Home » Info kucing » Mengapa kucing persia harus dicukur?

Mengapa kucing persia harus dicukur?

| | Category

Kucing persia memiliki bulu yang lebat dan mudah kusut. Bulu kucing yang mudah kusut akan membuat kucing persia Anda kesakitan dan tidak nyaman. Terlebih, daerah “undercarriage” di lekukan kaki dan lekukan leher. Daerah ini susah untuk disisir, sering terjangkit jamur dan banyak rambut kucing yang terbelit. Apa sebaiknya bulu “undercarriage” kucing persia dicukur?

Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan mencukur bulu kucing persia Anda. Tujuan mencukur bulu kucing persia secara teratur adalah pertama, untuk mencegah terjadinya bulu yang kusut dan terbelit (matting), khususnya di area undercarriege, kedua, untuk mengatasi penyakit kulit yang menyerang kucing persia, proses pengobatan harus menghilangkan bulu disekitar kulit yang terinfeksi. ketiga, untuk merapikan bulu kucing persia agar bisa tumbuh lebih rapi dan terarah.

Apakah semua kucing persia harus dicukur bulunya?

Parameter dicukur atau tidaknya itu dilihat dari permasalahan bulu dan tindakan medis darurat yang dibutuhkan. Jadi, tidak semua kucing persia harus dicukur bulunya. Misal: Anak kucing persia dan kucing persia (hasil persilangan) bulu pendek. Mereka tidak memiliki permasalahan bulu terbelit ataupun bulu kusut. Jadi, Anda tidak perlu melakukan perawatan mencukur bulu.

Baca juga: Cara merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya. Tips dan trik dari komunitas resque kucing terlanta dan yatim piatu.

Tips untuk pemula yang ingin mencukur bulu kucing persia kesayangannya:

  1. Jangan mencukur bulu kucing persia pada saat musim dingin atau musim hujan. Pada musim ini lingkungan menjadi sangat lembab dan jamur mudah berkembang biak. Jadi, jika anda menggunduli kucing persia Anda dimusim seperti ini, Anda harus sangat berhati-hati dalam menjaga kucing persia Anda dari infeksi kulit. Jika kucing Anda terserang infeksi kulit, lihat cara membasmi jamur kucing dengan cepat disini.
  2. Kenalkan berbagai macam perawatan kucing pada kucing persia Anda sejak kecil. Mencukur bulu kucing persia itu akan sangat sulit jika kucing Anda tidak jinak. Oleh karena itu, sebelum Anda mencukur bulu kucing persia Anda. Sebaiknya kucing persia Anda jangan sampai takut dengan peralatan perawatan kucing.
  3. Pilihlah salon perawatan kucing yang kompeten dalam menangani kucing persia. Saat ini, selain sebagai hewan peliharaan, kucing persia juga sering dipentaskan. Maka petshop juga menyediakan salon perawatan spesial untuk kucing fashion. Anda harus jeli dalam memilih salon perawatan yang sesuai dengan keinginan Anda dan sesuai dengan budget Anda.

Syarat kucing persia yang wajib dicukur bulunya

  1. Kucing persia memiliki banyak bulu panjang yang kusut dan mudah terbelit sehingga menyebabkan kucing kesakitan
  2. Kucing persia memiliki penyakit infeksi kulit yang serius dan membutuhkan pengobatan medis secepatnya
  3. Kucing persia ingin diikutkan kontes fashion kucing

Bagian tubuh kucing persia mana saja yang boleh dicukur dan tidak boleh dicukur

Ada beberapa aturan dalam mencukur bulu kucing persia. Meskipun kucing persia memiliki bulu di sekujur tubuhnya, tapi ada bagian yang boleh dicukur dan tidak boleh dicukur.

  • Bagian tubuh kucing persia yang boleh dicukur: Badan, leher, kaki, ekor.
  • Bagian tubuh kucing persia yang tidak boleh dicukur: Jari kaki, dan muka

Demi keamanan kucing persia jari kaki dan muka, tidak boleh dicukur. Hal ini dikarenakan bagian tersebut memiliki detail lekukan tubuh yang sulit dijangkau dengan pisau potong. Jika dipaksakan, kucing akan mengalami luka dan trauma dengan perawatan kucing. Kucing persia yang sudah trauma sangat sulit dibujuk untuk melakukan perawatan kucing lanjutan.

Baca juga: nama kucing paling popular 2020, disana Anda akan mendapatkan banyak inspirasi nama kucing yang lucu dan bagus tanpa perlu pusing.

Cara mencukur bulu kucing persia

Tahap 1 : Siapkan peralatan cukur kucing persia

  • Teman atau saudara yang bertugas memegangi kucing persia
  • Alat cukur bulu kucing
  • Sisir/sikat bulu kucing
  • Gunting kuku kucing
  • Handuk atau lap
  • Snack/makanan kucing

Tips: jika bulu kucing yang ingin Anda potong memiliki bercak minyak atau gumpalan kusut. Anda perlu tepung jagung dan gunting dengan ujung tumpul

Tahap 2: Pilih lokasi yang tepat

Pilihlah ruangan yang cukup luas dan mudah dibersihkan. Anda perlu sebuah meja yang tingginya pas sesuai badan Anda. Meja ini akan berfungsi sebagai tempat meletakkan kucing yang akan dicukur bulunya. Jika Anda tidak betah untuk berdiri, Anda dapat menggunakan kursi untuk membantu Anda saat sedang kelelahan.

Alas meja lebih baik ubin atau keramik. Lipat semua karpet Anda, jika diruangan tersebut ada karper. Karena membersihkan kotoran bulu di karpet akan sangat merepotkan.

Tahap 3: Siapkan semua peralatan dan atur meja kerja Anda

Lapisi meja kerja dengan handuk atau kain bekas yang telah Anda siapkan. Fungsi dari pelapisan ini adalah agar meja tidak tergores akibat cakaran kucing yang sedang dicukur. Kemudian aturlah supaya meja dengan dengan colokan listrik agar alat pemangkas bulu kucing leluasa saat digunakan. Siapkan juga tempat cuci tangan didekat meja kerja untuk membersihkan tangan dari bulu yang bertebaran.

Tahap 4: Bawa Kucing Persia Anda ke Meja Kerja Yang Telah Disiapkan

Lihat kondisi psikologis kucing persia Anda. Apabila sedang tidak baik, saya menyarankan Anda memberikan snack kucing di atas meja kerja Anda. Ini akan membantu membuat kucing lebih rileks dan Anda dapat mulai pekerjaan Anda mencari bulu yang terkena noda minyak atau menggumpal.

Tahap 5: Potong Kuku Kucing Persia Anda

Perawatan pertama saat mencukur bulu kucing adalah memastikan kuku kucing telah dipotong dengan benar. Kuku kucing yang masih tajam dapat melukai teman Anda yang memegang kucing dan melukai Anda yang memotong bulu kucing.

Untuk memotong kuku kucing persia langkahnya sangat mudah. Pertama peganglah cakar kucing dengan salah satu tangan dan tekan dengan lembut pada alas kakinya. Kuku kucing akan keluar dengan sendirinya. Jika bulu kucing sangat lebat, mungkin Anda perlu menyibak bulunya untuk dapat menemukan kukunya.

Potonglah hanya bagian kuku yang tajam. Kuku kucing persia terdiri dari beberapa bagian. Kuku runcing, epitel kuku dan daging kuku. Anda hanya perlu memotong bagian kuku runcing. Potong bagian ini dengan hati hati dan jangan potong terlalu dalam. Kucing akan sangat kesakitan.

Tips: Anda dapat melakukan pemotongan kuku sehari sebelum mencukur bulu kucing, hal ini akan mengurangi tingkat ketegangan kucing persia.

Tahap 6: Sisir/sikat kucing Anda

Pada tahap ini kita sudah mulai melakukan perawatan kucing persia. Mintalah teman Anda untuk memegangi kucing persia Anda. Kemudian Anda mulai untuk menyisir bagian leher, tengkuk dan punggung kucing persia Anda.

Anda dapat menggunakan sisir bergeriri lembut untuk area ini. Jika sudah selesai, sisir bagian badan kucing, kaki kucing dan ekor kucing dengan sisir bergerigi sedang. Sisirlah dengan hati hati, jika Anda menemukan bulu yang kusut/terbelit/menggumpal didekat kulit yang susah untuk di sisir, Anda dapat memotongnya secara hati-hati dengan gunting berujung tumpul.

Jika Anda menemukan beberapa bagian bulu kucing persia yang memiliki noda minyak, taburkan tepung jagung untuk mengurainya. Jika susah diurai, langsung potong saja dengan gunting ujung tumpul. Lakukan tahap ini dengan lembut dan hati-hati.

Tahap 7: Mulailah Mencukup Bulu Kucing Persia Anda

Tentukan model potongan rambut kucing persia Anda. Setelah itu mulailah mencukur mulai dari punggung dan bagian samping. Pada proses ini Anda dapat mengatur ketebalan bulu sesuai yang Anda inginkan.

Anda harus mencukur bulu kucing dengan lembut dan hati hati. Jangan sampai alat pemotong mengenai kulit kucing persia. Kulit mereka sangat sensitif. Pastikan, setelah Anda selesai menyisir bulu, Anda harus segera membersihkannya dengan sisir.

Jika bulu yang Anda potong sudah banyak, Anda perlu berhenti beberapa saat untuk menyisir dan membersihkan bulu-bulu tersebut. Mintalah teman Anda untuk memiringkan atau mengubah posisi kucing persia agar Anda leluasa dalam mencukur bulu bulunya. Jangan lupa mencukur kumis kucing, agar kucing Anda lebih terlihat muda.

Jika Anda memilih model potongan “Lion Cut“, Anda perlu menyisakan bulu di beberapa bagian berikut ini: sepatu kaki kucing, seperempat ujung ekor dan kepala kucing persia. Sisanya silakan dipangkas sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.

Tahap 8: Bersih-bersih

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil menyelesaikan tahap mencukur bulu kucing persia. Tahap terakhir yang tidak kalah penting adalah membersihkan seluruh badan kucing persia dengan handuk basah untuk menghilangkan sisa sisa potongan bulu di badan kucing persia.

Anda dapat mengusapnya dengan lembut sambil memijatnya. Berikan kenyamanan ekstra agar kucing persia tidak trauma. Setelah semua proses selesai, beri makanan favorit kucing Anda untuk menyenangkan meraka. Dan…bersihkan tempat kerja Anda seperti sedia kala.

Baca juga: cara mudah memberikan obat tablet/kapsul pada kucing yang galak, tips ini sudah saya praktekkan dan berhasil memberi obat tanpa pernah kena cakar kucing.

Model potongan rambut untuk kucing persia

Lion Cut

Potongan-Kucing-Lion-Cut

Lion cut, ya seperti namanya, model potongan rambut kucing ini hasil akhirnya akan menyerupai wujud seekor singa namun dalam bentuk mungil. Hanya tiga bagian tubuh yang disisakan dari model potongan ini, yaitu: wajah kucing, seperempat bagian kaki (mirip kucing yang diberi sepatu) dan seperempat bagian ekor.

Bagian lainnya bagaimana?

Ya, dipangkas habis.

Potongan model lion cut sangat popular untuk ras kucing yang memiliki rambut yang lebat, panjang dan sangat sering terbelit, seperti: ras persia dan anggora.

Comb Cut

Potongan-Kucing-Comb-Cut

Potongan model comb cut sebenarnya mirip dengan lion cut. Namun, comb cut tidak se-ekstrim lion cut yang mencukur habis-habisan bulu badan kucing persia. Comb cut memotong dengan ketebanan pola yang sama di beberapa bagian. Bentuk potongannya mirip, namun ketebalan potongannya berbeda, comb cut lebih tebal dan masih dapat disisir.

Panther Cut

Potongan-Kucing-Panther-Cut-

Panther cut adalah model potongan yang berlawanan arah dengan model lion cut dan comb cut. Model ini mencukur seluruh bulu pada kucing, hanya meninggalkan bulu di kepala dan kakinya. Kadang-kadang, ujung ekornya juga tidak dicukur, tetapi ini tergantung pada kepekaan gaya Anda dan preferensi kucing Anda. Potongan panther adalah solusi untuk kucing yang rentan terhadap anyaman ekstrem, terutama di bagian belakang leher seiring bertambahnya usia.

Stripe Style

Potongan-Kucing--Stripe-Style

Pada gaya potongan model stripe style, kucing Anda akan dipotong dengan pola unik. Bulu kucing Anda ditinggalkan sendirian di bagian kepala, wajah dan ekor. Tubuhnya dicukur dan kakinya setengah dicukur. Ini memberikan penampilan seperti mengenakan sepatu salju. Penampilan ini adalah pilhan yang bagus untuk kucing yang mudah kepanasan dan mudah lelah.

Model potongan kucing yang tak kalah keren lainnya adalah Enhance Pattern Cut, Egyptian Cut, Dinosaur or dragon cut, dan Teddy bear trim. Ingat, model potongan rambut kucing ini tidak bisa diterapkan secara paksa kepada semua ras, Anda harus memilih model yang cocok untuk jenis kucing Anda.

Potongan Kucing Model Dragon Cut

Kesimpulan

Tidak semua kucing memerlukan perawatan cukur bulu. Kucing yang memiliki bulu lebat seperti ras persia dan anggora membutuhkan perawatan ini. Kucing persia yang memiliki bulu panjang, lebat dan mudah kusut akan menyiksa kucing karena sering terbelit. Oleh karena itu, demi kenyamanan kucing kesayangan Anda, pencukuran bulu itu harus dilakukan secara teratur. Pencukuran bulu kucing juga dapat terjadi karena tindakan medis, seperti penyembuhan infeksi kulit.

Baca lebih lanjut: 8 penyebab bulu kucing persia rontok beserta solusinya >>