15 rekomendasi tempat makan kucing otomatis [2020]

Pernahkah kamu terlalu sibuk sampai terlambat memberi makan kucingmu? Atau, kamu sering bingung soal bagaimana kucingmu bisa tetap makan ketika kamu harus bepergian keluar kota? Nah, kalau kamu pernah mengalami keduanya, berarti kamu perlu punya tempat makan otomatis untuk kucingmu. Saya akan kasih bocoran 15 rekomendasi tempat makan kucing otomatis terbaik. Mulai dari yang sederhana seperti Chiro Dispenser sampai Bardi Smart Wifi yang sudah dibekali teknologi modern. Di akhir, saya juga akan bagikan cara memilih tempat makanan kucing otomatis yang sesuai untuk kucingmu. Yuk, simak sampai selesai.

1. Chiro Dispenser Otomatis

Rekomendasi pertama saya adalah Chiro Dispenser. Merek ini yang dulu pertama kali saya beli dan masih awet sampai sekarang. Awalnya, saya tertarik pada Chiro Dispenser karena harganya murah dan bentuknya sederhana. Tabungnya juga terbuat dari material plastik transparan yang lumayan tebal. Kemudian, setelah dijelaskan soal cara pemakaiannya oleh pemilik petshop, saya makin yakin untuk membelinya.

Cara pemakaiannya mudah dan anti ribet. Saya cukup melepas tabung penyimpanan makanan dari wadah piringan, lalu mengisinya dengan makanan kering. Setelahnya, tinggal dibalik perlahan untuk dipasang kembali ke wadah piringannya. Makanan kering akan otomatis turun sendiri kalau butiran makanan di piringan bawah sudah berkurang.

Chiro Dispenser tersedia dalam 3 ukuran, yaitu small, medium, dan large. Soal ukuran kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan seberapa banyak kucing yang ada di rumahmu. Kalau saya pakai yang ukuran small karena cuma punya 2 ekor kucing. Dari pengalaman saya, kalau dispenser ukuran small diisi penuh, persediaan makanannya bisa untuk 2 sampai 3 hari.

Karena tidak perlu sambungan listrik untuk mengoperasikannya, Chiro Dispenser bisa ditaruh di mana saja. Kamu bahkan bisa memilih tempat yang aman supaya tidak tersenggol ketika kucingmu sedang aktif bermain. Di mana tempat membeli produk Chiro Dispenser? Banyak kok di petshop dan marketplace online. Harganya bersahabat sekali, cuma sekitar Rp16.000,00 – Rp35.000,00 (tergantung ukuran).

2. M-Pets Nile Food Dispenser

Tempat makan kucing otomatis dari M-Pets ini hampir mirip dengan Chiro Dispenser. Namun, kualitasnya lebih premium. M-Pets Nile Food Dispenser memiliki desain yang minimalis. Material bahannya terbuat dari plastik yang kuat. Kualitasnya ini bisa langsung terasa saat kamu memegang produknya.

Untuk cara pemakaiannya juga mudah dan praktis. Tidak perlu diprogram secara khusus dan tidak perlu disambungkan ke listrik. Kamu cukup membuka tabungnya, lalu isikan makanan kering sesuai dengan kebutuhan kucingmu. Nah, untuk kapasitas tabungnya, M-Pets Nile ini punya dua ukuran, yaitu 1,5 liter dan 3 liter. Ini lumayan besar, lho. Cocok sekali kalau kamu sering bepergian keluar kota. Jadi, nanti tidak perlu khawatir lagi soal stok makanan kucingmu. Coba cari di petshop atau marketplace, biasanya M-Pets Nile Food Dispenser ini bisa kamu temukan dengan mudah. Untuk harga sekitar Rp293.000,00.

3. Savic Gourmet Store Food Dispenser

Masih model tempat makan kucing otomatis yang tanpa program khusus. Kali ini saya rekomendasikan tempat makan otomatis dari Savic Gourmet. Bahannya terbuat dari material plastik yang tebal dan kuat. Untuk desain, Savic Gourmet agak beda di penampilan tabungnya, nih. Desainnya lebih berlekuk dan piringannya lebih menarik. Pilihan warna juga banyak. Ada alternatif warna biru, merah, ungu, dan abu-abu.

Sama seperti dua produk sebelumnya, cara pemakaian Savic Gourmet lumayan mudah dan praktis. Tinggal buka tabungnya, isi dengan makanan kering, dan makanan akan otomatis terisi ke wadah piringan. Kamu bisa membeli Savic Gourmet Food Dispenser di petshop dan marketplace online. Harganya sekitar Rp100.000,00 (1,5 liter) dan Rp200.000,00 (3 liter).

4. Moderna Smart Snacker and Sipper

Moderna Smart Snacker dibuat dari bahan plastik yang tebal dan kokoh. Kamu bisa menyimpan makanan kering di tabung berukuran 1,5 liter atau 3 liter. Makanan akan otomatis turun sendiri ke bagian bawah saat piringannya mulai kosong.

Untuk cara pengisian, Moderna Smart ini relatif lebih mudah. Di bagian atas tabung sudah disediakan penutup khusus. Jadi, tidak perlu repot melepas tabung dari piringannya. Eitsss, tapi jangan khawatir. Produk ini tetap mudah dibongkar pasang, kok. Kamu tetap bisa membersihkannya kapan saja.

Moderna Smart Snacker and Sipper bisa kamu beli di petshop dan marketplace online. Harganya mulai dari Rp95.000,00 – Rp170.000,00.

5. Hagen & Logan Food Dispenser

Nama mereknya keren, ya? Sesuai dengan kualitasnya juga. Walaupun dibuat dari material plastik, tabung pada Hagen & Logan Food Dispenser tidak mudah bau. Saya juga suka dengan desain tabungnya. Unik karena didesain mirip galon air mineral.

Tabung pada Hagen & Logan Food Dispenser berdiameter 16 cm. Kapasitasnya sekitar 3,5 liter. Ini bisa menyimpan banyak sekali persediaan makanan kering. Untuk wadah piringannya berdimensi 17 x 15 x 5 cm. Ukuran ini cukup lega untuk dipakai makan tanpa khawatir ada kibble yang tercecer.

Produk ini juga tersedia di petshop dan marketplace online. Dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp87.000,00 – Rp150.000,00.

6. Huiyi Home Automatic Pet Food Dispenser

Kalau kamu mau tempat makan yang multifungsi, Huiyi Home Automatic Food Dispenser bisa jadi pilihan. Tidak cuma tempat makan, ada juga wadah minuman yang disediakan. Jadi, dengan satu produk kamu sudah bisa sekaligus memberi makan dan minum untuk kucingmu.

Tidak ada program khusus untuk pemakaiannya. Makanan dan minuman akan keluar dengan sendirinya kalau wadah dibawahnya sudah mulai kosong. Lebih praktis dan tidak perlu mengisi berulangkali. Tabung makanan dan tabung air dibuat transparan sehingga mudah dilihat saat persediaan akan habis.

Tempat makanan kucing yang satu ini dibuat dari material plastik yang kuat. Dimensi produk sekitar 35 x 34 x 27 cm. Tersedia di marketplace online dengan harga mulai dari Rp115.000,00.

7. PetSafe Eatwell 5 Meal Automatic Pet Feeder

Berbeda dengan beberapa merek sebelumnya, PetSafe mengeluarkan produk tempat makanan kucing otomatis dengan model putar. Ini bisa dipakai untuk menyimpan makanan kering dan makanan basah.

Tampilannya sederhana dan mudah dioperasionalkan. Tempat makan ini memiliki 5 tray yang akan terbuka sesuai dengan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Cara kerja produk PetSafe Eatwell sangat membantu untuk kamu yang tinggal di kota besar dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Pulang kerja terlambat karena terjebak macet? Tidak perlu khawatir! Persediaan makan kucingmu akan tetap aman.

Kamu bisa lihat beberapa keunggulan yang ditawarkan PetSafe Eatwell:

  • Ada pengaturan waktu makan khusus
    Kamu bisa menjadwalkan waktu makan sesuai kebutuhan atau kebiasaan kucingmu hingga 5 kali dalam sehari.
  • Kapasitas tray lebih banyak
    Ada 5 tray di tempat makan otomatis ini. Masing-masing tray bisa menampung hingga 1 cangkir takar makanan kering atau makanan basah. Kamu bisa juga, lho, menyelipkan snack di salah satu tray.
  • Ada opsi “beri makan sekarang”
    Kamu sudah terlanjut mengatur jadwal makan untuk satu hari penuh. Namun, kamu ingin memberi sedikit makan atau camilan untuk kucingmu? Tinggal pencet tombol “beri makan sekarang”. Opsi ini tidak akan mengganggu jadwal makan selanjutnya yang sudah terprogram.
  • Tersedia opsi “tunda pemberian makan”
    Kamu sedang di rumah dan punya waktu luang? Atau, kamu mau membawa kucingmu jalan-jalan? Nah, kamu bisa menggunakan opsi “tunda pemberian makan” supaya wadah tidak terbuka percuma. Opsi ini juga tidak akan mengganggu jadwal makan yang sudah terprogram sebelumnya.
  • Tray yang mudah dibuka dan dibersihkan
    Kelima tray yang ada di PetSafe Eatwell ini masing-masing bisa dibuka dengan mudah. Jadi, kamu bisa membersihkan tray tersebut kapan saja.

Tertarik mencoba tempat makan kucing otomatis dari PetSafe Eatwell? Karena ini produk impor, kamu bisa membelinya melalui amazon atau langsung di website resmi PetSafe. Harganya sekitar Rp650.000,00. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti nilai tukar rupiah, ya.

8. PETKIT Fresh Element Mini Smart Pet Feeder

Varian tempat makan otomatis dari PETKIT yang satu ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan dan menjadwalkan waktu makan kucingmu. Cukup berbekal wifi dan aplikasi PETKIT di ponsel saja. Asyik, kan?

Tabung penyimpanannya bisa menampung hingga 2,8 liter makanan kering. Tutup tabung penyimpanan dilengkapi dengan cincin segel bersilikon. Fitur ini fungsinya untuk menjaga agar makanan tetap kering dan segar. Selain itu, wadah mangkok makanan keringnya berbahan stainless yang aman untuk kucing.

Kalau penasaran dengan tempat makan otomatis dari PETKIT, kamu bisa membelinya di official store kooki.co. Mereka punya store resmi juga di Tokopedia dan Shopee. Kooki.co ini adalah distributor resmi untuk produk PETKIT. PETKIT Fresh Element dijual seharga Rp2.280.000,00.

9. Xiaomi Furrytail Smart Pet Feeder

Walaupun konsepnya minimalis, tetapi tempat makanan kucing otomatis dari Xiaomi ini sudah menggunakan teknologi modern. Ada program khusus yang bisa kamu atur untuk mengaktifkan pengingat stok makanan. Kapasitas kotak penyimpanan makanan keringnya hingga 4 liter. Kapasitas 4 liter ini cukup besar. Kalau diisi penuh, kamu tidak perlu bolak balik mengisi makanan untuk kucingmu. Bahkan, saat bepergian keluar kota pun, kamu tidak perlu khawatir kucingmu akan kelaparan.

Kalau diisi makanan terlalu banyak, nanti lama kelamaan aroma makanan keringnya jadi berubah dan tidak segar, dong? Tenang! Kotak penyimpanannya dilengkapi dengan penutup bersilikon. Fungsinya untuk menutup aliran udara masuk ke bagian dalam kotak. Makanan akan tetap kering, segar, dan aromanya tidak berubah.

Xiaomi Furrytail Smart Pet Feeder ini bisa dibeli secara online. Kisaran harganya mulai dari Rp900.000,00 – Rp1.200.000,00.

10. Iseebiz Automatic Cat Feeder

Satu lagi tempat makan kucing otomatis dengan desain yang menarik. Iseebiz memiliki desain yang unik menyerupai robot. Dibuat dari bahan plastik yang BPA-free sehingga aman untuk menyimpan makanan kucing. Kapasitas penyimpanan tabungnya sebanyak 3 liter. Kamu bisa memberikan sampai dengan 4 kali jatah makan dalam sehari untuk kucingmu.

Beberapa fitur pada Iseebiz Automatic Pet Feeder:

  • menggunakan layar LCD;
  • anti selip karena ada karet pada bagian alasnya;
  • bisa dioperasikan bertahap. Teknologi inframerahnya mencegah makanan tumpah akibat keluar berlebihan;
  • kamu bisa merekam suara sampai 10 detik untuk memanggil kucingmu saat jam makan. Fitur ini akan membuat si kucing tetap merasa dekat denganmu;
  • suplai daya menggunakan adaptor dan baterai;
  • menggunakan wifi untuk mengatur waktu dan jumlah makanan melalui ponselmu;
  • dilengkapi kamera 1,3 MP dengan wide angle lens 110 derajat. Kamu bisa tahu kondisi kucingmu kapan saja.

Produk ini dijual di Amazon seharga Rp1.500.000,00. Kamu juga bisa memesannya di beberapa toko yang ada di Tokopedia dengan sistem pre order.

11. Cat Mate C20 Automatic Pet Feeder

Tempat makanan kucing otomatis dari Cat Mate ini bisa digunakan untuk makanan kering dan makanan basah. Desainnya simple, mudah diprogram, dan mudah dioperasionalkan.

Dilengkapi dengan dua tray. Produk ini cocok untuk kamu yang hanya memelihara satu kucing dewasa, atau 2 ekor kitten. Sebabnya, kapasitas penyimpanan makanannya hanya bisa digunakan untuk dua kali makan dalam satu hari.

Masing-masing tray bisa diisi dengan makanan maksimal 450 gram. Ada analog mechanical timer yang dipasang pada tutup tray. Pengaturannya bisa dibuat hingga 48 jam. Tutup tray akan terbuka sesuai dengan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Untuk menjaga kesegaran makanan, di bawah masing-masing tray tersedia kantong es yang bisa diletakkan secara manual. Cat Mate C20 bisa kamu beli di Amazon dengan harga sekitar Rp800.000,00.

12. Pawise Food & Water Dispenser

Produsen dan pengekspor barang perlengkapan hewan, Pawise, mengeluarkan tempat makanan otomatis di jajaran produknya. Pawise Food & Water Dispenser merupakan kombinasi tempat makanan dan minuman. Dengan produk ini, kamu tidak perlu khawatir soal ketersediaan makanan dan minuman untuk kucing kesayanganmu. Kamu bisa sekaligus menyediakan keduanya. Namun, dari pengalaman saya, kamu perlu melatih kucingmu agar terbiasa dengan model tempat makan multifungsi seperti ini.

Kamu bisa menyimpan dan mengatur seberapa banyak makanan kering di dalam tabung. Kapasitasnya maksimal 5 liter. Makanan akan otomatis turun mengisi wadah piringan ketika sudah mulai kosong. Makanan kering akan tetap segar dan terjaga aromanya.

Di sebelah tempat makanan, ada tempat minuman. Botolnya tidak termasuk dalam paket produk, ya. Kamu bisa menggunakan botol-botol yang ukurannya sesuai. Misalnya seperti botol air mineral ukuran 300 ml.

Pawise Food & Water Dispenser sudah berkonsep dishwaser safe base. Artinya, produk ini sudah dilengkapi fitur perlindungan antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab noda dan bau. Dari pengamatan saya, tidak semua petshop menjual produk ini. Kamu bisa lebih mudah mendapatkannya di marketplace online. Kisaran harganya Rp215.000,00.

13. Azimut Dispenser

Azimut dispenser merupakan tempat makanan kucing otomatis berbahan plastik tebal. Produk ini cocok digunakan untuk menyimpan makanan kering. Makanan yang disimpan pada bagian tabungnya akan mengalir sendiri ke piringan di bagian bawah. Kucing kamu tetap bisa makan sepuasnya walaupun ditinggal seharian. Azimut dispenser tersedia dalam kapasitas 600 ml, 1500 ml, dan 3000 ml.

Pada bagian alas, di pinggirnya terdapat anti selip sehingga tidak mudah bergeser saat kucingmu sedang makan. Ada pegangan ergonomis di bagian belakang sehingga mudah saat akan dipindahkan.

Kamu bisa mendapatkan Azimut Dispenser ini di ACE Hardware Offline Store atau membelinya secara online di marketplace (Tokopedia, Shopee). Kisaran harganya mulai dari Rp94.000,00 – Rp179.000,00 (tergantung besarnya kapasitas).

14. Trixie TX2 Automatic Food Dispenser

TX2 merupakan tempat makan kucing otomatis yang dibuat oleh Trixie Jerman. Dengan tempat makan otomatis ini, kamu bisa menyiapkan hingga 2 kali jadwal makan. Ada 2 tray yang masing-masing bisa menyimpan sekitar 1 ½ cangkir takar makanan kucing. Tiap tray bisa disetel untuk 48 jam. Fitur unggulan dari produk ini antara lain:

  • ada timer untuk memastikan tutup tray terbuka otomatis pada waktu yang ditentukan;
  • bisa digunakan untuk 2 kali makan, masing-masing sebanyak 300 ml. Tiap tray bisa diprogram bersamaan atau terpisah;
  • bisa digunakan untuk makanan kering dan makanan basah;
  • terdapat 2 kantong es untuk menjaga makanan tetap segar. Kantong es ini diletakkan secara manual di bawah masing-masing tray. Jika tempat makan sedang tidak digunakan, kantong es dapat disimpan dulu di dalam lemari pendingin;
  • mudah dibersihkan;
  • anti selip karena ada bahan karet pada bagian alasnya.

Kamu bisa mendapatkan produk impor ini melalui amazon. Kisaran harganya Rp450.000,00 (belum termasuk biaya pengiriman). Harga juga bisa berubah tergantung nilai rupiah. Cek ulang, ya.

15. Bardi Smart WIFI Pet Feeder

Tempat makanan kucing otomatis dari Bardi ini memiliki fasilitas remote feeding dan timing feeding. Fasilitas remote feeding menggunakan aplikasi khusus. Kamu bisa memberi makan kucing kesayanganmu dari mana saja dan kapan saja. Untuk fasilitas timing feeding, kamu bisa mengatur waktu pemberian makan sebanyak 1 – 6 kali dalam sehari sesuai dengan pengaturan di aplikasi.

Fitur unggulan lain yang ada pada Bardi Smart WIFI:

  • Camera, sound, dan APP control
    Kamu bisa memanggil kucingmu untuk makan melalui speaker. Kamu juga bisa memantau kucingmu secara visual melalui kamera build in yang ada pada pet feeder. Cukup install aplikasinya di ponselmu.
  • Daya melalui baterai dan USB Powered
    Untuk menjalankan fitur pada Bardi Pet Feeder, kamu perlu menyambungkan ke listrik melalui USB Powered. Kalau tidak tersedia listrik, kamu bisa menggantinya dengan baterai.

Tertarik mencoba tempat makanan kucing otomatis berteknologi modern ini? Kamu bisa membelinya secara online di marketplace. Harga jual Bardi Smart Wifi ini sekitar Rp1.650.000,00.

Tips memilih tempat makanan kucing otomatis

Sekarang ini ada beragam model dan tipe tempat makanan kucing otomatis yang dijual di pasaran. Termasuk 15 tempat makanan otomatis yang sudah saya rekomendasikan tadi. Sebelum memutuskan mau membeli yang mana, kamu harus paham dulu cara memilih yang sesuai dengan kebutuhan kucingmu.

1. Kenali fitur-fitur yang ditawarkan

Sebagian besar tempat makanan kucing otomatis pasti memiliki fitur andalan. Mulai dari fitur timer, pengaturan porsi makanan yang keluar, voice, kamera, dan lain-lain. Nah, pastikan kamu mengecek semuanya ini. Jangan sampai kamu membeli tempat makan dengan fitur yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh kucingmu. Misalnya nih, kebutuhan makan kucingmu dalam sehari sekitar 3-4 kali. Tentu tidak pas kalau kamu memilih tempat makan otomatis model putar.

Contoh lain, kalau kucingmu tidak terbiasa dengan jadwal makan yang ketat, jangan beli tempat makan dengan fitur timer. Bisa jadi saat makanan keluar atau tutup tray terbuka, kucingmu malah sedang tidak mau makan. Tempat makan otomatis dengan fitur wifi mungkin malah jadi opsi yang lebih baik. Kamu bisa mengatur atau mengubah jam makan kucingmu kapan saja dan dari mana saja. Intinya, dengan mengenali fitur-fitur yang ada, kamu bisa lebih jeli memilih tempat makan otomatis yang paling sesuai kebutuhan.

2. Pilih produk yang tabung dan wadah piringannya mudah dilepas sehingga perawatannya mudah

Ini penting supaya kamu bisa sesering mungkin membersihkan tempat makan kucingmu. Jangan sampai karena ribet urusan bongkar pasang, kamu jadi malas membersihkannya. Nanti wadahnya bisa cepat berbau dan berjamur.

3. Perhatikan ukuran wadah piringan dan tabung penyimpanan makanan.

Saya pernah membeli tempat makan otomatis dengan kapasitas tabung yang besar. Saat akan keluar kota, tabungnya saya isi penuh. Padahal, kucing saya cuma ada 2 ekor. Akibatnya, saat pulang, makanan yang tersisa di tabung masih sangat banyak. Karena sudah lama, aromanya tidak lagi segar dan kucing saya tidak mau memakannya. Jadi, jangan asal beli. Cek dulu kapasitas tabungnya. Kalau kucingmu banyak, beli tempat makan otomatis yang kapasitas tabungnya besar. Perhatikan juga ukuran wadah piringannya. Sesuaikan dengan ukuran tubuh atau usia kucingmu.

4. Cek kualitas bahannya

Ada beberapa tempat makan kucing yang dibuat dari bahan berkualitas rendah sehingga lebih mudah pecah. Ingat, ada masanya kucingmu akan asyik bermain. Salah-salah, mereka bisa saja menyenggol tempat makan tanpa sengaja. Bayangkan apa yang terjadi kalau tempat makan yang kamu beli bahannya tidak bagus?

Kesimpulan

Kira-kira dari 15 rekomendasi tempat makan kucing otomatis tadi, mana yang paling membuat kamu tertarik? Apakah yang modelnya simpel seperti Chiro Dispenser dan Azimut? Atau, kamu lebih tertarik dengan yang canggih seperti produk dari Xiaomi dan PETKIT? Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Yang penting, jangan sampai salah pilih. Sebab, kalau sampai salah pilih nanti akan berefek buruk untuk kesehatan dan pola makan kucingmu. So, pastikan lebih jeli sebelum membeli, ya.

Akhir kata, yang mana tempat makan kucing otomatis yang kamu beli pertama kali? Tuliskan pengalamanmu memakai produk tersebut di kolom komentar sekarang.

Baca lebih lanjut: Jual kandang kucing alumunium bagus dengan desain modern, mewah dan anti-karat »