Makanan penggemuk kucing

Panduan ini membahas secara lengkap makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus.

Dengan demikian, jika kamu ingin:

  • Menaikkan berat badan kucing.
  • Mengubah kucing kurus menjadi gendut dan gembul.
  • Membuat kucing memiliki bulu bagus dengan bobot ideal.
  • Membesarkan anak kucing agar tumbuh dengan potensi kecantikan fisik maksimal.

Kamu pasti akan menyukai panduan ini.

Berikut 10 makanan penggemuk kucing yang bikin gendut dan bulu bagus:

Yuk, mulai pembahasannya.

Kenapa kucing kamu bisa kurus?

Ada 3 penyebab kucing jadi sangat kurus:

  • Pertama, kucing kekurangan nutrisi dari makanan harian.
  • Kedua, kucing kehilangan nafsu makan.
  • Ketiga, kucing sedang sakit.

Jika kamu bisa menyingkirkan ketiga hal tersebut, kucing gendut bukan lagi impian semata. Biar kamu lebih mudah menangkap pesan saya, saya ubah sedikit ya.

Rahasia menggemukkan kucing itu terletak pada nutrisi, kesehatan dan kegembiraan kucing.

  • Nutrisi itu terkait pemilihan variasi makanan berkualitas & takaran makan yang tepat.
  • Kesehatan itu terkait pencegahan dari serangan penyakit. Misalnya: pemberian obat cacing, pemberian vitamin, vaksinasi kucing & steril kucing.
  • Kegembiraan erat kaitannya dengan stress level kucing. Ajaklah kucing berinteraksi & bermain secara teratur untuk membuat kucing selalu gembira. Kucing yang sehat, gembira dan aktif berinteraksi dengan majikannya, jauh lebih cepat gendut. Karena mood & nafsu makan kucing terjaga dengan baik.

 That’s it!

Kalau kamu bisa pegang ketiga hal tersebut, saya jamin, kucing kamu akan gendut. Simple, kan?

Iya, teorinya simple tapi kalau dibikin checklist ya banyak. Hehe. Kucing nggak boleh stres, makanan harian harus berkualitas, kucing harus di vaksin, rutin kasih obat cacing, steril kucing, dll.

Biar tidak melebar terlalu jauh, saya akan buat disclaimer dulu.

Di sini, saya hanya akan membahas topik nutrisi penggemuk kucing.

Nutrisi di sini bisa mencakup:

  1. Raw food.
  2. Vitamin kucing.
  3. Makanan basah kucing.
  4. Makanan kering kucing.
  5. Raw food kucing.
  6. Snack kucing.

Untuk masalah faktor-faktor rahasia yang bikin kucing gendut, saya bahas di artikel yang lain.

Saya harap paham ya? Yuk, lanjut.

Jenis makanan penggemuk kucing

Berdasarkan wujudnya ada 3 jenis makanan penggemuk kucing:

  • Pertama, raw food (makanan kucing mentah tanpa proses pengolahan).
  • Kedua, wet food (makanan kucing basah).
  • Ketiga, dry food (makanan kucing kering).

Raw food adalah makanan kucing yang disajikan dalam kondisi mentah. Misalnya, daging ikan salmon, daging kelinci, daging ayam tanpa lemak, dll. Dalam jumlah yang cukup raw food dapat membuat kucing jadi gendut dengan cepat. Hal ini karena kucing mendapatkan protein, lemak dan nutrisi dari daging segar.

Akan tetapi, penyajian raw food kurang praktis. Dan ada ancaman bakteri jika raw food yang kamu berikan tidak steril. Maka dari itu, beberapa praktisi kucing menyarankan untuk memasak daging yang akan diberikan kepada kucing.

Jujur ya, kalau kamu pandai mengolah raw food, kamu dapat berhemat biaya makanan kucing. Karena harga makanan penggemuk kucing raw food buatan sendiri jauh lebih murah dari pada makanan kucing premium.

Kamu tertarik untuk membuat makanan penggemuk kucing buatan sendiri?

Iya?

Nggak usah bingung gitu. Kami punya panduan cara membuat makanan kucing buatan sendiri.

Bahan bakunya cukup mudah ditemukan, yaitu daging ayam dan ikan tongkol. Berikut ini beberapa resep makanan penggemuk kucing buatan sendiri yang bisa kamu coba di rumah:

Resep tersebut tergolong murah. Beberapa tetangga saya yang telah mencobanya juga sepakat, bahwa resep ini murah. Dan kucing-kucingnya makan dengan sangat lahap. Jadi, jika kamu ingin membuat makanan penggemuk kucing alternatif, kamu bisa langsung coba resep di atas. Murah meriah! Hanya butuh tenaga dan beberapa keahlian saja.

Bagi pemilik kucing yang tinggal di kos, apartemen atau kontrakan, pasti tips di atas sangat tidak praktis. Karena membuat makanan penggemuk kucing sendiri itu menghabiskan banyak waktu. Dan waktu simpan makanan kucing relatif pendek.

Saya paham, apa yang kamu keluhkan. Karena saya juga mengalaminya.

Untuk itu, yuk, lanjut ke pembahasan makanan kucing pabrikan yang bikin kucing cepat gendut. Makanan kucing pabrikan jauh lebih praktis dan higienis untuk bikin kucing gendut dan bulu bagus.

Makanan basah kucing vs makanan kering kucing

Saat ini, produsen makanan kucing telah mengembangkan formula makanan kucing yang praktis dan bernutrisi tinggi. Ada beberapa variasi makanan kucing pabrikan yang beredar di pasaran. Misalnya, makanan kucing berbentuk pouch, kaleng, kiloan hingga snack kucing. Biar mudah dalam pembahasannya, saya kerucutkan saja jadi dua variasi makanan kucing.

  • Pertama, makanan basah kucing. Contohnya: makanan kucing yang di simpan dalam kemasan pouch & kaleng. Tekstur makanan lembek, berair dan beraroma menyengat.
  • Kedua, makanan kering kucing. Contohnya: makanan kucing yang dikemas dalam kemasan plastik kiloan. Misalnya: makanan kering kucing kemasan 0,5 kg, 1 kg, 2 kg, 2,5 kg, 5 kg, 10 kg, 50 kg.

Mana makanan yang cepat bikin gendut si meong?

Sebelum saya jawab, silakan lihat kelebihan dan kekurangan makanan basah dan makanan kering kucing pada tabel di bawah ini:

Makanan basah kucingMakanan kering kucing
Memiliki tekstur basah dan berair.Memiliki tekstur kering.
Daya tahan makanan relatif rendah. Mudah basi dan mudah bau. Jadi, Kucing harus segera menghabiskan makanan yang disajikan.Daya tahan makanan kering kucing sangat lama dan tidak mudah basi. Jadi, kamu dapat menyetok makanan kering dalam waktu lama.
Makanan basah memiliki aroma khas yang meningkatkan nafsu makan kucing. Artinya, nafsu makan kucing akan meningkat dan kucing akan lahap memakannya. Jadi, kucing cepat gemuk.Makanan kering memiliki aroma yang tipis. Tidak terlalu menggugah selera makan kucing. Jadi, beberapa kucing sering merasa bosan makan makanan kering.
Nutrisi makanan basah lebih mudah terserap tubuh kucing.Nutrisi makanan kering lebih sulit terserap dari makan makanan basah.
Memiliki aroma amis dan bau yang menyengat.Tidak memiliki aroma amis yang menyengat.
Harga makanan basah kucing mahal.Harga makanan kering kucing murah.
Dijual dalam kemasan pouch & kaleng.Dijual dalam kemasan plastik kiloan.
Hanya tersedia dalam kemasan kecil. Misalnya, 85 gr, 100 gr, 300gr.Tersedia dalam berbagai kemasan. Misalnya, kemasan plastik 500 gr, 1 kg, 2,5 kg, 5 kg, 10 kg, 50 kg, dll.

Sudah mendapatkan gambaran yang jelas?

Yupz, makanan kucing basah jauh lebih efektif untuk menggemukkan kucing. Hal ini karena daya serap nutrisi makanan basah jauh lebih cepat dari pada makanan kering. Dan ternyata, kucing lebih lahap makan makanan basah dari pada makanan kering. That’s the poin!

Nah, jika kamu ingin menggemukkan kucing dengan cepat, maka kamu harus memberikan kucing makanan basah dalam jumlah banyak.

Ada 3 keuntungan memberikan makanan basah untuk menggemukkan kucing:

  • Pertama, nafsu makan kucing meningkat. Aroma yang ada dari makanan basah sangat lezat dan menggugah selera makan kucing. Jadi, kucing akan memakan makanan basah dengan lahap dalam jumlah banyak. Sehingga, kebutuhan kalori & nutrisi harian kucing tercukupi.
  • Kedua, makanan basah memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih banyak dari pada makanan kering. Artinya, kucing akan menjadi lebih sehat dan cepat gemuk.
  • Ketiga, makanan basah menambah asupan air dan mineral ke dalam badan kucing. Kucing tidak akan kekurangan cairan dan metabolismenya lebih maksimal. Artinya, kucing dapat memproduksi daging untuk penggemukan tubuh dengan lebih cepat.

Mungkin kamu bertanya:

  1. Seberapa banyak makanan basah kucing yang perlu saya berikan?
  2. Apakah dalam proses penggemukan harus terus-menerus menggunakan makanan basah?
  3. Apakah perlu dicampur dengan makanan kering?

Jawaban singkatnya adalah boleh ketiga-tiganya. Kamu boleh memberikan makanan basah saja. Kamu juga boleh menggabungkan makanan basah dan makanan kering. Untuk panduan porsi makanan kucing, saya sudah mengulasnya secara lengkap di artikel takaran makanan kucing per hari. Di sana, kamu dapat menghitung kebutuhan kalori & nutrisi harian kucing.

Rumus rahasia:

Energi masuk < energi keluar = defisit kalori (kucing akan jadi kurus).

Energi masuk > energi keluar = surplus kalori (kucing akan jadi gemuk).

Energi masuk adalah jumlah energi yang kucing dapat setelah mengkonsumsi makanan. Energi keluar adalah energi yang dikeluarkan kucing saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kucing yang banyak makan dan sering tidur otomatis akan masuk ke dalam kategori surplus kalori. Jadi, si kucing jadi lebih cepat gendut. Makanya kucing indoor yang banyak makan dan sering tiduran di ruang AC, kucing cepat gemuk. Hehe.

Nah, untuk menggemukkan kucing, kamu tinggal melebihkan asupan kalori secara bertahap sesuai hasil perhitungan yang kamu dapat. Ingat, peningkatan jumlah makanan harus bertahap, agar makanan dapat terserap ke dalam tubuh kucing dengan optimal. Bukan, terbuang percuma melalui kotoran. Hehe.

Sampai di sini, kamu paham tentang variasi makanan penggemuk kucing ya? Nah, yuk lanjut ke pembahasan rekomendasi merek makanan penggemuk kucing berkualitas premium.

10 merek makanan kucing yang bikin gendut dan bulu bagus

Makanan berkualitas tinggi adalah awal mula terciptanya kucing gendut yang memiliki bulu bagus. Hal ini karena makanan berkualitas memiliki kalori, nutrisi, taurin & protein yang sangat dibutuhkan oleh kucing. Artinya, kucing akan lebih cepat gemuk, sehat dan berbulu cantik. Berikut 10 merek makanan kucing yang bikin gendut dan bulu bagus:

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini. Yuk, lanjut baca.

1. Maxi

Makanan penggemuk kucing - Maxi
Makanan kucing merek Maxi.

Maxi premium cat food merupakan makanan kucing premium dengan harga terjangkau. Variasi makanan kucing Maxi saat ini hanya makanan kering kucing berbentuk biskuit (kibble). Dan untuk variasi rasa makanan, Maxi baru memiliki satu rasa, yaitu Maxi rasa chicken tuna.

Maxi memiliki ukuran kibble yang kecil. Sehingga makanan kering ini cocok untuk kucing segala usia. Hal ini dikarenakan tekstur dari makanan kering ini cukup lunak dan cukup kecil. Jadi, kitten sekalipun akan mudah untuk memakannya.

Aroma dari biskuit Maxi juga sangat kuat. Kitten saya lahap memakan makanan kucing ini. Mungkin nafsu makannya meningkat karena aroma kelezatan kibble Maxi. Jadi, kalau kamu lagi pengen gemukin anak kucing atau kucing dewasa, kamu juga bisa pakai produk Maxi.

Bagaimana dengan nutrisi dari makanan kering Maxi?

Maxi premium cat food mengandung protein dan vitamin dengan kombinasi yang seimbang. Artinya, kucing akan jadi lebih sehat, lebih cepat tumbuh dan gendut. Selain itu, makanan kucing ini memiliki kandungan asam amino L-Lysine yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Komposisi dari Maxi Premium Cat Food kian sempurna dengan tambahan Yucca Schidigera. Apa itu Yucca Schidigera? Itu senyawa untuk mengurangi bau kotoran kucing. Jadi, litterbox kucing kamu tidak akan bau.

Tips menggemukkan kucing dengan makanan kucing Maxi:

  • Berikan vitamin kucing Virbac Nutri Plus Gel seminggu 3x. Tujuannya untuk meningkatkan nafsu makan kucing.
  • Beri makanan kucing Maxi sesuai kebutuhan kalori harian kucing. Dan tingkatkan secara bertahap.
  • Selingi dengan makanan basah atau snack kucing. Karena Maxi tidak punya makanan basah dan snack kucing, kamu dapat pakai makanan alternatif. Misalnya, makanan penggemuk kucing buatan sendiri dari raw food atau snack kucing dari merek lain. Intinya, lakukan variasi pemberian makanan kering dan basah agar kucing tidak bosan makan.
  • Terakhir, pastikan kucing mendapatkan surplus kalori setiap hari secara bertahap.

Mudah, bukan?

Untuk mendapatkan makanan kucing Maxi, kamu dapat membelinya di petshop terdekat. Ada kemasan kemasan pabrikan dan repack.

Harga makanan kucing Maxi kemasan pabrikan ada beberapa macam:

  • Maxi kemasan 3 kg dijual dengan harga Rp85.000.
  • Maxi kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp110.000.
  • Maxi kemasan 20 kg dijual dengan harga Rp330.000.

Harga makanan kucing Maxi kemasan repack 1kg sekitar Rp28.000.

Sebentar, kenapa makanan repack jauh lebih murah dari pada makanan pabrikan? Apakah itu makanan original? Iya, cuma dikemas ulang aja pakai kemasan murah. Untuk lebih jelasnya, saya sudah mengulasnya di artikel alasan kenapa makanan kucing repack lebih murah.

2. Whiskas

Makanan penggemuk kucing - Whiskas
Makanan kucing merek Whiskas.

Whiskas merupakan merek dagang dari produsen makanan kucing internasional, MARS, Inc, Los Angeles, California. Produk makanan kucing ini sudah eksis sejak 85 tahun yang lalu. Di Indonesia, Whiskas merupakan salah satu makanan kucing yang sangat popular. Iklan produk-produk Whiskas ada diberbagai saluran televisi. Jadi, banyak para pecinta kucing yang tahu tentang produk ini.

Whiskas memiliki banyak variasi makanan kucing, diantaranya:

  • Whiskas pouch sachet.
  • Whiskas pouch multipack.
  • Whiskas kalengan.
  • Whiskas kibble (makanan kering kucing).

Untuk rasa, Whiskas memiliki beberapa varian rasa makanan kucing, diantaranya:

  • Whiskas rasa tuna.
  • Whiskas rasa chicken meat.
  • Whiskas rasa mackerel.
  • Whiskas rasa salmon.
  • Whiskas rasa ocean fish.
  • Whiskas rasa gourmet seafood flavor.

Semua variasi makanan kucing Whiskas dapat dengan mudah kamu temukan di supermarket ataupun petshop. Selain mudah ditemukan, Whiskas menjual produk makanan kucing mereka dengan harga yang relatif murah. Dengan harga tersebut, Whiskas cukup diminati oleh pencinta kucing.

Bagaimana cara menggemukkan kucing dengan makanan kucing merek Whiskas?

Ini saya akan berbagi pengalaman saya ya.

  • Pertama, saya tentukan dulu target berat badan ideal dari si kucing.
  • Kedua, saya hitung takaran makanan kucing per hari yang tepat untuk kucing saya. Nah secara perlahan, saya tambah porsinya sedikit demi sedikit. Untuk masa penggemukan, saya pilih variasi makanan kucing untuk kitten. Saya pilih makanan basah kemasan pouch rasa tuna atau salmon. Dan kibble Whiskas khusus kitten. Menurut nilai gizi di bagian kemasan, jumlah kalori per serving lebih tinggi. Poin saya, pada tahap ini, saya ingin ngejar surplus kalori dulu.
  • Ketiga, saya rutin memberikan makanan basah di pagi dan sore hari sesuai kebutuhan nutrisi harian kucing. Pada siang hari, saya kasih makanan kering Whiskas for Kitten. Biasanya saya ajak bermain dulu sampai kucing gembira, lalu saya kasih Whiskas kibble.
  • Keempat, agar nafsu makan kucing terus terjaga, saya rutin memberikan Virbac Nutri Plus Gel atau Vita Gel. Intinya, vitamin mana yang ada di petshop. Ini penting, karena kalau nafsu makan kucing turun, kebutuhan kalori harian tidak akan tercukupi. Makanya, saya sangat disiplin memberikan vitamin.
  • Terakhir, lakukan peningkatan porsi makan secara bertahap selama 3 bulan. Pantau perkembangan berat badannya. Kalau sudah mencapai target, makanan kucing akan saya ganti ke makanan kucing dewasa yang rendah kalori tapi tinggi protein. Tujuan di sini adalah untuk meningkatkan massa otot dan tulang si kucing.

Teknik ini akan sukses jika kamu dapat disiplin dalam menerapkan pemberian makanan penggemuk kucing. Jika tidak disiplin, kucing akan kekurangan kalori & nutrisi hariannya. Jadi, sebaiknya kamu disiplin dalam memberikan takaran makan yang cukup. Ajak kucing bermain, dan selalu kasih vitamin penambah nafsu makan. Itu kuncinya!

Mungkin kamu bertanya, “Berapa harga makanan kucing Whiskas?”

  • Whiskas Dry Junior Ocean Fish 1 kg dijual dengan harga Rp60.000.
  • Whiskas Pouch Junior Tuna 85 gr 24 pcs dijual dengan harga Rp135.000. Untuk eceran, biasanya dijual seharga Rp6.700.
  • Whiskas Dry Adult 1+ kemasan 1 kg dijual dengan harga Rp75.000.
  • Whiskas Ocean Fish kalengan 400 gr dijual dengan harga Rp20.000.
  • Whiskas Pouch Adult 1+ 85 gr 1 pcs (eceran) biasanya dibanderol dengan harga RP6.700.

Jadi, dalam upaya menggemukkan kucing, saya menghabiskan Rp50.000-150.000 untuk membeli makanan kucing setiap minggunya.

Kenapa habisnya mahal? Ya, karena makanan kucing Whiskas mengandung nutrisi yang komplit, diantaranya: taurin, vitamin A, E, B1, B6, B2 , B12, Choline, Niacin, Asam Folat, mineral (kalsium, fosfor, seng, besi, tembaga, selenium, mangan). Jadi, kucing lebih cepat gendut.

3. Friskies

Makanan penggemuk kucing - Friskies
Makanan kucing merek Friskies.

Friskies merupakan merek dagang dari produsen makanan kucing Amerika, Nestlé Purina PetCare. Produk Friskies meliputi makanan basah kucing dan makanan kering kucing. Jadi, kamu dapat menemukan makanan kucing Friskies dalam kemasan pouch, kaleng maupun kiloan.

Makanan kucing Friskies memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Mengandung senyawa antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kucing.
  • Memiliki protein berkualitas tinggi yang mendukung perkembangan otot kucing.
  • Mempunyai asam lemak esensial yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan bulu.
  • Nutrisi lengkap dan seimbang untuk kitten dan kucing dewasa.

Wow, ternyata selain bisa bikin kucing gendut, Friskies juga bisa bikin kucing bulu kucing bagus.

Kenapa bisa begitu? Hal ini karena makanan kucing Friskies mengandung vitamin, mineral dan asam lemak esensial yang komplit, misalnya:

  • Mineral (zinc sulfate, ferrous sulfate, manganese sulfate, copper sulfate, calcium iodate, sodium selenite).
  • Vitamin [Vitamin E supplement, niacin (Vitamin B-3), Vitamin A supplement, calcium pantothenate (Vitamin B-5), thiamine mononitrate (Vitamin B-1), riboflavin supplement (Vitamin B-2), Vitamin B-12 supplement, pyridoxine hydrochloride (Vitamin B-6), folic acid (Vitamin B-9), Vitamin D-3 supplement, biotin (Vitamin B-7), menadione sodium bisulfite complex (Vitamin K)], Yellow 5, DL-Methionine, L-Tryptophan.
  • Asam amino esensial dari salmon meal, tuna meal, shrimp meal, dehydrated seaweed meal, taurine.

Tips menggemukkan kucing dengan Friskies:

  • Pertama, kasih makan kucing dengan makanan basah Friskies. Saya merekomendasikan Friskies Pate. Kasih makan secara teratur dan naikkan secara bertahap.
  • Kedua, kasih minyak ikan seminggu 3x. Kamu dapat membeli minyak ikan di apotik atau di petshop. Kalau kamu belum tahu cara ngasih minyak ikan ke kucing, baca panduan cara memberikan minyak ikan pada kucing ini. Saya sudah menuliskan panduan step by step dengan sangat rinci di sana. Hanya dalam 2 menit, kamu pasti jago ngasih minyak ikan ke kucing.
  • Ketiga, saat siang hari, kamu dapat memberikan makanan kering Friskies. Untuk takarannya, sesuaikan dengan berat badan kucing. Lihat takaran serving dibalik kemasan Friskies dry food. Saat sore hari, kamu bisa beri makan kucing snack Fiskies. Untuk snack nggak harus setiap hari. Saya biasanya ngasih snack saat mengajak kucing bermain. Sekaligus melatih kucing agar bisa mengikuti perintah majikannya.
  • Terakhir, lakukan pemantauan secara berkala. Timbang berat badan kucing setiap sebulan sekali. Jika berat badan mulai naik, tambahkan porsi makan kucing sedikit demi sedikit.

Dengan teknik tersebut, kurang dari 3 bulan, kucing sudah gendut dan punya bulu bagus.

Tertarik untuk mencoba Friskies? Untuk harga, makanan kucing Friskies relatif murah.

  • Friskies dry food 1 kg dijual dengan harga Rp57.000.
  • Friskies Surfin 7 kg dijual dengan harga Rp255.000.
  • Friskies Pate Chicken & Tuna Dinner dibanderol dengan harga Rp135.000.

4. Equilibrio

Makanan penggemuk kucing - Equlibrio
Makanan penggemuk kucing – Equlibrio.

Merek makanan kucing asal Brazil ini memiliki kelebihan dari sisi kecepatan pertumbuhan. Kucing kamu dijamin akan cepat gendut dan menggemaskan ketika diberi Equilibrio. Hal ini karena Equlibrio memiliki kandungan protein dan vitamin yang lengkap.

Komposisi makanan kucing Equilibrio, sebagai berikut: Dehydrated poultry, rice, maize, peas, poultry fat, wheat, maize gluten, greaves, animal protein hydrolysate, beet pulp, vegetable fibres, powered egg, chicory pulp, fish oil, brewer’s yeast, mineral salts, sodium hexametaphosphate, psyllium husk, yucca extract, mannan oligosaccharides.

Analisis nutrisi di dalam Equilibrio:

  • Crude protein: 33%.
  • Crude fat: 16%.
  • Crude fiber: 3%.
  • Crude ash: 8%.
  • Calcium: 1,3%.
  • Phosphorus: 0,9%.
  • Taurine total: 0,18%.

Nutrisi tambahan:

  • Vitamin A: 24 900 IU/kg.
  • Vitamin D3: 990 IU/kg.
  • Vitamin E: 600 mg/kg.
  • Iron: 90 mg/kg.
  • Iodine: 3,6 mg/kg.
  • Copper: 12 mg/kg.
  • Zinc: 99 mg/kg.
  • Manganese: 45 mg/kg.
  • Selenium: 0,18 mg/kg.
  • Enterococcus faecium: 1×109 cfu/kg.

Kelangkapan nutrisi yang terkandung di dalam Equilibrio, membuat kucing dapat tumbuh dengan maksimal. Daging dan otot terbentuk dengan maksimal. Dan bulu kucing akan lebat dan berkilau.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus mengkombinasikan Equilibrio dengan makanan basah dan vitamin kucing. Untuk makanan basah, saya merekomendasikan Purina Fancy Feast. Makanan basah ini punya aroma yang kuat untuk menaikkan nafsu makan si kucing. Dan untuk vitamin kucing, kamu bisa pakai minyak ikan atau Nutri Plus Gel.

Berikan Equilibrio dengan takaran yang tepat sesuai berat badan kucing. Lalu, secara perlahan naikkan porsi makan hariannya. Kurang dari 3 bulan, kucing kamu sudah gendut dan punya bulu bagus.

Apabila kamu tertarik mencoba makanan penggemuk kucing Equilibrio, kamu dapat membelinya di petshop atau marketplace online. Harga Euilibrio kemasan 1 kg sekitar Rp70.000. Untuk kemasan 7,5 kg, Equilibrio dijual seharga Rp430.000.

5. Royal Canin

Makanan penggemuk kucing - Royal Canin
Makanan penggemuk kucing – Royal Canin.

Royal Canin merupakan merek dagang dari produsen makanan kucing yang berasal dari Perancis. Merek dagang Royal Canin sudah ada sejak 1968 (53 tahun yang lalu). Kantor pusatnya berada di Aimargues, Gard, Prancis. Di mana, salah satu artis Indonesia, Raditya Dika, pernah membuat vlog saat mengunjungi kantor Royal Canin di Perancis.

Di kalangan pecinta kucing, Royal Canin adalah makanan kucing kelas premium yang terbukti memberikan banyak nutrisi bagi kucing. Banyak artis & breeder kucing yang percaya pada merek Royal Canin untuk menggemukkan kucing kesayangan mereka. Hal ini tidak terlepas dari keseriusan Jean Cathary (dokter bedah hewan) yang mengembangkan formula makanan kucing yang sehat. Jadi, kucing tidak mengalami masalah pencernaan, kulit dan bulu.

Lalu, apa saja nutrisi yang terkandung di dalam Royal Canin?

Chicken meal, corn, brewers rice, corn gluten meal, wheat, chicken fat, wheat gluten, natural flavors, brown rice, pea fiber, rice hulls, dried plain beet pulp, vegetable oil, calcium sulfate, grain distillers dried yeast, sodium silico aluminate, fish oil, potassium chloride, fructooligosaccharides, sodium pyrophosphate, psyllium seed husk, salt, DL-methionine, choline chloride, egg product, calcium carbonate, vitamins [DL-alpha tocopherol acetate (source of vitamin E), L-ascorbyl-2-polyphosphate (source of vitamin C), niacin supplement, biotin, riboflavin supplement, D-calcium pantothenate, thiamine mononitrate (vitamin B1), pyridoxine hydrochloride (vitamin B6), vitamin A acetate, vitamin B12 supplement, folic acid, vitamin D3 supplement], taurine, trace minerals [zinc oxide, zinc proteinate, ferrous sulfate, manganous oxide, manganese proteinate, copper sulfate, calcium iodate, sodium selenite, copper proteinate], L-carnitine, rosemary extract, preserved with mixed tocopherols and citric acid.

royalcanin.com

Jika kamu bingung, intinya, Royal Canin memiliki nutrisi yang sangat komplit untuk kucing. Jadi, kucing dapat tumbuh dengan sehat, gendut dan punya bulu bagus.

Untuk takaran makanan harian kucing dengan Royal Canin, kamu dapat mengikuti panduan di bawah ini:

Panduan penyajian Royal Canin untuk kucing
Tabel panduan penyajian Royal Canin untuk kucing

Khusus untuk masa penggemukan, kamu tambahkan porsi makan kucing sedikit demi sedikit setiap harinya. Untuk hasil maksimal, jangan hanya bergantung pada makanan kering saja. Kasih makanan basah Royal Canin kemasan pouch dan kalengan (pate). Selain untuk meningkatkan nafsu makan kucing, makanan basah juga akan meningkatkan penyerapan nutrisi tubuh. Jadi, kucing lebih cepat gemuk & gembul.

Catatan: Apabila kucing kamu kurus akibat opname dari klinik dokter hewan, kamu dapat memberikan Royal Canin Recovery. Makanan ini kaya akan protein dan asam lemak esensial. Sangat cepat untuk pemulihan tubuh dan penggemukan.

Terakhir, saat kamu mengkombinasikan makanan basah dan makanan kering Royal Canin, kamu tidak perlu menggunakan vitamin kucing. Karena nutrisi dari makanan basah Royal Canin sudah lebih dari cukup. Jadi, kamu bisa lebih hemat biaya vitamin bulanan untuk si kucing.

Berapa harga Royal Canin di pasaran?

  • Royal Canin Adult Persian dry food kemasan 400 gr dijual dengan harga Rp79.000.
  • Royal Canin Hair & Skin Care dry food kemasan 2 kg dijual dengan harga Rp308.000.
  • Royal Canin Kitten wet food kemasan 85 gr pouch sachet dijual dengan harga Rp18.000.
  • Royal Canin Jelly Intense Beauty kemasan 85 gr pouch sachet dijual dengan harga Rp15.500.

Royal Canin memiliki banyak variasi makanan penggemuk kucing. Untuk penggemukan, saya sarankan beli makanan khusus anak kucing dulu. Royal Canin kitten punya nilai kalori yang lebih tinggi. Jadi, cocok untuk penggemukan. Setelah kucing memiliki berat ideal, baru kamu ganti dengan makanan khusus kucing dewasa.

Mahal? Relatif. Tapi, Royal Canin telah terbukti menyehatkan dan menggemukkan kucing dengan cepat. Tidak percaya? Silakan coba sendiri selama 3 bulan. Dan lihat perubahan nyata pada kucing kesayanganmu. Pastikan selalu surplus kalori setiap hari ya. Good luck!

6. Purina Pro Plan

Makanan penggemuk kucing - Purina Pro Plan
Makanan penggemuk kucing – Purina Pro Plan.

Pro Plan merupakan merek dagang dari perusahaan makanan kucing Nestle Purina Petcare, U.S. Pro Plan adalah produk makanan kucing import dari Amerika yang memiliki komposisi protein, asam lemak esensial dan nutrisi yang tinggi. Tidak heran, jika makanan kucing Pro Plan jadi pilihan banyak orang untuk menggemukkan kucing.

Lalu, apa komposisi dari makanan kucing Pro Plan?

Chicken (dehydrated chicken, chicken); whole grain wheat; corn protein; animal fat preserved with mixed-tocopherols (form of vitamin E); dehydrated fish; minerals, vitamins, amino acids, organic acids and natural flavours (including calcium, phosphorous, sodium, chloride, potassium, magnesium, manganese, copper, zinc, iron, iodine, selenium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, folic acid, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, choline, pyrophosphates, arginine, beta-carotene); chicory; legume protein; fish and/or vegetable oils; oats and barley; natural antioxidants.

purina.com

Pro Plan memiliki komposisi protein, mineral dan vitamin yang bagus. Artinya, kucing kamu akan gendut dengan cepat. Di sisi lain, karena ada asam amino esensial, bulu kucing akan lebat dan mengkilat. Sehingga, terlihat sehat & berkilau.

Khusus untuk masa penggemukan kucing, kamu dapat memberikan makanan basah Pro Plan dengan porsi lebih banyak daripada dry food. Wet food Pro Plan memiliki aroma penggugah nafsu makan yang kuat sehingga Pro Plan dapat membangkitkan nafsu makan kucing. Kucing akan sangat lahap menyantap makanan yang kamu berikan.

Saya pernah mencoba makanan kucing Pro Plan untuk penggemukan. Kucing saya sangat menyukainya. Makanan kucing ini bikin gemuk dan bulu bagus.

Untuk masalah harga, makanan kucing Purina Pro Plan, dibanderol dengan harga relatif murah.

  • Pro Plan dry food kemasan 500 gr dijual dengan harga Rp50.000.
  • Pro Plan Adult Chicken Optirenal kemasan repack 1 kg dijual dengan harga Rp89.000.
  • Pro Plan Salmon kemasan 7 kg dibanderol dengan harga Rp665.000.
  • Pro Plan Kitten Chicken in Jelly kemasan pouch 85 gr dijual dengan harga Rp13.500.

Jika kamu ingin menggemukkan kucing dengan cepat, pastikan memberi makanan basah Pro Plan lebih banyak. Karena daya serap nutrisi makanan basah jauh lebih cepat daripada makanan kering.

7. Hill’s Science Diet

Makanan penggemuk kucing - Hill's Science Diet
Makanan penggemuk kucing – Hill’s Science Diet.

Hill’s Science Diet merupakan merek makanan kucing dari perusahaan Hill’s Pet Nutrition, Inc. Merek makanan kucing premium ini memang tidak terlalu popular di Indonesia. Karena agen marketing Hill’s Science Diet di wilayah Indonesia belum melakukan iklan besar-besaran di televisi.

Biarpun, belum begitu popular di masyarakat, Hill’s Science Diet telah memiliki reputasi yang bagus di kalangan breeder kucing profesional. Mutu, kualitas, nutrisi, kemasan, semua berada di level premium. Maka dari itu, saya merekomendasikan Hill’s Science Diet pada daftar makanan penggemuk kucing di artikel ini.

Kelebihan Hill’s Science Diet:

  1. Hill’s Science Diet mempunyai senyawa L-Carnitine yang bagus untuk mempercepat penggemukan dan menjaga massa otot kucing. Artinya, kucing akan gemuk dengan tubuh langsing & proporsional bukan tertimbun lemak.
  2. Hill’s Science Diet mengandung banyak serat alami yang membantu mengurangi permasalahan hairball pada kucing.
  3. Makanan kucing Hill’s Science Diet terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga saluran pencernaan kucing akan sangat sehat. Dan kotoran kucing mudah dibersihkan.

Khusus untuk tahap penggemukan kucing, kamu dapat memakai produk:

  • Hill’s Science Diet kemasan pouch 85 gr.
  • Hill’s Science Diet Liver & Chicken Entrée kemasan kaleng.
  • Hill’s Science Diet dry food kemasan 1 kg.

Kombinasi ketiga variasi makanan penggemuk kucing ini sangat powerfull untuk membuat kucing gendut. Pertama, kamu kasih dulu makanan Liver Chicken Entrée, buat menaikkan nafsu makan kucing. Setelah nafsu makan kucing tinggi, kamu bisa selang-seling makanan dry food dan wet food kemasan pouch. Terakhir, tingkatkan porsi makanan kucing secara bertahap sampai kucing mencapai berat badan yang ideal.

Karena makanan kucing Hill’s Science Diet termasuk makanan kucing import, maka harganya relatif mahal.

  • Hill’s Science Diet Adult dry food kemasan 1,5 kg dijual dengan harga Rp216.000.
  • Hill’s Science Diet wet food Liver & Chicken Entre kemasan kaleng 156 gr dijual dengan harga Rp41.000.
  • Hill’s Science Diet kemasan pouch 85 gr dijual dengan harga Rp16.000.

Biarpun relatif sedikit mahal, tapi saya berani jamin, Hill’s Science Diet akan membuat kucing kamu tambah sehat dan gendut. Jika kamu menaikkan porsi makan kucing dengan Hill’s Science Diet secara teratur, kucing akan gendut dalam waktu kurang dari 3 bulan. Menurut pengalaman saya, pemilik kucing perlu merogoh kocek agak dalam jika beralih ke makanan kucing Hill’s Science Diet. Karena kucing akan ketagihan dan kamu juga akan menjadi kagum dengan perubahan pada kucing kesayanganmu.

8. Orijen

Makanan penggemuk kucing - Orijen Cat
Makanan penggemuk kucing – Orijen Cat.

Orijen merupakan merek makanan kucing premium yang dari Alberta, Kanada. Makanan kucing Orijen berada di bawah bendera Pet Food, Inc. Pendiri dari pabrik makanan kucing Orijen adalah Reinhard Muhlenfeld.

Reinhard mengembangkan merek dagang Orijen dengan sangat baik. Di dalam negeri dan luar negeri, Orijen tetap menjadi merek makanan kucing premium. Para penggemar Orijen tahu, bahwa Reinhard menjaga formula komposisi makanan kucing Orijen dengan baik.

Sekita 85% komposisi makanan kering Orijen terbuat dari daging unggas dan ikan. Meaty banget kan? Sebagian besar komposisi makanan kucing didominasi oleh daging. Yummy, kucing kamu yang notabene karnivora sejati pasti sangat lahap memakannya.

Makanan kucing Orijen jauh berbeda dengan makanan kucing lain yang mengutamakan sumber nabati sebagai nutrisi. Orijen memformulasikan resep makanannya khusus untuk memenuhi nutrisi kucing, sebagai hewan karnivora.

Beberapa breeder kucing ras kontes rela merogoh kocek agak dalam untuk menggemukkan kucing kesayangannya dengan Orijen. Emang seberapa mahal harga makanan kucing Orijen? Bayangkan ya, harga makanan kering kucing Orijen dijual seharga Rp1.365.000 untuk kemasan 5,4 kg.

Jangan berhenti membaca hanya karena harga makanan kucing ini selangit. Orijen akan bikin kucing kamu cepat gendut dan bikin bulu bagus. Hal ini karena Orijen termasuk makanan kucing grain free. Artinya, kucing kamu tidak akan mengalami permasalahan saluran pencernaan. Dengan begitu, daya serap nutrisi di usus kucing akan sangat tinggi. Sehingga kucing cepat menjadi gemuk.

9. Wellness

Makanan penggemuk kucing - Wellness
Makanan penggemuk kucing – Wellness.

Masih tersisa 2 merek makanan penggemuk kucing lagi. Ada Wellness & Taste of The Wild. Kedua makanan ini adalah makanan kucing premium yang menempati kasta tertinggi di dunia makanan kucing. Hehe. Yuk, kita bahas merek makanan kucing Wellness terlebih dulu.

Wellness merupakan merek makanan kucing dari perusahaan WellPet, LLC. Perusahaan WellPet memiliki markas besar di Tewksbury, Massachusetts, Amerika Serikat. Dari sini sudah jelas ya, bahwa merek makanan kucing Wellness adalah produk import.

Variasi makanan penggemuk kucing merek Wellness yang saya rekomendasikan adalah Wellness Core. Wellness Core adalah makanan kucing grain free yang memiliki kaya akan nutrisi. Bahan baku makanan kucing Wellness Core adalah kalkun, ayam, whitefish, herring, & minyak salmon. Wellness Core juga kaya akan antioksidan, probiotik, vitamin & mineral. Jadi, Wellness Core benar-benar merupakan makanan untuk karnivora sejati. Tidak ada filler biji-bijian, semua berasal dari sumber hewani.

Jika kamu ingin menggemukkan kucing dengan produk Wellness, kami merekomendasikan tiga variasi makanan kucing ini:

  • Wellness Gravies. Makanan basah kucing merek Wellness dalam kemasan pouch 85 gr.
  • Wellness Core Grain Free. Makanan kering kucing merek Wellness dalam kemasan kiloan.
  • Wellness Pate Grain Free. Makanan basah kucing merek Wellness yang dikemas dalam kemasan kaleng.

Untuk memancing nafsu makan kucing, kamu kasih dulu Wellness Gravies. Kamu bisa memberikan Wellness Gravies pagi dan malam. Pastikan kebutuhan kalori harian tercukupi dengan Wellness Gravies.

Untuk siang hari, kamu kasih Wellness Core 30-50 gr, sebagai makan siang. Secara bertahap tingkatkan porsi Wellness Core, secara perlahan. Agar nafsu makan kucing tetap tinggi, setiap seminggu sekali kasih Wellness Pate kalengan. Bisa untuk 2-4x makan. Variasi makanan penggemuk kucing Wellness sangat bagus untuk kucing. Kucing akan sehat dan kucing akan makan dengan sangat lahap. Menurut beberapa pecinta kucing, proses penggemukan kucing dengan makanan kucing Wellness sangat cepat. Tapi, kamu butuh modal yang lumayan banyak.

Emang berapa harga makanan kucing Wellness?

  • Wellness Gravies in jelly kemasan pouch 85 gr dijual dengan harga Rp18.000.
  • Wellness Core Grain Free dry food kemasan 2,2 kg dijual dengan harga Rp598.000.
  • Wellness Pate wet food kemasan kaleng dijual dengan harga Rp37.000.

Jika kamu ingin kucing kamu gendut, sehat dan punya bulu bagus, cobaan makanan penggemuk kucing Wellness. Kualitas terjamin, nutrisi terjamin. Recommended!

10. Taste of The Wild

Makanan penggemuk kucing - Taste of The Wild
Makanan penggemuk kucing – Taste of The Wild.

Taste of The Wild merupakan makanan penggemuk kucing yang bersumber pada bahan baku hewani (grain free). Di kalangan para breeder, Taste of The Wild merupakan makanan kucing grain free yang popular. Kualitas, nutrisi dan kemasannya sangat premium. Dan efek pemberian makanan kucing bisa langsung terlihat sejak satu bulan pertama. Kucing jadi makin sehat, bulu bagus dan mulai kelihatan gemuk.

Kelebihan makanan kucing Taste of Wild:

  • Bahan baku makanan kucing Taste of Wild adalah daging.
  • Kaya akan probiotik.
  • Grain free.
  • Inexpensive.

Taste of The Wild memiliki banyak varian, salah satu yang paling popular adalah Rocky Mountain Felin Venison & Salmon. Sumpah, ini nama makanan kucing sulit banget dilafalin. Hehe.

Makanan kucing terbuat dari daging rusa panggang dan salmon panggang. Wow, yummy. Karena terbuat dari bahan premium, maka aroma Taste of The Wild sangat menggoda bagi kucing. Saya jamin, kucing kamu akan makan dengan lahap dan ketagihan dengan rasa makanan Taste of The Wild.

Karena Taste of The Wild termasuk makanan grain free, kamu tidak perlu takut kucing mengalami masalah pencernaan. Biarpun kamu kasih makan banyak kucing akan terus tumbuh gendut dan gembul. Nggak ada efek samping permasalahan pencernaan. Selain itu, karena makanan kucing Taste of The Wild terbuat dari sumber hewani, kucing akan mendapatkan asupan protein terbaik. Protein akan kucing pakai untuk memperbesar massa otot dan menaikkan berat badan.

Tertarik untuk mencoba makanan penggemuk kucing Taste of The Wild? Taste Of The Wild Rocky Mountain Feline kemasan 2,27 kg dijual dengan harga Rp260.000. Kamu dapat mengkombinasikan makanan kucing Taste of The Wild dan vitamin kucing Virbac Nutri Gel Plus. Kombinasi makanan penggemuk dan vitamin kucing akan memiliki dampak positif untuk proses menaikkan berat badan kucing.

Pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca

Berikut ini beberapa pertanyaan tentang topik makanan penggemuk kucing yang sering ditanyakan pembaca. Apabila pertanyaanmu belum terjawab di sini, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

1. Kucing saya makannya banyak tapi kenapa tetap kurus?

Ada tiga hal mendasar yang menjadi kunci kucing cepat gendut.

  • Pertama, nutrisi harian tercukupi.
  • Kedua, kesehatan kucing terjaga dengan baik.
  • Ketiga, kucing selalu bahagia (less stress).

Dari kasus ini, kamu sudah memaparkan bahwa kucing kamu sudah makan banyak tapi tetap kurus. Sekarang, kamu perlu melakukan pengecekan kesehatannya.

  • Apakah kucing kamu cacingan?
  • Apakah kucing kamu terserang penyakit hipertiroidisme?
  • Apakah kucing kamu sangat aktif?
  • Apakah kucing kamu terserang radang usus?
  • Apakah makanan kucing kamu dimakan kucing lain tanpa kamu sadari?

Semua hal tersebut harus kamu pastikan terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel penyebab kucing makan banyak tapi tetap kucing. Di sana, saya sudah mengulas dengan gamblang terkait faktor-faktor penyebab dan solusinya.

Kenapa ini penting untuk kamu tahu? Karena, secara hukum sains, apabila kucing mendapatkan surplus kalori & nutrisi, kucing akan naik berat badannya secara bertahap. Tinggal kamu buat kucing tetap sehat dan tidak stres aja. Dan boom! Kucing kamu akan gendut dan punya bulu bagus.

2. Apakah bisa menggemukkan kucing dengan cara memberi susu penggemuk kucing?

Jujur ya, susu penggemuk kucing itu hanya untuk anak kucing. Di mana, anak kucing masih memiliki enzim laktosa untuk mencerna susu. Jadi, kalau kamu memberikan susu penggemuk kucing pada kucing dewasa, itu nggak ngefek sama sekali. Kalau sistem pencernaan kucing tidak dapat mencerna susu penggemuk kucing, kucing akan terserang diare. Kasus ini dinamakan intoleransi laktosa pada kucing.

Sedikit cerita tentang pengalaman saya menggemukkan anak kucing. Saat anak kucing berusia kurang dari 2 bulan, anak kucing masih menyusu keinduknya dan saya kasih tambahan asupan susu kucing pabrikan. Untuk merek yang saya pakai, silakan baca artikel rekomendasi susu kucing.

Singkat kata, kucing tumbuh lebih cepat, gendut dan gemesin. Tapi, setelah anak kucing doyan makanan basah dia tidak lagi mau minum susu penggemuk kucing. Biarpun saya kasih dot, si kucing sudah nolak dan memberontak. Akhirnya, karena si kucing sudah nggak mau lagi, saya hentikan. Kesimpulannya, susu penggemuk kucing sangat disukai anak kucing yang belum doyan makan makanan basah. Jika dia sudah doyan makan makanan basah kucing sudah tidak mau lagi minum susu. Karena makanan basah lebih membuat cepat kenyang dan lebih lezat.

3. Bagaimana cara menggemukkan kucing dengan modal kecil?

Ini pertanyaan banyak pemilik kucing pemula. Sejujurnya, untuk menggemukkan kucing kamu hanya perlu melakukan 3 hal:

  • Bikin kucing sehat.
  • Bikin kucing makan dalam jumlah yang cukup dengan makanan bernutrisi tinggi (surplus kalori & nutrisi).
  • Jaga kucing agar terhindar dari stres.

Jika kamu punya modal besar, tinggal beli makanan kucing premium. Tapi, kalau modalnya kecil gimana?

  • Pertama, untuk menekan biaya, pelajari teknik membuat makanan penggemuk kucing buatan sendiri. Pastikan, kamu buat dari daging yang berkualitas. Hindari menambahkan protein dari sumber nabati, misalnya tempe.
  • Kedua, rutin kasih minyak ikan setiap dua hari sekali. Tujuannya agar nafsu makan kucing selalu tinggi. Jadi, kucing akan lahap makan makanan olahan yang kamu buat. Jika kamu bingung dalam memilih minyak ikan yang tepat, silakan baca artikel rekomendasi minyak ikan untuk kucing.
  • Ketiga, snack kucing atau makanan kering untuk cemilan sebelum makan besar. Tujuannya agar kucing tidak stres. Kamu bisa memberikan snack kucing atau makanan kering sambil bermain.

Biaya menggemukkan kucing dengan modal kecil sekitar Rp25.000-50.000 per minggu.

Kesimpulan

Kunci untuk membuat kucing cepat gendut adalah memilihkan makanan penggemuk kucing yang tepat. Kamu dapat memakai makanan kucing buatan sendiri, makanan pabrikan dan vitamin kucing. Pastikan takaran makanan kucing yang kamu berikan selalu surplus kalori & nutrisi. Dengan peningkatan pemberian makanan penggemuk kucing secara bertahap, kucing akan maksimal dalam menyerap semua nutrisi. Alhasil, kucing akan tumbuh sehat, gendut dan punya bulu bagus.

Langkah selanjutnya agar proses penggemukan kucing optimal adalah jaga kesehatan kucing dan jaga stres level kucing. Karena saat kucing sakit dan stres, berat badan kucing pasti menurun. Karena stres pada kucing dapat mempengaruhi nafsu makan, metabolisme dan penyerapan nutrisi di tubuh kucing. Terakhir, rutin kasih obat cacing dan obat kutu untuk mencegah penyakit di masa mendatang.

Baca lebih lanjut: 15 rekomendasi makanan untuk kucing menyusui »