7 alasan kenapa kucing tidak mau minum

Kucing harus minum setiap hari agar tetap terhidrasi dan sistem metabolismenya berjalan dengan baik. Kucing yang rajin minum akan terhindar dari penyakit ginjal dan selalu sehat. Namun, ada kalanya kucing tidak mau minum terlalu banyak, bahkan ada kucing yang tidak minum sama sekali. Hal ini kerap membuat pemilik kucing khawatir. Ada beberapa hal yang menyebabkan kucing tidak mau minum. Misalnya: kucing mengalami masalah kesehatan, air minum kucing kotor hingga posisi wadah air minum terlalu tinggi. Pada artikel ini, saya akan membahas penyebab kucing tidak mau minum secara detail dan komprehensif. Let’s dive in!

1. Kucing tidak mau minum karena kebutuhan air mencukupi

Pada dasarnya, semua makhluk hidup termasuk kucing, ketika merasa haus akan langsung minum. Namun, kebutuhan air antara kucing dengan hewan lainnya itu berbeda. Kucing memerlukan lebih sedikit air dibandingkan hewan yang lainnya, apalagi ketika kucing kamu diberi makanan basah.

Pada makanan basah, kucing sudah mendapatkan makanan dan cairan untuk memenuhi nutrisi tubuh. Karena hal tersebut, kucing akan minum lebih sedikit cairan dibandingkan biasanya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya.

2. Kucing tidak mau minum karena sakit

Kucing memang minum lebih sedikit daripada kucing lain. Tapi, kalau kucing kamu tiba-tiba tidak mau minum dan ini berlangsung selama beberapa hari, maka kamu perlu khawatir. Ini bisa disebabkan karena kucing kamu merasa capek, tidak nafsu makan dan sakit.

Bisa jadi kucing kamu mengalami demam, namun bisa jadi pula kucing kamu mengalami penyakit yang serius. Diantaranya adalah terjangkit penyakit ginjal, diabetes, atau heat stroke karena dehidrasi. Jika kucing kamu sudah tua, bisa disebabkan karena masalah pada kesehatan tiroid.

Untuk mengecek apakah kucing kamu sakit atau tidak, amati perilakunya dan cek kulit di bagian punggung atau leher. Coba kamu cubit sedikit bagian lehernya kemudian amati. Apakah di bagian yang kamu cubit tersebut kulitnya kembali seperti semula atau tidak.

Jika kembali seperti semula, artinya kucing kamu sedang dalam kondisi sehat. Jika kulit tetap mengkerut atau kembali seperti semula dalam waktu lama, maka tandanya kucing kamu sedang sakit. Untuk mengatasinya, kamu perlu cairan yang lebih banyak.

Apabila masih tidak sehat dan menunjukkan gejala lain seperti detak jantung meningkat, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter. Bisa jadi, kucing kamu mengalami masalah serius seperti diabetes.

3. Kucing tidak mau minum karena airnya kotor

Kucing memiliki lidah yang sangat sensitif terutama dengan rasa pahit. Akibatnya, kucing kamu tidak akan mau makan atau minum sesuatu yang dirasa pahit. Air yang pahit tersebut bisa disebabkan karena airnya yang kotor atau wadah yang kurang bersih saat dicuci.

Di sisi lain, kucing memang memiliki sifat yang pemilih atau picky. Akibatnya kucing menjadi sangat pemilih sekalipun kamu menyediakan air minum dalam wadah bersih. Lho kenapa?

Ini disebabkan karena kucing memiliki preference atau kesukaannya sendiri. Ada kucing yang suka meminum air pada wadah. Namun, ada juga kucing yang lebih suka minum air mengalir secara langsung misalnya dari keran.

Ada kucing yang menganggap jika air yang bersih itu adalah air yang tidak memiliki rasa pahit. Jadi, tidak ada masalah ketika kamu menyajikan air minum bersih di wadah yang bersih.

Sedangkan, ada kucing yang beranggapan bahwa air yang bersih adalah air keran atau air yang mengalir. Jadi, walaupun kamu menyajikan air minum yang bersih dalam wadah yang bersih sekalipun, kucing akan menganggap itu kotor. Alhasil, kucing kamu jadi enggan nih minum air dalam wadah. Jadi, selalu perhatikan kesukaan kucing kamu ya. Dan sediakan air minum yang berkualitas.

4. Kucing tidak mau minum karena posisi wadah terlalu rendah

Biasanya, saya meletakkan wadah air minum di lantai. Kebiasaan ini umumnya tidak mempengaruhi kucing saat minum. Namun, ada lho kucing yang tidak mau minum kalau wadahnya diletakkan di lantai.

Kucing yang mengalami masalah persendian, misal terserang penyakit arthritis selalu kesulitan minum. Karena kucing akan merasa sakit saat membungkuk atau tengkurap ketika meminum air. Jadi, kucing tidak akan mau minum air jika kamu meletakkan tempat minum di posisi yang terlalu rendah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menempatkan wadah air di posisi yang lebih tinggi. Dengan begitu, kucing kesayangan kamu akan lebih mudah untuk minum dan tidak mengalami kesakitan karena terlalu menunduk.

Catatan: Kucing yang terserang arthritis akan merasa kesakitan ketika menundukkan leher atau merendahkan badannya untuk minum. Akibatnya, kucing enggan untuk minum dan mengalami dehidrasi.

5. Kucing tidak mau minum karena mangkuk terlalu cekung dan air terlalu sedikit

Wadah yang terlalu tinggi juga berpengaruh lho pada banyak sedikitnya air yang diminum kucing. Saya pernah mengalami ini waktu pertama kali memelihara kucing. Karena wadah yang biasanya digunakan rusak, alhasil saya memilih mangkuk seadanya. Saya kira asalkan bisa menampung air, maka apapun mangkuknya tidak masalah untuk digunakan.

Akan tetapi, ternyata saya salah. Mangkuk yang saya gunakan ternyata menyusahkan kucing untuk minum. Ini karena mangkuk yang saya pakai terlalu tinggi dan air yang saya berikan terlalu sedikit.

Akibatnya, kucing saya kesusahan untuk menjangkau air walaupun kepalanya sudah ditempelkan di mangkuk. Dari hal inilah, saya kemudian menggunakan wadah dengan bibir mangkuk yang lebar dengan cekungan yang lebih landai. Tujuannya supaya memudahkan kucing saat minum.

6. Kucing kalah bersaing saat berebut tempat minum

Apabila kamu memiliki banyak kucing di rumah, sebaiknya kamu menyediakan banyak tempat minum kucing. Karena secara naluri kucing akan menandai wadah minum kesukaannya. Apabila ada kucing lain yang mengambil minumannya, kucing dapat ngambek atau pun berkelahi. Dan akhirnya, kucing tidak mau minum dari tempat minum tersebut.

Alasannya sederhana, karena tempat minum favoritnya sudah memiliki bau kucing lain. Aneh ya? Memang, aneh tapi ada lho kucing yang seperti itu. Itu sifat alami dari hewan teritorial. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyediakan beberapa wadah minum. Jika kamu memiliki uang lebih, belikan wadah air minum lebih banyak dari pada jumlah kucing. Misal kamu memelihara 5 ekor kucing, jadi kamu beli 6 wadah air minum. Dengan begitu ada satu wadah ekstra untuk kucing-kucing yang ngambek. Dan pastikan kamu meletakkan tempat minum di posisi yang strategis.

7. Kucing sedang kesepian, stress dan bosan

Apabila kamu memelihara satu kucing di apartement, kucing bisa kesepian dan bosan. Karena apabila kamu sering pulang malam, kucing hanya sendirian di dalam ruang bermainnya. Kucing yang terserang rasa bosan dan kesepian akan stress berat. Akhirnya, kucing tidak mau makan dan tidak mau minum.

Selain stress akibat bosan, kucing juga dapat stress karena birahi berat. Kucing birahi yang tidak kunjung mendapatkan pasangan akan menjadi sangat stress dan agresif. Kucing tidak mau minum. Si kucing hanya ingin melarikan diri dari rumah untuk mencari lawan jenisnya.

Ada tiga solusi:

  • Pertama, segera carikan pasangan kucing yang cocok dengan kucing kesayanganmu.
  • Kedua, apabila kamu belum menemukan kucing yang cocok, coba solusi cara mengatasi kucing birahi tanpa dikawinkan ini.
  • Ketiga, periksakan kucing ke dokter hewan dan minta nasihat tentang steril kucing. Kucing yang sudah di steril tidak akan lagi stress karena birahi.

Catatan: Sebagai pemilik kucing, sebaiknya kamu selalu memperhatikan perubahan dari perilaku kucing milikmu. Karena perubahan perilaku biasanya menunjukkan ada kejanggalan pada si kucing.

Trik agar kucing mau minum

Jika kamu membiarkan kucing tidak minum atau meminum air kotor, kesehatan kucing bisa terancam lho. Akibatnya, kucing kamu kehausan dan dehidrasi.

Parahnya lagi, jika dehidrasi kucing Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi kucing akan menjadi semakin parah. Karena hal tersebut, agar kucing tetap terhidrasi, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Menyediakan makanan dalam porsi yang sedikit. Sama halnya seperti manusia, jika kucing terlalu kenyang akan mengakibatkan kucing enggan minum. Karena hal tersebut, sediakan makanan dalam porsi sedikit agar kucing bisa minum dalam jumlah yang cukup.
  • Membersihkan wadah dengan baik sehingga tidak ada bau dan rasa sabun pada minuman kucing.
  • Mengisi air secara rutin setiap hari dan anti air yang sudah kotor.
  • Gunakan air mancur khusus untuk kucing jika kucing kamu suka minum air yang mengalir.

Jadi, mengapa kucing tidak mau minum?

Kucing tidak mau minum bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, diantaranya:

  • Sudah mendapatkan asupan cairan yang cukup.
  • Sakit pada sendi.
  • Air atau wadahnya yang kotor.
  • Posisi wadah air yang terlalu rendah.
  • Bentuk atau ukuran wadah air terlalu tinggi.

Agar kucing tetap terhidrasi dan terhindar dari masalah kesehatan yang serius, kamu bisa lho melakukan cara berikut:

  • Mengisi air secara rutin dan mengganti air minum kucing saat air kotor.
  • Posisikan wadah di tempat yang tepat.
  • Membersihkan wadah kucing.
  • Menggunakan air mancur untuk kucing yang suka minum air yang mengalir.

Baca lebih lanjut: Apakah kucing boleh minum susu kental manis? »