17 rekomendasi makanan kucing grain free terbaik [2020]

Makanan kucing grain free mulai banyak dilirik oleh pemilik kucing. Hal ini dikarenakan komposisi makanan kucing grain free tidak mengandung biji-bijian. Dengan begitu, makanan kucing tidak menimbulkan alergi dan efek samping untuk jangka panjang bagi kesehatan kucing. Dari segi nutrisi, makanan yang sudah grain free juga lebih berkualitas. Di pasaran Indonesia, kamu bisa menemukan banyak produk makanan kucing yang sudah berlabel grain free ini. Nah, supaya tidak bingung dan tidak salah pilih, saya bagikan 17 rekomendasi makanan kucing grain free terbaik. Ada merek Kitchen Flavor, Purelux, Addiction, sampai Blackwood. Semuanya bisa kamu dapatkan di petshop terdekat di kotamu atau melalui online marketplace. Kira-kira mau pilih yang mana ya untuk kucing kesayanganmu? Yuk, simak dulu pembahasan detail produknya.

1. Kitchen Flavor Beauty

Semua produk makanan kucing dari Kitchen Flavor sudah berlabel grain free, termasuk varian beauty ini. Di pasaran, Kitchen Flavor Beauty kemasan freshpack 1,5 Kg dijual seharga Rp115.000,00.

Selain grain free, Kitchen Flavor Beauty juga diklaim sebagai produk yang bebas dari kandungan daging babi (no pork). Kitchen Flavor Beauty bisa dikonsumsi oleh kucing dengan berbagai usia (kitten, adult, senior). Komposisi protein sebesar 31% dan crude fat 12% sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan metabolisme tubuh kucing.

Sesuai namanya, komposisi bahan Kitchen Flavor Beauty difokuskan untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Terdapat kandungan vitamin C dan E, omega 3, serta omega 6. Fungsinya untuk membuat bulu lebih lembut dan mengkilap, menutrisi kulit, hingga menghilangkan gumpalan bulu (hairball). Kitchen Flavor Beauty cocok untuk kucing berbulu tebal, atau yang memiliki masalah dengan kesehatan kulit dan bulunya.

Selain itu, produk ini juga menawarkan keunggulan lain, seperti:

  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan;
  • Membantu proses pencernaan dan peristaltik usus;
  • Mempertajam penglihatan;
  • Menjadikan tubuh kucing lebih energik dan kuat.

2. Vigor and Sage Astragalus Well-Being

Kalau kamu memiliki kucing berusia 8 tahun ke atas, maka produk dari Vigor and Sage ini cocok untuknya. Varian Astragalus Well-Being diformulasikan khusus untuk menjaga kualitas hidup kucing senior. Kandungan proteinnya mencapai 30% dan berasal dari satu sumber protein hewani saja, yaitu daging kalkun segar. Hal ini bisa mencegah food intoleran pada kucing yang alergi terhadap bahan tertentu. Varian Astragalus Well-Being dilengkapi dengan kandungan rumput laut. Bahkan, butiran-butiran halus rumput laut tersebut masih terlihat pada kibble. Rumput laut membantu meningkatkan kesehatan kulit, mempertajam penglihatan, dan mencegah alergi.

Komposisi bahan pada Vigor and Sage Astragalus Well-Being juga menggunakan herbal premium pilihan. Bahan herbal tersebut adalah astragalus, akar hawthorn, dan licorice. Astragalus terbukti mampu mengurangi risiko penyakit pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Akar hawthorn berfungsi melindungi dan memperkuat kerja jantung. Sementara itu, licorice bisa membantu melancarkan pencernaan, mengurangi stress, dan melindungi gigi. Secara keseluruhan, nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing senior bisa didapatkan pada Vigor and Sage Astragalus Well-Being ini.

Tertarik mencoba Vigor and Sage Astragalus untuk makanan kucing kesayanganmu? Kisaran harganya mulai dari Rp425.000,00 untuk kemasan freshpack 2 Kg.

3. Im Organic Hypoallergenic Platinum

PT Kittenspark Indonesia mengeluarkan inovasi baru untuk produk makanan kucingnya, yaitu Im Organic Hypoallergenic Platinum. Mengusung label grain free, maka kandungan nutrisinya dijamin 100% tanpa biji-bijian. Bahan lain yang digunakan pun adalah produk organik yang tidak menyebabkan alergi. Varian ini mengkombinasikan rasa salmon dan tuna. Pengolahannya tanpa rekayasa genetika (non GMO).

Kandungan nutrisi pada Im Organic Hypoallergenic Platinum memiliki manfaat:

  • menaikkan berat badan kucing dengan cepat;
  • membuat kotoran kucing lebih padat;
  • mengatasi masalah pada kucing yang memiliki pencernaan sensitif;
  • meningkatkan kesehatan kulit dan bulu.

Jadi, kalau ingin tubuh kucingmu lebih berisi, saya sarankan untuk mencoba produk dari Im Organic ini. Nutrisinya cocok untuk kitten, kucing dewasa, dan kucing tua. Mulai dari bayi kucing, kitten, kucing jantan remaja, jantan senior, sampai betina produktif. Untuk harga, kemasan freshpack 2 Kg dijual seharga Rp235.000,00.

4. Happy Cat Sensitive Grain Free – Kaninchen

Happy Cat mengeluarkan jenis produk “sensitive” yang dikhususkan untuk kucing sensitif. Baik itu terkait masalah pencernaan maupun kesehatan kulitnya. Salah satu varian yang saya rekomendasikan adalah Happy Cat Sensitive Kaninchen. Produk ini dibuat dengan resep bebas biji-bijian dan bebas gluten. Ideal untuk kucing yang kulit dan pencernaannya sensitif. Untuk sumber proteinnya menggunakan protein tunggal dari daging kelinci. Sama sekali tidak mengandung unggas maupun ikan. Kadar proteinnya 34% dan fat 18%.

Happy Cat Sensitive Kaninchen menawarkan banyak keunggulan di tiap butir makanannya, yaitu:

  • Protein hewani tinggi, sampai 88,4%;
  • mengandung taurine untuk kesehatan hati;
  • mengurangi risiko hairball;
  • joint support yang berfungsi menjaga kesehatan persendian;
  • menjaga kesehatan gigi;
  • terdapat omega 3 dan omega 6 dengan komposisi sempurna;
  • urinary tract untuk menjaga kesehatan saluran kantung kemih.

Happy Cat Sensitive Kaninchen dikhususkan untuk kucing dewasa berusia 1 tahun ke atas. Kisaran harganya mulai Rp55.000,00 untuk kemasan 300 gram.

5. Iskhan Cat Grain Free All Life Stage

Rekomendasi makanan kucing grain free yang satu ini berasal dari produsen makanan hewan asal Korea. Dilihat dari segi pengemasan, Iskhan Cat tidak kalah dengan produk-produk sebelumnya. Kemasannya juga sudah menggunakan ziplock untuk menjaga kualitas makanan.

Iskhan Cat All Life Stage mengandung komponen bahan bergizi bagi kucing setelah melewati masa sapih. Diformulasikan bebas biji-bijian sehingga mencegah alergi pada kucing. Komposisi utamanya adalah 65% daging. Bahkan, proteinnya mencapai 35% dengan crude fat 18,0%. Iskhan Cat dibuat dari bahan utama daging ayam, ikan segar, dan chicpea. Ada juga kandungan minyak ikan yang membantu menjaga kilau bulu kucing. Terdapat cellulose halus yang mencegah terjadinya hairball.

Produk Iskhan Cat All Life Stage ini sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. Kamu juga bisa memesan di marketplace online. Harganya sekitar Rp250.000,00 (kemasan freshpack 2,5 Kg).

6. Orijen Grain Free Cat & Kitten

Orijen merupakan produk makanan kucing dari Champion Petfoods. Varian cat and kitten bisa dikonsumsi oleh kucing di semua tahapan usia. Nutrisi pada makanan kucing ini berbasis daging premium rendah lemak. Sumbernya berasal dari unggas segar, organ dan tulang rawan, ikan tangkapan liar segar, serta telur utuh. Formulasi ini membuat kandungan proteinnya tinggi, yaitu 44%.

Keunggulan lainnya ada pada kandungan karbohidratnya yang rendah. Kucing tetap mendapatkan asupan energi tanpa khawatir kelebihan berat badan. Komposisi nutrisi pada Orijen Cat & Kitten masih dilengkapi dengan vitamin, taurine, omega 3, omega 6, dan DHA.

Dibandingkan makanan kucing grain free dari merek lain, harga Orijen Cat & Kitten tergolong mahal. Kemasan freshpack 5,4 Kg saja sudah dijual dengan harga Rp1.350.000,00. Wow!

7. Farmina N&D Adult Cat Lamb and Blueberry

Makanan kering grain free dari Farmina ini diformulasikan untuk pencernaan kucing dewasa usia 1 tahun ke atas. Dibuat dari daging domba segar sebagai sumber protein utama. Dari total keseluruhan protein pada makanan ini, kandungan protein hewaninya mencapai 98%. Ini baik untuk mendukung kebutuhan nutrisi kucing sebagai hewan karnivora sejati. Ada juga komposisi blueberry yang baik bagi kesehatan bulu dan kulit kucingmu. Untuk sumber karbohidrat diperoleh dari kentang (no grain). Selain itu, ada label jaminan no pork pada produk Farmina N&D ini. Kalau kamu tertarik mencobanya, harga makanan kucing ini sekitar Rp829.000,00 untuk kemasan freshpack 5 Kg.

8. Wellness Core Indoor Formula Chicken & Turkey

Wellness Core Indoor diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing indoor. Dibuat dari bahan-bahan terbaik tanpa menggunakan gandum, gluten, jagung, dan kedelai. Diproses tanpa tambahan bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Manfaatnya baik untuk kucing yang sensitif dengan reaksi alergi.

Daging ayam dan kalkun menjadi sumber protein utama. Ini membantu untuk mempertahankan otot tanpa lemak dan kondisi tubuh yang ideal. Diperkaya dengan antioksidan, asam lemak omega, dan probiotik. Ketiganya bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh, kesehatan bulu, serta menjaga sistem pencernaan kucing.

Kalau kucingmu lebih sering berada di dalam ruangan, produk ini bisa jadi pilihan. Kucing indoor biasanya rentan dengan masalah obesitas karena kurangnya aktivitas fisik. Wellness Core Indoor dijual dengan kisaran harga Rp280.000,00 untuk kemasan 0,9 Kg.

9. PureVita Chicken & Peas Entree

PureVita Chicken & Peas Entrée merupakan salah satu rekomendasi makanan kucing grain free dari NutriSource. Makanan ini cocok untuk berbagai jenis kucing dari usia kitten sampai dewasa. Pada varian Chicken & Peas Entree, daging ayam menjadi sumber protein utama. Dipadukan juga dengan aneka buah dan sayuran bernutrisi tinggi sebagai antioksidan. Tidak ketinggalan ada kandungan asam amino taurine yang menunjang kesehatan jantung. PureVita Chicken & Peas Entrée dibuat dengan mengedepankan sistem “Good 4 Life” yang eksklusif. Produk makanan yang dihasilkan baik untuk fungsi otak, sistem pencernaan, kesehatan usus, dan kesehatan bulu kucing.

Di pasaran, PureVita Chicken & Peas Entrée dijual dengan harga mulai dari Rp280.000,00 untuk kemasan freshpack 3 Kg. Tersedia juga dalam kemasan repack per 1 Kg.

10. Purelux Chicken & Salmon for Long Hair Cats

Punya kucing ras berbulu panjang? Kamu bisa coba produk makanan kering dari Purelux yang satu ini. Purelux Chicken & Salmon diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing ras dengan bulu panjang. 100% bebas dari jagung, kedelai, gandum, bahan pewarna, gluten, dan pengawet. Aman diberikan kepada anak kucing dan kucing dewasa.

Dilengkapi dengan taurine untuk menjaga kesehatan hati. Ada juga omega 3 dan live probiotics yang membantu kesehatan kulit dan bulu kucingmu. Untuk harga, kemasan freshpack 1,5 Kg berada di kisaran harga Rp262.500,00.

11. Therafeed Urinary Health

Makanan kering grain free dari produsen makanan hewan Korea ini cocok untuk kucing di segala tahapan usia. Dibuat 100% dari bahan-bahan alami yang bebas biji-bijian. Kandungan nutrisinya diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan saluran kemih pada kucing. Jadi, kalau kucingmu membutuhkan makanan yang mendukung kesehatan saluran kemihnya, kamu bisa pilih produk ini. Di pasaran, harga Therafeed Urinary Health sekitar Rp195.000,00 untuk kemasan 2 Kg.

Keunggulan lain yang ada dalam produk Therafeed Urinary Health, yaitu:

  • Protein yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, yaitu 35%;
  • Karbohidratnya rendah sehingga tidak menyebabkan obesitas;
  • manajemen hairball yang baik;
  • Kaya akan taurine untuk menjaga kesehatan mata;
  • Ada ekstrak cranberry untuk kesehatan pencernaan dan penyerapan makanan di usus.

12. Bravery Salmon Adult Cat

Makanan kering bebas dari biji-bijian yang satu ini dikembangkan dengan bahan alami berkualitas tinggi. Proteinnya bersumber dari ikan salmon segar yang diambil dari perairan dalam di Spanyol. Ikan salmon mengandung banyak EPA dan DHA yang membantu metabolisme tubuh kucing. Kandungan vitamin A membantu pertumbuhan tulang. Ada pula vitamin D yang efektif membantu pertumbuhan jaringan sel tubuh. Bravery Salmon ini tidak mengandung babi (no pork). Tersedia di pasaran dalam kemasan 400 gr dengan harga sekitar Rp63.000,00.

13. Taste of the Wild – Rocky Mountain with Roasted Venison & Smoked Salmon

Varian dari Taste of the Wild yang satu ini bisa dikonsumsi oleh kucing di semua tahapan usia. Komposisi keseluruhan bahan pada varian Rocky Mountain Roasted Vanison & Smoked Salmon mudah diserap oleh tubuh kucing. Karena sudah berlabel grain free, kandungan bahannya diformulasikan bebas dari biji-bijian. Jadi, pasti aman untuk pencernaan kucing. Di website resminya, produk ini mendapatkan rating yang cukup bagus dari para konsumen, yaitu 4,8/5 dari 51 ulasan.

Keunggulan yang ditawarkan oleh produk Rocky Mountain with Roasted Venison & Smoked Salmon:

  • Kandungan protein tinggi
    Kadar protein pada produk Taste of the Wild mencapai 42%. Sumber proteinnya merupakan formulasi seimbang antara tepung ayam, daging rusa panggang, salmon asap, dan protein nabati.
  • Terdapat probiotik alami
    Produsen Taste of the Wild secara eksklusif mengembangkan probiotik alami K9 Strain dan Viables di setiap produknya. Probiotok alami ini menjadi bakteri bermanfaat yang akan menjaga kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh kucing.
  • Nutrisi yang cocok untuk kitten dan kucing dewasa
    Bahan-bahan pada varian Rocky Mountain diformulasikan khusus untuk kebutuhan nutrisi kucing di semua tahapan usia. Mulai dari anak kucing, dewasa, sampai dengan kucing senior.
  • Memiliki antioksidan
    Sebagai antioksidan alami, produsen Taste of the Wild menambahkan campuran buah-buahan dan sayuran. Ada kacang polong, ubi jalar, tomat, blueberry, dan raspberry. Secara keseluruhan, antioksidan ini sangat mendukung kesehatan dan kekebalan tubuh kucing.

Taste of the Wild with Roasted Venison & Smoked Salmon dijual mulai dari Rp260.000,00 untuk kemasan freshpack 5 Lbs.

14. Addiction Salmon Bleu Entree

Addiction Salmon Bleu Entrée merupakan salah satu rekomendasi makanan kucing grain free yang karbohidratnya bersumber dari kentang. Untuk proteinnya hanya menggunakan single source protein yang berasal dari daging salmon berkualitas tinggi. Daging salmon mengandung asam lemak yang kaya manfaat bagi kesehatan kucing. Tingginya omega-3 dalam daging salmon juga memberikan nutrisi bagi otak, kulit, dan bulu kucing.

Keunggulan lainnya adalah gluten free. Tidak ada pemanis buatan sehingga kucing aman dari obesitas dan penyakit gula. Addiction Salmon Blue Entrée kaya akan fitonutrisi yang berasal dari buah dan sayur. Fitronutrisi ini berperan aktif sebagai antioksidan serta serat alami. PH urine juga terkontrol sehingga kucing terhindar dari penyakit kencing batu.

Adanya glukosamin pada varian Salmon Bleu Entrée menambah keunggulan produk makanan ini. Fungsinya sebagai joint support yang mencegah peradangan pada sendi kucing. Terutama kucing dengan ukuran besar akan sangat membutuhkan makanan yang sudah mengandung joint support.

Masih ada juga berbagai kandungan vitamin dan mineral, taurine, probiotiok, dan ekstrak herbal. Semuanya memberikan manfaat baik untuk jantung, pertumbuhan sel, menjaga kesehatan pencernaan, hingga efek relaksasi bagi sistem syaraf.

Tertarik mencoba produk yang satu ini? Kisaran harga Addiction Salmon Bleu Entrée di pasaran adalah sekitar Rp340.000,00 untuk kemasan 1,8 Kg.

15. Merrick Purrfect Bistro – Real Salmon Recipe + Sweet Potato Recipe

Purrfect Bistro mengeluarkan makanan kucing grain free dengan varian real salmon + sweet potato. Kamu bisa mendapatkannya di pasaran dengan harga mulai Rp350.000,00 untuk kemasan 1,8 Kg.

Produk ini adalah makanan diet bebas biji-bijian bagi kucing dewasa (adult). Walaupun tidak menggunakan biji-bijian (grain free), kucing tetap mendapatkan asupan energi. Sumber karbohidratnya berasal dari produk segar seperti ubi jalar dan kacang polong yang mudah dicerna.

Protein pada Purrfect Bistro Real Salmon cukup tinggi, yaitu 38%. Sumber proteinnya 70% adalah protein hewani dari daging salmon asli, ayam, dan kalkun. Komposisi nutrisi pada Purrfect Bistro masih dilengkapi dengan vitamin, mineral, probiotik, dan antioksidan. Kandungannya juga kaya akan asam lemak omega untuk mendukung kesehatan kulit dan bulu. Ada juga serat tambahan yang berfungsi untuk mengontrol timbulnya hairball.

16. BlackHawk Duck & Fish

BlackHawk mengeluarkan 3 varian makanan kucing grain free. Salah satunya adalah Duck & Fish yang ditujukan untuk kucing dewasa (all breed and all size). Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp195.000,00 (kemasan 1,2 Kg).

BlackHawk Duck & Fish dibuat tanpa biji-bijian. Sumber karbohidrat alternatifnya diperoleh dari tapioka, ubi jalar, dan kentang. Protein yang terkandung pada varian ini mencapai 33%. Sumbernya diambil dari bebek dan ikan asli Australia yang dibudidayakan secara berkelanjutan. Bahan-bahan tersebut juga kaya akan vitamin, mineral, dan minyak untuk kesehatan bulu dan kulit. Kesehatan dan vitalitas kucing secara keseluruhan terjamin dengan nutrisi baik yang terdapat pada produk ini.

17. Blackwood Special Diet – Chicken Meal & Field Pea

Rekomendasi makanan kucing grain free terakhir adalah Blackwood. Makanan kering dari Blackwood ini sudah berlabel grain free. Artinya, kandungan nutrisinya bebas dari biji-bijian. Kucingmu terjamin aman dari reaksi alergi. Sumber protein pada varian ini menggunakan sumber dari daging ayam. Tanpa tambahan bahan pengawet maupun pewarna buatan. Kandungan nutrisi dari produk ini terdiri dari 40% protein, 18% fat, dan 4% fiber. Kucing di segala tahapan usia (all life stages) bisa diberikan Blackwood Special Diet ini. Harganya berkisar di Rp200.000,00 untuk kemasan 1,82 Kg.

Jangan salah pilih!

Dari sekian banyak merek dan varian, pilihlah rekomendasi makanan kucing grain free yang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan kucingmu. Misalnya seperti Kitchen Flavor Beauty yang menawarkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah bulu. Atau, Therafeed yang kandungan nutrisinya unggul dalam mengatasi masalah pada sistem perkemihan kucing. Pastikan untuk mengecek ulang manfaat dan komposisi nutrisi pada kemasan makanan grain free yang akan kamu beli, ya.

Jadi, apa rekomendasi makanan kucing grain free favorit kamu? Tulis pendapatmu di kolom komentar sekarang.

Baca lebih lanjut: Kenapa makanan kucing harus grain free? »