10 makanan penambah nafsu makan kucing terbaik [2020]

Menyaksikan kucing kesayanganmu tumbuh lucu, gemuk, dan sehat pasti jadi kebahagiaan tersendiri. Tapi, bagaimana kalau kucingmu mendadak mogok makan dan tiba-tiba menjadi kurus? Kamu pasti kepikiran terus, kan? Kerja pun menjadi tidak tenang. Kalau punya waktu sih, kamu bisa langsung membawa si kucing untuk periksa ke dokter hewan. Tapi, kalau kamu sedang sibuk, gimana? Solusinya adalah memberi makanan penambah nafsu makan kucing. Nah, pada artikel ini, saya akan memberikan 10 rekomendasi makanan dan vitamin penambah nafsu makan kucing terbaik tahun 2020. Produk yang saya bahas mulai dari Virbac Nutri Plus Gel sampai Pro Plan Fortiflora. Saran saya, kamu wajib punya salah satunya untuk persediaan di rumah.

1. Virbac Nutri Plus Gel

makanan penambah nafsu makan kucing 01

Saya sangat rekomendasikan merek Virbac Nutri Plus Gel ini buat kamu yang lagi merawat kucing sakit. Vitamin berbentuk gel ini ampuh banget untuk mendongkrak nafsu makan kucing. Proses pemulihan pun menjadi jauh lebih cepat. Yang paling saya suka dari vitamin ini adalah, saya bisa langsung memberikannya pada kucing peliharaan. Jadi saya nggak perlu repot-repot menyembunyikan atau mencampurkan vitamin ini ke dalam makanan si meong.

Rasa vitamin ini sepertinya enak banget di lidah para meong. Buktinya, kucing-kucing saya sampai berebut untuk menjilatinya. Nutri Plus Gel ini juga mengandung vitamin yang lengkap dan bagus banget buat melancarkan pencernaan kucing. Jadi, cocok banget buat kucing kamu yang sering bermasalah dengan pencernaannya. Kelebihan lain Virbac Nutri Plus Gel adalah imun booster.

Dengan rutin mengkonsumsi Virbac Nutri Plus Gel, daya tahan butuh kucing akan meningkat. Sehingga, kucing tidak mudah jatuh sakit saat memasuki musim pancaroba. Menurut saya, produk ini sangat ampuh. Hanya saja, harga Nutri Plus Gel lumayan mahal. Apalagi kalau dibandingin dengan vitamin kucing yang lainnya. Tapi saya berani jamin, jika kamu beli hasilnya pasti worth it banget.

2. Vita Gel

makanan penambah nafsu makan kucing 02

Kamu punya banyak kitten di rumah? Wah, kalau gitu kamu wajib banget punya persediaan Vita Gel. Vitamin gel ini cocok banget untuk diberikan pada kittens peliharaanmu. Anak kucing emang punya sistem kekebalan tubuh yang rendah, jadi mereka butuh banget Vita Gel. Dengan rutin mengonsumsi Vita Gel, si kitten jadi nggak gampang sakit. Nggak hanya itu, Vita Gel ini juga bagus lho untuk menambah nafsu makan kucing kecilmu.

Double kegunaan bukan? Imun booster dan pemacu nafsu makan. Vita Gel kemasan tube ini bisa kamu beli dengan harga murah. Uang yang perlu kamu keluarkan nggak sampai Rp 50.000, kok. Setelah kamu beli, langsung pakai deh! Oia, untuk memberikan Vita Gel ke kitten, kamu cukup mengoleskan gel sebanyak 1-3 cm aja. Oleskan Vita Gel ke mulut si kitten. Untuk dosisnya, kamu perlu memberi Vita Gel paling nggak 3 kali sehari.

Tapi kamu juga bisa menambahkan porsi Vita Gel. Sesuai saja dengan kebutuhan kitten. Wah, praktis banget. Apakah saya juga boleh mengasihkan Vita Gel untuk kucing dewasa? Sayangnya, vitamin Vita Gel cuma cocok buat kitten aja.

3. Hartz Delectable Lickable Wet Cat Treats Bisque

makanan penambah nafsu makan kucing 03

Kucing yang mendadak nggak mau makan bisa saja punya masalah gigi atau gangguan saluran kencing. Misalnya: FULTD dan infeksi ginjal. Kucing yang sudah masuk usia senja juga bisa berubah jadi picky soal makanan. Supaya nutrisi mereka tetap tercukupi, kamu bisa beri mereka Hartz Delectable Lickable Wet Cat Treats.

Camilan ini cocok buat kucingmu yang punya masalah gigi atau sudah ompong. Teksturnya yang lembut dan creamy memudahkan kucingmu untuk mencernanya. Aroma tuna dan gurihnya ayam juga pasti bikin kucingmu makin ketagihan. Selain itu, makanan kucing satu ini juga cocok banget buat kucing yang mengalami masalah ginjal.

Karena kandungan cairan di dalam makanan ini cukup banyak sehingga bisa membantu meringankan kerja ginjal mereka. Makanan kucing ini juga gampang banget dicerna, lho. Jadi, kalau kamu punya kucing yang udah berumur, makanan kucing dari Hartz ini bisa memenuhi nutrisi mereka.

4. Pussy Drop

makanan penambah nafsu makan kucing 04

Selain vitamin bentuk gel, saya juga merekomendasikan jenis vitamin dengan kemasan cair, Pussy Drops. Keunggulan utama yang dimiliki vitamin Pussy Drop adalah harganya yang sangat terjangkau. Jadi, cocok buat kamu yang butuh vitamin kucing darurat di tanggal tua. Vitamin Pussy Drops mengandung unsur B kompleks yang bagus banget untuk meningkatkan nafsu makan si meong.

Kamu juga boleh memberikan Pussy Drops untuk mempercepat proses pemulihan saat kucing sakit. Dengan begitu, kucing kamu bisa kembali gendut dan lincah dalam waktu singkat. Tapi, vitamin ini bisa menimbulkan alergi kalau kucingmu nggak cocok. Jadi, sebaiknya kamu beri sedikit saja dosis vitamin Pussy Drop ini untuk uji coba.

Segera hentikan pemakaian kalau kucingmu menunjukkan gejala alergi setelah pemberian vitamin kucing ini. Reaksi alergi bisa berupa gatal-gatal yang buat kucingmu terus-menerus menggaruk badannya, bersin, batuk, hingga muntah. Vitamin ini juga nggak bisa membantu meningkatkan kesehatan bulu kucing.

Jadi, kamu butuh mengimbangi pemberian vitamin ini dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Untuk penggunaan, kamu bisa langsung meneteskan 3 tetes vitamin Pussy Drop ke mulut kucing setiap pagi. Tapi buat kamu yang kesulitan, boleh juga kok mencampurkan sedikit vitamin Pussy Drops ke dalam makanan atau minuman si meong.

Terus membaca: Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan makanan kering >>

5. Stimulo

Butuh vitamin kucing yang ampuh untuk menambah nafsu makan dan juga nggak bikin kantong jebol? Vitamin kucing Stimulo ini boleh banget kamu coba. Dengan kisaran harga di bawah Rp 20.000,- aja, kamu sudah bisa dapetin vitamin kucing tetes ini. Vitamin kucing ini mengandung curcuma zanthorrisa, yaitu zat yang bisa bantu dongkrak selera makan kucingmu.

Stimulo juga mengandung vitamin B kompleks dan lysine yang bagus banget untuk mendukung tumbuh kembang kucing. Pendeknya, vitamin ini recommended banget buat kucingmu yang sedang ada di masa pertumbuhan. Tapi sayangnya, vitamin Stimulo baru bekerja maksimal saat kamu meneteskannya langsung ke dalam mulut kucing. Jadi, ilmu perbedonganmu harus kuat! Biar ga kena cakar, hehe.

6. Kitzyme

Kucing yang nggak nafsu makan otomatis juga punya masalah dengan bulu yang gampang rontok. Bikin tambah pusing ajah, hehe. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memberikan vitamin Kitzyme. Vitamin bentuk tablet ini mengandung B kompleks yang bisa mendongkrak nafsu makan kucing kesayanganmu.

Kucing akan menjadi lebih lahap makan dan makin gendut. Nggak hanya itu, masalah bulu rontok pun bisa beres asalkan kamu rutin memberikan vitamin Kitzyme. Cara pemakaiannya cukup mudah. Kamu bisa hancurin vitamin ini, trus campurin deh ke makanannya. Kamu nggak perlu khawatir kucingmu jadi ogah menyentuh makanannya.

Karena vitamin Kitzyme sama sekali nggak berbau obat. Malah aroma ikannya bakal bikin kucingmu semakin lahap. Kalau kucingmu benar-benar ogah makan, kamu bisa meminumkannya secara langsung. Supaya lebih gampang, coba pakai teknik bedong, ya! Biar ga kena cakaran si meong. Hehe.

7. The Missing Link

Produk makanan penambah nafsu makan kucing satu ini masuk ke dalam rekomendasi para vet, lho. Jadi kalau kamu nggak mau asal coba-coba, saya rekomendasikan ini buat kamu dan kucingmu. Nggak hanya bisa menambah nafsu makan kucing, sistem pencernaan kucingmu juga bakal lebih sehat. Soalnya, vitamin satu ini punya kandungan Omega kompleks. Asam lemak ini bagus banget buat usus dan sistem kekebalan tubuh si meong.

Bentuknya yang berupa bubuk tanpa aroma juga bikin vitamin ini gampang banget untuk dicampurkan ke dalam makanan kucingmu. Buat kucing yang sehat, vitamin Missing Link ini bisa diberikan cukup sehari sekali aja. Tapi buat kucing yang sakit bisa kamu beri The Missing Link paling nggak 2 kali sehari. Sayangnya, The Missing Link ini nggak bisa digunakan buat mempercantik bulu kucingmu.

Kamu bisa kombinasikan vitamin ini dengan makanan kucing yang mendukung pertumbuhan bulu. Supaya, nggak hanya tubuh kucing yang gemuk, tapi juga punya bulu yang lebat dan lembut. The Missing Link juga jarang banget ada di petshop. Jika tertarik untuk mencoba The Missing Link, kamu dapat membelinya secara online. Harganya lumayan mahal, jadi siap-siap uang lebih ya!

8. Pro Plan Veterinary Diets FortiFlora

Nggak hanya memproduksi makanan kucing paling berkualitas, yaitu ProPlan. Purina juga nawarin produk vitamin buat kucingmu yang lagi bermasalah dengan pola makannya. Vitamin kucing FortiFlora ini diformulasikan khusus buat bantu mengatasi diare dan gangguan pencernaan lain yang sering banget menyerang kucing.

Kandungan probiotik di dalam vitamin ini ampuh untuk redakan diare gara-gara perubahan pola makan. Kamu juga bisa berikan FortiFlora buat menetralisir efek antibiotik untuk si meong yang lagi sakit. Kucingmu yang terkena diare gara-gara stres juga boleh diberikan vitamin ini. Vitamin berbentuk serbuk ini bisa langsung kamu campurkan ke dalam makanan basah atau makanan kering kucingmu. Aroma ikannya yang tajam dijamin bikin kucingmu tergoda.

9. NuPro

Saya adalah tipe cat parent yang nggak betah saat disuruh menyembunyikan vitamin ke dalam makanan si kucing. Soalnya, si meong terlalu cerdas sampai dia bisa tahu kalau saya memasukkan vitamin dan sejenisnya ke dalam makanannya. Buat kamu yang menghadapi dilema yang sama seperti saya, coba deh vitamin kucing NuPro. NuPro hadir dengan bentuk nugget yang mirip banget dengan makanan kering kucing pada umumnya.

Aromanya pun sangat mirip dengan aroma dry food, jadi kucingmu nggak akan merasa curiga. Vitamin NuPro mengandung asam amino dan asam lemak buat menambah nafsu makan kucingmu. Kucingmu nggak hanya jadi gemuk, tapi juga lebih sehat dan lincah. Kamu juga bisa bebas memberikannya setiap hari atau sebagai camilan supaya nutrisi untuk kucingmu makin terpenuhi.

Hanya saja, buat kucing yang sudah terbiasa dengan makanan basah mungkin nggak terlalu suka dengan vitamin ini. Harganya juga lumayan mahal, dan produk ini nggak begitu banyak dijual di Indonesia.

10. FaVor

Kamu butuh vitamin kucing yang nggak hanya bisa mengembalikan nafsu makan, tapi juga bikin bulu kucing jadi lembut? Saya merekomendasikan vitamin kucing FaVor untuk kamu coba. Vitamin kucing berbentuk tablet ini nggak hanya bisa membantu merangsang nafsu makan kucing aja.

Vitamin ini juga mengandung protein, asam lemak, serat, dan nutrisi lainnya yang dibutuhin buat perkembangan bulu. Kucingmu bakal jadi lebih lahap makan, dan bulunya pun bakal lembut mengkilap. Butiran tabletnya memang besar-besar, tapi kucingmu tetap bisa menelan vitamin ini dengan baik, kok.

Dengan harga Rp 100.000 aja, kamu sudah bisa mendapatkan satu botol vitamin FaVor berisikan 60 tablet. Dosis yang perlu kamu berikan adalah 2 – 3 tablet per hari. Oh iya, vitamin ini cuma boleh diberikan pada kucing yang udah berusia minimal 5 bulan. Jadi, pastikan kucingmu sudah cukup umur, ya. Hehe.

Baca terus: 9 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus >>

Apa beli makanan penumbuh nafsu makan kucing perlu?

Sharing dikit nih tentang pengalaman saya saat baca-baca di forum kucing. Seringkali ada kasus owner membiarkan kucingnya nggak makan selama berhari-hari. Alasannya, karena si meong nggak ingin makan . Wah, padahal kalau kucingmu nggak menyentuh makanannya 2 hari aja, kamu wajib waspada, lho. Kalau dia ogah makan dalam waktu sehari aja, bisa jadi disebabkan rasa bosan dengan makanannya. Kamu boleh coba ganti dengan merek makanan kucing lainnya. Atau kalau kamu punya kucing kampung yang bebas berkeliaran, bisa aja dia juga ‘jajan’ di rumah tetangga. Kalau dia lincah-lincah aja, kamu nggak perlu terlalu khawatir.

Tapi kalau kucingmu nggak menunjukkan tanda membaik, itu sudah masuk tanda peringatan. Misalnya, dia jadi semakin lesu dan ogah bermain. Kucing yang sakit biasanya juga sering cari tempat untuk bersembunyi. Jika kamu masih ragu, praktikkan tips dari artikel 20 ciri-ciri kucing sakit dan cara mendeteksinya. Kalau tanda-tandanya memang sakit, sebaiknya segera bawa kucingmu ke dokter hewan untuk diperiksa.

Kalau kamu sedang sibuk-sibuknya, paling nggak berikanlah makanan atau vitamin untuk menambah nafsu makan kucingmu. Kucing yang menolak makanan dalam jangka waktu lama bisa mengalami kekurangan protein dan malnutrisi. Kalau dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kucingmu juga mengalami gangguan organ vital, lho. Dengan memberi vitamin penambah nafsu makan, paling nggak nafsu makan kucingmu bisa kembali sehingga ia bisa lebih kuat dalam melawan penyakitnya.

Trus, kalau sudah diberi vitamin pendukung nafsu makan, kelar urusan?

Jawabannya, nggak dong! Vitamin yang kamu berikan itu ibaratnya hanyalah salah satu dari sekian solusi yang harus kamu tempuh supaya kucingmu kembali sehat. Setelah pemberian makanan penambah nafsu makan, tetap aja kamu harus membereskan penyebab inti kenapa kucing kehilangan nafsu makan. Ada banyak banget lho penyebab kucing mendadak nggak mau menyentuh makanannya.

Salah satunya adalah faktor stres. Biasanya ini terjadi waktu ada perubahan yang tiba-tiba di habitatnya. Misalnya, bisa jadi kamu baru pindah rumah atau rumahmu kedatangan anggota keluarga manusia atau kucing baru. Perubahan yang drastis bisa bikin kucing jadi stres dan ogah makan. Solusinya, kamu bisa sedikit demi sedikit memperkenalkan anggota baru tersebut ke kucingmu. Memberikannya ruangan khusus di mana dia bisa merasa aman juga bisa jadi salah satu cara supaya stresnya berkurang. Kamu bisa taruh barang-barang yang biasa dia pakai di rumah lama. Contohnya seperti tempat tidur, sofa, alas bantal, dan lain sebagainya. Tujuannya supaya kucingmu lebih cepat terbiasa dengan lingkungan barunya.

Kalau kucingmu nggak mau makan dan disertai dengan mulut yang berliur, bisa jadi penyebab utamanya adalah karang gigi. Kalau begitu, kamu harus hubungi dokter hewan untuk mengobati karang gigi itu terlebih dulu. Kalau kucingmu terlihat ogah makan dan lebih banyak minum air, serta suka pipis sembarangan, ini bahaya. Kemungkinan besar dia mengalami masalah dengan saluran kencing. Itu fatal banget, lho! Kamu wajib bawa kucingmu ke dokter hewan untuk dikateterisasi.

Trus, peranan dari makanan penambah nafsu makan kucing apa, dong? Ya, tak lain supaya kucingmu cukup kuat untuk melalui masa kritis. Seperti manusia, imunitas tubuh kucing baru bisa memerangi penyakit dengan sempurna kalau dia mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Misalnya kucingmu terkena virus flu. Flu nggak bisa sembuh hanya dengan obat antibiotik aja. Dia juga perlu makan supaya kekebalan tubuhnya bisa memerangi virus tersebut. Tentunya pemberian vitamin juga harus disertai dengan pemberian obat dan perawatan yang tepat supaya kucingmu bisa kembali sembuh.

Gimana cara pilih makanan penambah nafsu makan kucing yang tepat?

Sebenarnya, nggak ada aturan baku yang mewajibkan kamu beli makanan penambah nafsu makan kucing yang begini atau yang begitu. Soalnya, semua kembali ke kamu selaku cat parent dan kebutuhan kucingmu sendiri. Kalau kamu memberi makan kucingmu jenis makanan kering, pilihan vitamin yang berupa serbuk atau potongan dry food. Lebih praktis dan efisien. Sebaliknya, jenis vitamin berbentuk cair dan tablet lebih cocok buat dicampurkan ke dalam makanan basah kucing. Selain lebih praktis, vitamin tersebut memiliki aroma penggugah nafsu makan yang tajam.

Kalau kucingmu yang mogok makan ini punya masalah pencernaan atau permasalahan dengan gigi, amannya sih, kamu memberikan makanan penambah nafsu makan atau vitamin dengan tekstur creamy menyerupai pasta. Makanan jenis itu lebih ramah terhadap organ pencernaan kucing karena lebih gampang dicerna. Sedangkan kalau kucingmu sudah benar-benar nggak mau menyentuh makanannya, sebaiknya pilih jenis makanan atau vitamin berbentuk cair yang memudahkanmu untuk menyuapinya dengan spuit. Vitamin berbentuk tablet juga boleh jadi alternatif, tapi kamu harus memberikannya secara langsung.

Kamu wajib punya makanan dan vitamin penambah nafsu makan untuk kucing

Kamu tidak tahu, kapan kucing kamu akan mogok makan. Untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu punya persediaan makanan penambah nafsu makan kucing di rumah. Kamu bisa pilih yang manapun sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kucingmu.

Demikian pembahasan dari 10 rekomendasi makanan penambah nafsu makan kucing. Kira-kira, makanan atau vitamin apa yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

*Catatan: Makanan dan vitamin penambah nafsu makan bukan solusi akhir. Dia hanya pemacu agar kucing kembali bergairah makan. Apabila kucing tetap dalam kondisi kurang baik selama berhari-hari, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan. Karena, mungkin bukan selera makan kucing yang menurun, tapi dia sedang terserang virus atau penyakit.

Baca lebih lanjut: Kapan anak kucing bisa makan makanan kering? >>