Home » Info Kucing » Tips Memilih Tiang Garukan Kucing Terbaik

Tips Memilih Tiang Garukan Kucing Terbaik

Tips-Memilih-Tiang-Garukan-Kucing-Terbaik-besar

Memilih tiang garukan kucing terbaik untuk kucing Anda dapat menjadi pekerjaan yang merepotkan, bikin frustasi dan menghabiskan banyak uang. Anda dapat membeli 2-4 tiang gatukan kucing yang menurut Anda lucu dan menarik, tapi kucing Anda mengabaikannya dan tidak mau menggunakannya.

Kesalahan mendasar yang sering dilakukan pemilik kucing adalah membeli garukan kucing berdasarkan fashion dan kesukaan mereka, manusia. Mereka tidak mengedepankan kebutuhan dan selera kucing. Berikut adalah karakteristik utama yang dicari kucing Anda dalam memilih tiang garukan yang bagus: pertama, kucing perlu tiang garukan yang tinggi seperti pohon. Kedua, tiang garukan kucing harus tinggi, stabil dan kokoh. Ketiga, terbuat dari bahan yang bagus untuk menggaruk dan mencabik-cabik. Keempat, tiang garukan memiliki permukaan vertikal dan horizontal. Kelima, tiang garukan harus lebih dari satu dan seriap tiang garukan terbuat dari bahan yang berbeda dan memiliki variasi tipe permukaan garukan.

Jika Anda tidak memenuhi selera dan kebutuhan kucing Anda, dia akan kembali menggaruk sofa dan perabotan rumah Anda. Whoops, a nightmare. Jadi, mulai sekarang rubahlah sudut pandang Anda dan mulailah mencari sedikit pengetahuan tentang apa yang disukai oleh kucing Anda.

Kucing Ingin Memiliki Tiang Garukan Yang Tinggi

Amati perilaku menggaruk kucing Anda dengan teliti. Kucing biasanya menggaruk untuk menajamkan kukunya dan meregangkan tubuhnya. Biasanya kucing mencari perabotan rumah yang dapat di cakar dengan posisi memanjat. Kucing sering melakukan kebiasaan ini untuk meregangkan otot-otot kaki, bahu dan punggung.

Oh, begitu ya. Berarti kucing butuh tiang garukan kucing yang tinggi ya?

Benar, kucing lebih menyukai tiang garukan yang tinggi. Anda dapat mengasumsikan tiang garukan itu seperti batang pohon yang tinggi dan kokoh. Tiang garukan kucing yang tinggi memungkinkan kucing Anda untuk memanjangkan tubuhnya setinggi mungkin saat menggaruk.

Posisi tersebut mampu membantu kucing meregangkan semua otot-otot tubuhnya yang kaku, seperti otot kaki, engsel, bahu dan punggung kucing. Aktivitas kucing dalam melenturkan otot-otot ini sangat penting bagi kesehatan kucing. Anda bisa menganggapnya olahraga yoga bagi kucing.

Jadi, jika tiang garukan yang sudah Anda beli tidak disukai kucing Anda, salah satu kemungkinannya adalah tiang tersebut kurang tinggi bagi kucing Anda saat ini. Alhasil, kucing Anda harus merunduk atau bahkan jongkok untuk dapat menggaruk tiang tersebut. Posisi tersebut tidak nyaman bagi tubuh kucing, sehingga dia meninggalkan tiang garukan yang sudah Anda beli.

Catatan: Seringkali, kucing akan berjongkok untuk menggaruk dan tidak sepenuhnya memperpanjang tubuhnya. Ini hanyalah posisi lain yang melatih kelompok otot yang berbeda. Yang penting untuk diingat adalah kucing Anda harus bisa menggaruk di posisi yang diinginkan.

Tips #1. Pilihlah tiang garukan kucing yang memiliki tinggi setidaknya 80 cm – 100 cm. Tiang garukan kucing yang tinggi adalah awal yang baik untuk membuat kucing Anda bahagia.

Kucing Membutuhkan Tiang Garukan Kucing Yang Kokoh

Perhatikan perilaku kucing Anda saat menggaruk. Dia akan mencakar, mencabik, meregangkan badan dan mendorong badannya persis seperti orang yoga. Sehingga, kucing membutuhkan tiang garukan yang kokoh, kuat dan tidak mudah goyah saat dipakai.

Mengapa kekokohan tiang garukan kucing sangat penting? Ini alasannya:

Alasan pertama, Jika tiang garukan bergoyang, kucing Anda akan beranggapan tiang ini tidak layak digunakan dan kucing Anda akan meninggalkannya. Inilah alasan kucing Anda sering menggaruk pohon, sofa atau almari. Benda-benda tersebut memiliki tekstur yang disukai kucing dan memiliki pijakan yang kokoh sehingga stabil saat digaruk. Di alam liat kucing sangat suka menggaruk di pohon, karena batang pohon kokoh, stabil dan kuat.

Alasan kedua, Jika tiang garukan mudah goyak, ini menandakan tiang tersebut tidak aman. Naluri kucing Anda akan langsung menyadari hal tersebut sebagai tanda bahaya. Bisa jadi tiang garukan kucing menimpa kucing saat dia sedang asik menggaruk, atau roboh saat kucing sedang asik mereganggkan tubuhnya. Alaram bahaya ini akan memberi tahu kucing untuk tidak menggunakan tiang garukan yang mudah goyah di masa mendatang.

Alasan ketiga, semakin tinggi tiang garukan, seharusnya dia semakin kokoh. Bayangkan kucing menggunakan tiang garukan setinggi 1 meter yang tidak kokoh dan mudah roboh. Kucing dapat terluka dan terbunuh jika tertimpa tiang garukan tersebut. Lebih baik, Anda mencari tiang garukan yang memiliki alas yang ekstra besar sehingga dapat menyangga tiang garukan dengan kokoh dan stabil.

Tips #2. Pilihlah tiang garukan kucing yang memiliki alas yang besar dan tebal sehingga mampu menyangga batang garukan dengan kuat, kokoh dan stabil. Selain alas penyangga, Anda juga harus memastikan tiang garukan kucing juga kokoh dan stabil.

Apa bahan terbaik sebagai tiang garukan kucing?

Saat Anda browsing ke toko online yang menjual peralatan perawatan kucing, Anda akan menemukan tiang garukan kucing dengan berbagai material yang berbeda. Semua mengklaim material yang digunakan adalah material terbaik.

Saya kadang pusing sendiri, karena terlalu banyak pilihan.

Banyak tiang garukan kucing yang dirancang untuk menarik perhatian manusia, misal untuk fashion ruang tamu, atau dibuat warna-warni. Sayangnya, semua variasi kecantikan itu tidak membuat kucing tertarik.

Bahan material seperti apa yang disukai kucing?

1.. Kucing lebih suka tiang garukan yang memiliki bahan kokoh dan dapat terkoyak oleh cakarnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di alam bebas, kucing suka menandai wilayah kekuasaan mereka dengan tanda cakaran atau cabikan di batang pohon. Secara alamiah kucing menyukai aktivitas mencakar, mencabik, merobek. Menurut mereka hal tersebut menyenangkan.

Pertimbangkan bahan pelapis tiang garukan yang mudah meninggalkan bekas saat dicabik-cabik kucing Anda. Mereka akan sangat puas menggunakannya. Selain itu kucing juga menyukai bunyi keras yang ditimbulkan saat menggaruk tiang garukan kucing – sepertinya kucing sangat menikmati suara cabikan dan suara berisik saat menggaruk.

2. Cobalah untuk tidak memilih tiang garukan kucing yang ditutupi karpet.

Banyak tiang garukan kucing yang dijual dengan pelapis karper. Kadang ada sih kucing yang menyukai pelapis karpet. Namun, saya sarankan untuk memilih pelapis tiang garukan yang bukan karpet dan pastikan pelapis tiang garukan memiliki bahan berbeda dari bahan yang ada di rumah Anda.

Jika bahan pelapis tiang garukan Anda sama dengan bahan karpet atau pelapis lain di perabotan rumah Anda, kucing akan menandainya juga sebagai tempat garukan. Jadi usaha Anda untuk mengalihkan kebiasaan menggaruk hanya di tiang garukan kucing akan sia-sia.

Alasan lainnya, bahan karpet tidak akan memunculkan bekas cabikan yang bagus. Kucing akan tidak puas dengan hasil yang dia lihat. Selain itu, permukaan karpet tidak cukup kasar untuk di cakar. Kadang-kadang kuku-kuku kucing sering tersangkut didalamnya.

3. Kain sisal adalah permukaan goresan yang bagus.

Bahan kain sisal adalah “heavy duty”, sensasi yang diberikan saat mencabik dan mencakar akan terasa enak untuk kucing. Kucing akan dengan mudah merobek-robek dan memberikan bekas cakaran dengan cara yang menyenangkan.

Ingat, komponen penting bagi kucing Anda untuk menemukan goresan yang memuaskan adalah kemampuan untuk merobek materi. Material harus dapat meninggalkan tanda yang jelas dan membuat kucing Anda puas.

4. Tali sisal versus kain sisal untuk tiang garukan kucing.

Tali sisal sering digunakan pada tiang garukan kucing, tetapi dari pengamatan saya, kucing lebih menyukai kain sisal. Permukaan dari kain sisal akan memungkinkan cakar-cakar kucing dapat merobek lapisan dengan lebih baik.

Kucing dapat dengan mudah menancapkan cakarnya ke bawah kain, namun masih bisa mendapatkan pegangan yang baik. Tekstur dan ketahanannya terasa luar biasa bagi cakar kucing.

Jika tiang garukan kucing menggunakan tali sisal, lapisan tali sisal tidak memungkinkan untuk gerakan merobek-robek vertikal terus menerus. Sebagai gantinya, kucing mengalami gangguan karena pembungkus tali lepas. Serabut tali yang terkoyak akan mengganggu proses kucing mencakar. Scratch, bump, stop, scratch, bump, and stop: pengalaman menggaruk dan mencabik tersebut tidak akan dapat memuaskan kucing Anda.

Garukan kucing dari bahan kardus karton (Cardboard Cat Scratchers)

Bahan lain yang bagus untuk garukan kucing adalah kardus bergelombang yang tebal. Seperti kain sisal, kain ini juga memiliki sensasi yang menyenangkan saat di cakar dan di cabik.

Plus itu membuat suara yang luar biasa ketika tergores. Pada garukan kucing dari bahan karton bergelombang sering ditemukan bekas cakaran kucing dengan pola datar dan miring. Kucing menikmati berbagai sudut dan permukaan karton yang dapat dicabik dan dicakar..

Tiang Garukan Berongga VS Rapat (solid)

Tabung karton berlubang sering kali membuat bekas goresan terbaik karena dua alasan:

  1. Mereka cenderung lebih kuat. Ingat, faktor penting dalam memilih tiang garukan kucing adalah kestabilan. Stabilitas akan membuat kucing merasa aman dan nyaman. Tiang tinggi yang terbuat dari tabung berlubang dan ditutupi dengan kain sisal lebih disukai daripada tiang kayu berat yang mudah roboh. Jangan lupa mencari alas yang tebal untuk memastikan kestabilan tiang garukan..
  2. Mereka membuat lebih banyak suara saat dicakar. Ini sangat memuaskan bagi kucing Anda. Sensasi mencabik yang menimbulkan suara akan membuat kucing Anda senang.

Kucing Ingin Memiliki Tiang Garukan Dengan Permukaan Horisontal dan Vertikal

Anda mungkin memperhatikan bahwa kucing suka meregangkan tubuh dan menggaruk secara vertikal, seperti pada lengan sofa dan pintu. Mereka juga suka menggaruk secara horizontal, seperti ketika mereka mencakar area karpet.

Oleh karena itu, ketika mencari tiang garukan kucing, pilihlah tiang garukan yang memiliki dua fitur tersebut. Ada bagian permukaan horisontal dan ada bagian permukaan vertikal yang dapat dicakar.

Di alas tiang garukan disediakan tempat untuk mencabik dan mencakar, di batang tiang garukan juga disediakan tempat mencabik dan mencakar. Carilah produk yang two in one. Ide yang bagus adalah memiliki tempat penggaruk kucing vertikal (tinggi) dan penggaruk kucing horizontal (datar) atau miring.

Tempat garukan harus ditutup dengan kain sisal (bahan, bukan tali), dan garukan kucing yang rata atau miring harus memiliki sisipan kardus bergelombang yang agak tebak agar kucing dapat menancapkan kukunya saat mencabik sehingga kucing akan memiliki pengalaman menggaruk yang menyenangkan.

Tempat Bertengger dan Kondominium Cat — Tempat Sempurna untuk Menggaruk dan Bersantai

Kondominium kucing sangat bagus untuk bersantai dan duduk. Anda dapat memberikan tiang garukan yang memiliki variasi lapisan permukaan dan dilengkapi dengan tempat untuk bertengger kucing Anda saat dia selesai menggaruk.

Kucing sangat menyukai duduk ditempat tinggi. Karena dari tempat tinggi jangkauan penglihatan mereka menjadi lebih luas. Selain sebagai tempat bersantai, kondomium juga dapat digunakan sebagai menara pengawas bagi kucing.

Coba bayangkan, saat dialam bebas, bagaimana kebiasaan kucing?

Mereka senang memanjang pohon dan bertengger di atas pohon di area kekuasaan mereka. Dari tempat tinggi tersebut mereka mengawasi daerah kekuasaan mereka sambil beristirahat.

Tiang garukan yang bagus, kokoh, dan tertutup kain sisal yang memiliki tempat bagi kucing Anda untuk bersantai tidak hanya akan memuaskan kucing Anda, tetapi juga akan membantu melindungi furnitur Anda.

Kucing Ingin Beragam Permukaan yang Menggaruk

Satu hal yang perlu kita pastikan dengan semua hewan peliharaan kita adalah bahwa mereka memiliki banyak untuk membuat mereka sibuk dan tertarik. Kebosanan tidak menyenangkan dan bukan sesuatu yang kita inginkan dari hewan peliharaan kita untuk mengalami. Saat memilih posting garukan kucing dari sudut pandang kucing Anda, ingatlah bahwa ia tertarik mengalami goresan yang baik dan bersenang-senang. Memilih beberapa pos berbeda dan beragam bahan akan membuat kucing Anda sibuk dan bahagia.

Petunjuk bermanfaat: Letakkan kiriman dengan alas (tempat untuk bertengger dan tidur) di depan jendela untuk hiburan — dan mungkin sedikit sinar matahari.

Menempatkan tiang menggaruk kucing dengan platform horizontal di atas di depan jendela akan memungkinkan kucing Anda menggaruk secara vertikal, memanjat, menggaruk secara horizontal, duduk dan menonton aksi di luar, dan tidur siang di tempat bertengger. Cara mendengkur untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kucing Anda. Lihat Purrfect View. Pos penggaruk kucing dapat dipindahkan di dekat jendela yang berbeda di rumah sehingga kucing Anda dapat menonton sesuatu yang baru.

Tips #3. Belilah garukan kucing miring dan sisipkan kardus tambahan dibawah papan garukan. Kemudian letakkan ditempat tersembunyi agar kucing anda bisa menemukannya. Kucing Anda akan senang dengan permainan petak umpet seperti ini.

Kucing Ingin Memiliki Garukan Kucing Yang Memiliki Permukaan Beragam

Jangan hanya membeli satu tiang garukan kucing. Faktanya kucing Anda sangat menyukai aktivitas menggaruk atau mencakar ditempat-tempat berbeda. Coba observasi keseluruh sudut rumah Anda.

Anda pasti mendapatkan banyak tempat yang sudah di cakar oleh kucing Anda. Berikan kucing Anda garukan kucing dengan beragam permukaan. Selain untuk menyenangkan kucing, hal ini juga untuk menarik perhatian kucing.

Jika kucing merasakan pengalaman berbeda dalam mencakar dan mencabik garukan kucing, dia akan senang dan setiap hari akan sibuk berpindah-pindah tempat untuk menggaruk.

Keuntungannya apa?

Ya, kucing Anda tidak lagi mencakar sofa dan perabotan rumah Anda. Dia lupa kebiasaan buruk tersubut karena kucing sudah sibuk dan sudah bahagia memiliki tempat nyaman untuk menyalurkan kebiasaan menggaruknya.

Tips #4. Letakkan garukan kucing dengan kondomium (tempat untuk bertengger dan tidur) di depan jendela. Di dekat jendela kucing dapat menghangatkan tubuh dengan  paparan sinar matahari, dan kucing juga dapat melihat keluar jendela untuk mendapatkan suasana baru.

Menempatkan tiang menggaruk kucing dengan platform horizontal di atas di depan jendela akan memungkinkan kucing Anda menggaruk secara vertikal, memanjat, menggaruk secara horizontal, duduk dan menonton aksi di luar, dan tidur siang di tempat bertengger.

Sediakan Beberapa Garukan Kucing Yang Memiliki Sudut Miring Dengan Sisipan Karton.

Cara mudah lain untuk membuat hal-hal menarik bagi kucing Anda adalah dengan memberikan beberapa garukan kucing di tempat yang mengejutkan.

Garukan kucing yang memiliki sudut berbeda memberikan posisi menggores yang berbeda. Kucing dapat melatih lebih banyak otot pada tubuhnya, sehingga dia mampu melenturkan seluruh otot tubuhnya.

Saya menemukan banyak kucing menggaruk ke belakang — artinya cakar depan mereka ada di bagian bawah sudut, ujung belakangnya mengarah ke atas. Dia mampu menggaruk di kedua posisi tidak hanya untuk kesenangan kucing Anda tetapi juga memberikan manfaat kesehatan.

Kesimpulan

Untuk dapat memilihkan tiang garukan kucing yang bagus untuk kucing Anda, Anda harus berfikir layaknya kucing. Kucing menyukai tiang garukan yang kokoh, kuat, tidak goyang saat dicakar dan memiliki lapisan yang nyaman saat di cabik-cabik dengan cakar kucing.

Ada beberapa tips untuk memilih tiang garukan yang bagus: Pertama, pilihlah tiang garukan yang tinggi, kokoh dan stabil. Kedua, pilihlah bahan pelapis yang menggunakan kain sisal bukan benang sisal. Ketiga, jangan hanya membeli satu tiang garukan, belilah 3-5 tiang garukan dengan berbagai model, agar kucing Anda senang memakainya.

Keempat, pilihlah tiang garukan yang multifungsi, misal satu tiang garukan ada garukan vertikal, ada garukan horisontal, ada kondomium untuk bertengger kucing. Kelima, belilah juga garukan kucing yang datar atau memiliki sudut sebagai variasi garukan kucing di rumah Anda.

Tinggalkan komentar