantu supaya sistem pencernaan kucing tetap lancar. Wellness CORE Indoor ini dijual dengan harga sekitar Rp 281.000 dengan kemasan 0,9 kilogram. Karena harga makanan kucing yang fantastis ini, Wellness CORE Indoor menjadi salah satu makanan kucing termahal di Indonesia.

5. Pro Plan Adult Sterilized / Weight Loss with Optirenal

Ingin tahu alasan kenapa kucingmu sebaiknya disteril? Soalnya, kucing yang disteril memang jadi jauh lebih sehat. Kucing jantanmu biasanya bakal lebih tenang dan nggak spraying kemana-mana. Kamu juga nggak perlu pusing carikan adopter buat anak-anak kucing betinamu. Kucing yang disteril juga jadi lebih gampang menjadi gemuk. Soalnya, tingkat aktivitas mereka jauh lebih menurun. Kalau kamu nggak hati-hati mengatur makannya, bisa jadi kucingmu terkena obesitas!

Makanya, Pro Plan hadirkan makanan kering satu ini buat si meong yang disteril. Dry food merek Pro Plan ini punya kandungan lemak yang 25% lebih rendah dari makanan kucing lainnya. Selain itu, makanan kucing ini juga punya kandungan vitamin yang seimbang dan protein tinggi. Jadi, bagus banget deh buat kucingmu.

Pro Plan ini juga punya formula optirenal, lho! Formula ini bisa bantu jaga kesehatan ginjal dan saluran kencing. Resiko penyakit seperti FLUTD dan penyakit ginjal jadi bisa dihindari. Tapi, pastikan si meong rajin minum air, ya.

Saya menempatkan Pro Plan Adult Sterilized sebagai makanan kucing termahal di Indonesia yang terakhir. Kamu bisa dapatkan varian Pro Plan ini dengan kisaran harga Rp 244.000 untuk kemasan 2.5 kilogram. Memang, harganya sangat mahal. Tapi, saya rasa itu sepadan dengan manfaat yang diberikan buat kucingmu.

Apa manfaat memberikan makanan kucing premium dengan harga mahal?

Beberapa orang mungkin keheranan saat kamu pilih makanan kucing berkelas premium buat si meong. Apalagi kalau ada yang berburu makanan kucing termahal di Indonesia. Toh, ada banyak banget makanan kucing dengan harga yang lebih murah. Kenapa pilih makanan kucing dengan harga mahal banget? Sekilas, makanan kucing di atas memang kelihatan terlalu mahal. Tapi, kalau kamu punya budget lebih, kenapa nggak? Apalagi, makanan kucing premium ternyata berikan banyak banget keuntungan buat si meong. Kamu juga diuntungkan dalam jangka panjang, lho. Ini alasan kenapa sebaiknya kamu berikan si meong makanan premium.

1. Jadi, solusi buat beberapa masalah kesehatan

Kucingmu pengidap FLUTD seperti kucing saya? Atau, kucingmu sering mengalami gangguan pencernaan setelah makan makanan kucing murah? Buat kucing berbulu panjang, masalah hairball sering banget bikin mereka gampang muntah atau terkena diare. Nah, makanan kucing premium bisa jadi solusi buat masalah kesehatan si meong. Makanan kucing yang mahal memang dilengkapi dengan formula khusus buat atasi berbagai masalah kesehatan.

Makanan kucing dengan formula Urinary diperuntukkan buat si meong dengan gangguan saluran kucing. Formula renal juga sering disarankan buat kucing yang menderita gangguan ginjal. Kucing yang sensitif atau alergi dengan protein kacang-kacangan, cocok makan cat food dengan formula grain free. Dan kucing dengan masalah bulu rontok perlu mengkonsumsi makanan kucing kaya akan omega 3 dan 6. Kucing yang terkena obesitas butuh makanan khusus dengan kandungan lemak yang lebih rendah.

2. Sudah dapat persetujuan dari dokter hewan profesional

Kamu juga nggak perlu khawatir dengan pemberian makanan kucing premium. Soalnya, semua produk makanan kucing itu sudah pasti disetujui oleh yayasan dokter hewan dunia. Supaya bisa dapat gelar “premium”, produsen makanan kucing harus memenuhi standar ketat dari AAFCO. Di dalam organisasi ini terdiri dari dokter hewan yang memastikan standar nutrisi makanan hewan sudah tepat. Makanan kucing yang lolos tes dari AAFCO otomatis sudah punya kandungan nutrisi yang seimbang buat si meong. Buat hasil yang maksimal, kamu wajib ikuti petunjuk penyajian, ya.

3. Formula yang gampang dicerna

Keuntungan lainnya dari makanan kucing premium adalah, formulanya yang gampang dicerna. Pihak produsen makanan kucing secara otomatis sudah melakukan penelitian panjang untuk itu. Mereka memastikan supaya formula yang dihasilkan bisa diserap secara optimal oleh tubuh si kucing. Hasilnya, si meong bisa dapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan. Selain itu, pup kucingmu juga pastinya lebih bagus. Kamu nggak perlu khawatir si meong diare atau bahkan kucing susah bab gara-gara kualitas makanan yang jelek. Karena makanan premium memiliki standard kualitas yang tinggi. Selain itu, pup kucingmu yang makan makanan kucing premium cenderung nggak terlalu bau.

4. Kucingmu jadi jauh lebih sehat

Pemberian makanan kucing premium juga bisa bantu menghindarkan kamu dari biaya pengobatan ke dokter hewan. Kucing yang diberi makanan berkualitas bagus biasanya akan jadi jauh lebih sehat. Mereka jadi lebih lincah dan berenergi karena asupan protein yang dibutuhkan terpenuhi. Selain itu, organ pencernaan mereka juga jadi lebih terjaga berkat asupan serat dari makanan yang dimakan. Selain itu, bulu kucingmu juga bakal jadi lebih lembut dan nggak gampang rontok. Makanan kucing premium juga memastikan si meong kenyang lebih lama. Alhasil, mereka pun jadi terhindar dari resiko kegemukan. Menguntungkan banget, kan?

5. Cocok buat kucing segala usia

Keuntungan lainnya dari memberi makanan kucing premium adalah, kamu bisa cocokkan sesuai dengan usia si meong. Makanan kucing ini biasanya punya varian dengan kategori usia yang beda-beda. Misalnya, ada dry food yang diformulasikan khusus buat anak kucing. Makanan ini biasanya mengandung protein yang dibutuhkan buat perkembangan tubuh dan organ si meong. Sedangkan, formula makanan buat kucing dewasa juga punya kandungan nutrisi yang beda. Begitu juga buat kucingmu yang berusia di atas 5 tahun. Kamu jadi nggak perlu khawatir kucingmu kekurangan nutrisi. Soalnya, kamu hanya perlu membaca label yang tertera. Misalnya, label “Kitten” buat anak kucing, “Adult” buat kucing dewasa, dan “Senior” buat kucing usia lanjut.

Haruskah saya berganti ke makanan kucing premium?

Jawabannya, terserah kamu. Makanan kucing premium memang bisa berikan nutrisi yang kucingmu butuhkan. Tapi, perlu kamu ingat kalau harganya juga lumayan mahal. Jadi, kamu wajib pertimbangkan matang-matang sebelum memilih makanan kucing premium. Pastikan kondisi keuanganmu mencukupi. Kamu juga wajib memperhitungkan seandainya kondisi keuangan tidak terlalu mendukung. Jangan sampai makanan kucingmu jadi terjun bebas di pertengahan bulan gara-gara kamu nggak kuat. Pastikan kamu punya alternatif makanan kucing yang paling nggak setingkat di bawah makanan premium itu. Supaya lebih hemat, kamu juga bisa kok campurkan makanan kucing premium itu dengan cat food kelas menengah.

Pokoknya, jangan sampai terjun bebas ke makanan berkualitas rendah, ya. Soalnya, ternyata itu bisa berdampak buruk buat kesehatan si meong. Berdasarkan pengalaman pribadi, nih. Kucing saya sendiri pernah kumat FLUTD gara-gara kualitas makanan yang mendadak turun. Saya sempat ganti makan makanan kucing Royal Canin Urinary ke merek makanan yang murahnya kebangetan. Soalnya, waktu itu memang keuangan sedang menipis. Akibatnya, selang beberapa hari saja, kucing saya langsung nggak bisa pipis. Akibatnya, dia terpaksa dikateterisasi lagi. Itulah alasan kenapa saya sampai sekarang mengusahakan agar dia tetap bisa makan makanan kucing premium hingga sekarang.

Kesimpulan

Selain Royal Canin, ternyata ada banyak makanan kucing termahal di Indonesia. Contohnya, seperti Pro Plan, Orijen, dan Taste of The Wild. Makanan kucing premium itu memang punya kualitas yang lebih bagus dibandingkan merek makanan meong lainnya. Misalnya, ada beberapa yang mengandung formula Urinary dan Optirenal. Selain itu, ada juga produk makanan kucing grain free yang bagus banget buat si meong. Ada juga lho makanan kucing yang khusus supaya diet kucingmu lancar. Walaupun mahal, bisa dibilang makanan kucing itu benar-benar sepadan dengan kualitasnya.

Baca lebih lanjut: 15 rekomendasi snack kucing yang lezat dan menyehatkan »