Home » Info Kucing » Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol?

Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol?

Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan segar yang mudah didapatkan saat belanja. Tidak hanya manusia yang menyukai ikan ini, kucing persia pun juga menyukainya. Terbukti setiap kali saya pulang dari belanja dan membawa ikan tongkol, mereka selalu menghampiri dan seolah memberi kode minta makan.

Lalu, bolehkah kucing persia makan ikan tongkol? boleh banget, tapi harus dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu sering. Jangan memberikan ikan tongkol utuh kepada kucing persia Anda. Ikan tongkol lebih baik dipisahkan terlebih dahulu antara tulang dan dagingnya, lalu dibersihkan. Boleh diberikan dalam kondisi segar ataupun matang (dikukus/direbus tanpa bumbu). Khusus untuk daging ikan, saya merekomendasikan untuk dikukus atau direbus terlebih dahulu.

Kenapa daging ikan tongkol lebih baik dimasak (dikukus/direbus) terlebih dahulu?

Pertanyaan yang bagus!

Saya sangat gemar memberi makan kucing persia saya dengan daging ayam mentah (kadang-kadang), namun khusus daging ikan saya memilih untuk memasaknya terlebih dahulu, safety first. Menurut literatur daging ikan tongkol mentah mengandung enzim yang dapat memecah Vitamin B1 (tiamin).

Lalu, apa fungsi vitamin B1(tiamin) pada kucing persia?

Kucing yang kekurangan tiamin akan mengalami gangguan defisiensi tiamin, yaitu anoreksia, kehilangan koordinasi gerak, gangguan vestibular, agresi, dan kejang. Gangguan ini tercipta karena kucing persia mengkonsumsi ikan mentah secara terus-menurus dalam jumlah banyak.

Kondisi ini akan berakibat buruk pada perilaku dan tumbuh kembang kucing persia Anda.

Solusinya bagaimana?

Ya, solusinya cukup sederhana. Anda harus merebus atau mengkukus terlebih dahulu daging ikan tongkol yang ingin Anda berikan kepada kucing persia Anda.

Ada 2 Manfaat Merebus/Mengkukus Daging Ikan Tongkol

  1. Daging ikan tongkol yang dimasak pada suhu diatas 37 derajat celcius akan menonaktifkan enzim pemecah vitamin B1(tiamin), sehingga defisiensi tiamin dapat dicegah.
  2. Ikan tongkol segar biasanya selalu pembawa parasit jahat untuk kucing, bisa melalui daging, kulit, ataupun lendirnya. Parasit ini dapat dimatikan dengan cara memasak daging ikan tongkol terlebih dahulu.

Baca juga: nama kucing paling popular tahun 2019, koleksi namanya lengkap loh, ada ide nama kucing dalam bahasa jepang, korean, mandarin, inggris dan indonesia.

Cara Menyajikan Ikan Tongkol Untuk Kucing Persia

Jika ini pertama kalinya Anda memberi makan ikan tongkol untuk kucing persia Anda. Ada dapat mengikuti beberapa panduan berikut ini:

  1. Bersihkan terlebih dahulu ikan tongkol yang ingin diberikan kepada kucing persia
  2. Sayat dan pisahkan antara daging ikan dan tulang ikan. Hanya berikan daging ikan tongkolnya saja. Untuk keamanan Anda perlu juga mencabut tulang-tulang kecil yang masih tersisa didalam daging ikan dengan pinset. Tulang ikan dapat merusak dan menyumbat tenggorokan atau saluran pencernaan kucing persia kesayangan Anda.
  3. Potong daging ikan tongkol dengan ukuran kecil, sesuaikan dengan besar/kecilnya kucing persia Anda.
  4. Mulailah memasak (boleh direbus/dikukus)
  5. Setelah matang, tiriskan sebentar sampai dingin
  6. Anda sudah boleh memberikan daging ikan tongkol untuk makanan kucing persia Anda.

Harap selalu di ingat, jangan melakukan ini terlalu sering. Nutrisi dari daging ikan tongkol kurang memenuhi nutrisi yang dianjurkan para ahli kucing. Kucing yang kekurangan nutrisi yang diakibatkan oleh makanan, dapat menghambat tumbuh kembang dan kesehatan bulunya.

Baca juga: Panduan vaksinasi kucing untuk pemula, disana terdapat ulasan tentang semua hal yang perlu Anda tahu tentang vaksinasi kucing.

Nilai Nutrisi dari Ikan Tongkol Untuk Kucing Persia

Ikan tongkol sebenarnya tidak memiliki komposisi nutrisi yang bagus untuk perkembangan kucing. Ya…hanya seperti makanan sampingan untuk variasi saja. Didalam daging ikan tongkol terdapat protein, kolesterol, kalium, zat besi, mangan, sodium, zink, tiamin, riboflavin, vitamin A, dan E,

Kucing persia sangat memerlukan taurine untuk menjadikannya sehat dan bagus. Zat itu tidak ada dalam ikan tongkol. Anda dapat mendapatkan nutrisi tersebut dengan membeli makanan kucing persia yang telah diformulasikan khusus oleh ahli hewan terkemuka.

Oh iya, sebenarnya ikan tongkol merupakan hewan predator laut. Dimana dia adalah pemangsa ikan-ikan kecil. Saat Anda memiliki ikan tongkol yang ingin dijadikan makanan kucing persia. Anda amati terlebih dahulu, apakah ada tanda-tanda ikan tongkol tersebut terkontaminasi logam berat.

Logam berat adalah senyawa logam hasil sisa dari industri logam/kimia yang mencemari lingkungan air. Di pesisir laut, khususnya yang dekat dengan pabrik. Banyak ikan-ikan kecil yang telah teracuni oleh logam berat merkuri.

Saat ikan ini dimakan oleh ikan tongkol, ikan predatorpun juga menyimpan senyawa logam berat ini. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam menilai ikan tongkol yang sehat dan tidak terkontaminasi logam berat. Perhatikan tingkat kesegaran, aroma, dan kekenyalan daging ikannya.

Tips Memilih Daging Ikan Tongkol Segar Untuk Pemula

  • Pilihlah ikan yang memiliki mata jernih. Hal ini menunjukkan bahwa ikan masih dalam kondisi sehat dan tidak sedang sakit atau terkontaminasi.
  • Periksalah kekenyalan ikan dengan cara menekan badannya. Ikan segar dan bagus akan memiliki kekenyalan yang baik. Jadi setelah daging ikan ditekan, daging itu akan langsung kembali ke kondisinya semula.
  • Lihat dengan cermat bagian insang ikan. Anda harus memilik ikan tongkol yang insangnya masih berwarna merah darah. Hal ini menunjukan bahwa ikan ini masih segar dan baru dibongkar dari hasil tangkapan.
  • Terakhir, cium aroma yang dikeluarkan oleh ikan. Jangan pernah beli ikan yang memiliki bau busuk dan aroma menyengat.
  • Seringlah ke pasar untuk belanja dan praktek dengan tekun.

Baca juga: Panduan lengkap cara mudah membasmi kutu kucing beserta telurnya, Cek aja, ada teknik-teknik pembersihan kutu sampai kesarang-sarangnya.

15 Makanan Manusia yang Sehat dan Kucing Persia Boleh Memakannya

Pada saat awal pertama kali memelihara kucing persia, saya sering bingung. Makanan mana saja yang boleh saya berikan untuk kucing persia kesayangan saya. Saya takut kucing persia saya diare, keracunan makanan dan mengalami gangguan pencernaan. Namun dengan adanya 15 daftar makanan ini, kekhawatiran itu sekarang telah hilang. Berikut ini 15 daftar makanan yang aman untuk dikonsumsi kucing persia:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi, omega-3 dan asam lemak yang baik bagi manusia dan aman untuk dikonsumsi oleh kucing persia Anda. Sebelum memberikan daging ikan salmon, sebaiknya Anda pisahkan terlebih dahulu daging dan tulang ikannya. Hanya berikan daging yang sudah bersih dari tulang-tulang ikan. Anda dapat menggunakan pinset untuk mencabutinya.

2. Bayam

Bayam merupakan tanaman sayur yang mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin A, C, dan K. Bayam juga mengandung zat besi dan kalsium. Namun, untuk kucing yang menderita batu kandung kemih. Bayam dapat memicu kalsium oksalat. kalsium oksalat ini adalah salah satu bahan pembentuk batu kandung kemih. Jadi, Anda harus lebih bijak.

3. Minyak Ikan

Minyak ikan aman dikonsumsi oleh kucing persia. Minyak ikan akan memberi supplement dengan omega-3 dan fatty acid yang akan meningkatkan kesehatan kucing persia Anda. Anda dapat memberikan minyak ikan dengan cara meneteskannya ke lidah kucing persia Anda. Jika kucing persia Anda tidak mau menjulurkan lidahnya, Anda dapat membuka mulutnya dan diteteskan secara perlahan.

4. Telur Ayam

Telur ayam mengandung banyak protein dan vitamin B. Putih telur maupun kuning telur aman untuk diberikan kepada kucing persia. Namun, jangan memberikannya dalam keadaan mentah. Telur mentah sering dihinggapi bakteri salmonella. Nanti kucing Anda sangat mudah terinfeksi. Jadi lebih baik, jika Anda ingin memberi makan telur, Anda harus terlebih dahulu merebusnya.

5. Cantaloupe/Blewah

Blewah mengandung antioksidan tinggi dan beta karoten. Sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata. Blewah adalah salah satu dari beberapa buah yang aman apabila dikonsumsi oleh kucing persia.

6. Daging Ayam

Daging ayam tanpa lemak bisa Anda jadikan makanan kucing persia yang yummy. Selain mengandung banyak protein, daging ayam juga mudah didapatkan.

7. Pisang

Pisang memiliki kandungan pottasium dan serat yang tinggi. Anda dapat menjadikan pisang sebagai snack kucing persia yang berkualiatas. Silakan lihat beberapa tutorial di youtube terkait cara membuat snack kucing sendiri.

8. Outmeal

Outmeal boleh anda berikan untuk kucing persia Anda. Kompisisi bahan yang kaya akan nutrisi dan rendah karbohidrat jahat. Outmeal juga praktis jika ingin disajikan sebagai scank kucing.

9. Labu

Labu memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga cocok untuk makanan diet kucing persia Anda. Labu sangat aman untuk dikonsumsi manusia dan diperbolehkan diberikan kepada kucing persia.

10. Keju

Bukan hanya manusia, kucing juga ada yang tertarik dengan makanan satu ini. Keju memiliki aroma yang menggoda dan rasa gurih yang spesial. Jika kucing persia Anda mau, Anda dapat memberikan keju swiss, keju cheddar, keju gouda dalam potongan kecil untuk campuran snack kucing Anda.

11. Roti

Roti sebagai sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh. Ini juga termasuk makanan yang aman untuk Anda berikan kepada kucing persia tanpa takut keracunan makanan. Namun, ada hal yang perlu Anda ingat, jangan memberikan roti kadaluarsa, bakteri dari roti kadaluarsa dapat membuat kucing Anda mengalami muntah dan gangguan pencernaan.

12. Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin yang melimpah. Sangat aman untuk dikonsumsi manusia dan boleh juga untuk diberikan kepada kucing persia dalam jumlah yang terbatas. Vitamin dari apel dapat menjadi suplemen untuk kesehatan kucing persia.

13. Blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin A dan C yang sangat melimpah. Selain segar dan enak blueberry juga menjadi favorit kucing persia. Silakan mencobanya sendiri dirumah Anda.

14. Kacang Polong

Sayuran ini sangat segar dan memiliki banyak khasiat untuk manusia. ternyata sayuran ini juga aman untuk diberikan kepada kucing persia. Jika kucing persia Anda suka, kacang polong dapat menjadi suplemen vitamin bagi kesehatan kucing Anda.

15. Daging kalkun

Daging kalkun memiliki nilai protein yang tinggi. Namun Anda harus memilih daging tanpa lemak, jika Anda ingin memberikannya untuk kucing Anda.Menu dengan protein tinggi, rendah karbohidrat dan sedikit lemak baik adalah komposisi diet kucing yang cocok untuk menu kucing persia.

Baca juga: Cara mudah menghilangkan bau kencing kucing yang masih segar ataupun yang sudah kering: sudah saya coba, tekniknya PATEN.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memiliki kucing persia yang sehat dan cantik, kajian tentang nutrisi kucing harus Anda perhatikan dengan baik. Sekarang kita tahu bahwa ikan tongkol boleh dimakan oleh kucing persia namun harus dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan enzim pemecah vitamin B(tiamn). Selain Anda mencoba memberi makan ikan tongkol. Sekarang Anda juga tahu beberapa makanan manusia yang aman untuk kucing persia Anda.

Tinggalkan komentar