Home » Info kucing » 10 manfaat minyak ikan untuk kesehatan kucing

10 manfaat minyak ikan untuk kesehatan kucing

| | Category

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan suplemen tambahan untuk kesehatannya. Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah minyak ikan. Saya rutin memberikan minyak ikan ini untuk kucing-kucing kesayangan di rumah. Memangnya, apa sih manfaat minyak ikan untuk kesehatan kucing? Banyak! Minyak ikan mengandung asam lemak esensial Omega-3 (EPA, DHA) yang kaya manfaat. Mulai dari mencegah alergi, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan bulu, sampai membantu perkembangan otak si kucing. Minyak ikan ini harus diberikan dengan dosis yang tepat supaya khasiatnya efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan penting dalam minyak ikan

Bukan tanpa sebab mengapa minyak ikan disarankan sebagai suplemen tambahan bagi kucing. Ada kandungan baik di dalam minyak ikan, yaitu asam lemak esensial Omega-3 (EPA, DHA). Sesuai dengan namanya, minyak ini diekstrak dari ikan pilihan. Ikan yang paling sering digunakan adalah black cod, salmon, hiu, mackarel, sarden, dan tuna albacore.

Kenapa kucing membutuhkan asupan tambahan Omega-3 ini? Dilansir dari website Tri Daya Varuna, tubuh kucing tidak mampu menghasilkan asam lemak esensial dalam jumlah yang cukup. Padahal, Omega-3 berperan penting dalam proses metabolisme tubuh kucing serta penyerapan nutrisi. Makanya, kucing membutuhkan asupan tambahan dari sumber lain supaya kebutuhan asam lemak esensialnya terpenuhi.

10 manfaat baik minyak ikan untuk kucing

Dengan adanya kandungan Omega-3 (EPA, DHA), maka minyak ikan sangat bermanfaat untuk kucing. Beberapa manfaat dari minyak ikan ini sudah saya lihat efeknya pada kucing-kucing di rumah. Tentunya dengan pemberian rutin dan dosis yang tepat, ya. Apa saja manfaatnya? Yuk, disimak 10 manfaat baik minyak ikan untuk kucing berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung kucing

Jantung adalah organ penting bagi kucing sehingga kesehatannya perlu selalu dijaga. Rasanya sangat tidak menyenangkan lho kalau harus kehilangan kucing kesayangan karena penyakit jantung. Saya pernah mengalaminya satu kali dan masih menimbulkan trauma tersendiri. Sejak itu, kucing-kucing saya yang lain sangat saya perhatikan kesehatan jantungnya. Salah satu caranya dengan rutin memberikan minyak ikan. Minyak ikan dipercaya mampu mencegah timbulnya masalah ritme jantung yang tidak teratur (fibrilasi atrium). Minyak ikan juga bisa berfungsi sebagai anti-koagulan yang mencegah penggumpalan darah dan plak pada pembuluh darah jantung si kucing.

Terus membaca: Cara memberikan minyak ikan pada kucing dengan benar »

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan Omega-3 pada minyak ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan kucing. Selain itu, pada beberapa produk minyak ikan ada juga kandungan Omega-6, vitamin A, serta vitamin D. Semuanya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Rutin mengonsumsi minyak ikan akan membuat kucing tidak mudah sakit dan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit.

3. Menjaga nafsu makan kucing agar tetap stabil

Kucing kamu kehilangan nafsu makan? Atau, kamu takut kucingmu tiba-tiba kehilangan nafsu makan? Coba berikan minyak ikan. Saya pernah mencoba cara ini dan berhasil. Kandungan dalam minyak ikan sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan si kucing dan menjaganya agar tetap stabil. Kucing saya yang tadinya ogah-ogahan makan akhirnya kembali mau makan dengan porsi normal.

4. Memperkuat sendi

Kucing adalah hewan yang sangat aktif. Ia sangat senang berlari, melompat, dan memanjat. Aktivitas ini dilakukan dengan mengandalkan kekuatan sendi si kucing. Padahal tidak jarang nyeri akibat radang sendi terjadi pada kucing. Terutama yang memiliki postur besar atau kucing yang sudah memasuki usia senior. Animal Medical Center di Chicago mengungkapkan bahwa minyak ikan bisa membantu mengatasi permasalahan sendi ini. Minyak ikan mampu menurunkan produksi prostaglandin. Prostaglandin yang berlebihan biasanya menjadi pemicu munculnya peradangan pada persendian kucing. Jadi, kamu bisa mencegah munculnya masalah persendian ini dengan rutin memberikan minyak ikan. Bagaimana kalau sendinya memang sudah bermasalah? Tenang! Minyak ikan juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengatasi masalah radang pada sendi kucing. Minyak ikan bisa membantu mengurangi bengkak, kaku, dan rasa nyeri pada persendian.

5. Menjaga kesehatan kulit kucing

Apakah kamu pernah melihat kucing dengan kondisi kulit kering, mengelupas, bersisik, berketombe, jamuran, atau gatal di beberapa bagian? Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan Omega-3. Kucing memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi kalau tidak dirawat dan tidak diberi nutrisi yang cukup. Minyak ikan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pada kulit seperti ini. Cukup dengan pemberian rutin sesuai dosis, maka kulit kucingmu bisa selalu terjaga kesehatannya. Begitu juga untuk pemulihan kondisi kulit kucing yang memang sudah bermasalah.

6. Merawat keindahan bulu kucing

Kucing yang kekurangan asam lemak Omega-3 cenderung mengalami masalah dengan bulunya. Mulai dari bulu kusam hingga kerontokan yang parah. Minyak ikan sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah kesehatan bulu kucing. Khasiat minyak ikan untuk menjaga kesehatan bulu kucing tidak perlu diragukan lagi. Kucing-kucing saya pernah mengalami kerontokan bulu yang lumayan parah. Namun, setelah rutin diberikan minyak ikan kondisi bulunya kembali membaik. Malahan, bulu si kucing menjadi lebih lembut dan mengkilap kalau dibandingkan dengan sebelum mengonsumsi minyak ikan. Kucing saya yang biasanya sering muntah karena hairball juga mulai membaik kondisinya karena mengonsumsi minyak ikan.

7. Meningkatkan kolesterol baik

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik untuk kucing. Apalagi kalau itu adalah kolesterol jahat (LDL). Ini bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain yang lebih parah, misalnya seperti penyakit jantung. Pemberian minyak ikan secara teratur pada kucing akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuhnya.

8. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tidak hanya manusia, kucing juga bisa terserang kanker, lho. Pasti sedih sekali kalau kucing kesayangan sampai mengidap kanker. Jangan sampai, ya. Nah, salah satu solusi untuk meminimalisir kucing terserang kanker adalah dengan rutin memberikan minyak ikan. Drh. Joanna Pendergrass melalui tulisannya di PETMD mengungkapkan manfaat lain dari minyak ikan, yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Caranya dengan merangsang sel kanker untuk berdiferensiasi (berubah menjadi jenis sel tertentu). Ketika sel berdiferensiasi, maka kemampuan membelah sel kanker akan terhambat sehingga tidak terus tumbuh.

9. Mengatasi masalah ginjal

Pada kucing yang mengalami masalah dengan ginjalnya, minyak ikan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa memicu komplikasi. Selain itu, minyak ikan juga mengurangi produksi zat pro-inflamasi yang bisa memperburuk kondisi ginjal. Dilansir dari Animal Medical Center of Chicago, ada penelitian yang memperkuat manfaat Omega-3 pada minyak ikan untuk mengatasi masalah ginjal ini. Dari 146 kucing yang mengalami sakit ginjal, kucing yang diberi makanan dengan suplemen Omega-3 hidup rata-rata selama 17 bulan. Sementara kucing yang tidak diberi asupan Omega-3 tidak mencapai masa hidup 17 bulan tersebut.

10. Membantu perkembangan otak dan mata kucing

Kandungan DHA pada minyak ikan memberi manfaat baik untuk perkembangan otak dan mata kucing. Terutama bagi kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan dan kucing senior, asupan DHA ini menjadi sangat penting. Minyak ikan yang mengandung DHA bisa membantu perkembangan dan menjaga fungsi sel otak dan jaringan saraf mata kucing. Memberikan minyak ikan sesuai dosis pada kucing hamil juga akan sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janinnya. Minyak ikan dipercaya dapat menstimulasi perkembangan otak, saraf, dan mata pada janin kucing. Lebih lanjut mengenai pentingnya Omega-3 pada kucing disampaikan oleh dr. Joseph Wakshlag melalui website Pet Care Rx. Ia mengungkapkan bahwa DHA merupakan komponen penting bagi kucing hamil dan anak kucing. Saat perkembangan di janin hingga awal kelahiran, kucing membutuhkan DHA yang cukup untuk membantu optimalnya perkembangan sel saraf.

Dosis minyak ikan untuk kucing

Walaupun memiliki manfaat baik untuk kucing, tetapi minyak ikan juga bisa menimbulkan efek samping. Biasanya efek tersebut muncul karena dosisnya berlebihan. Sama seperti saya di awal dulu. Karena terlalu bersemangat ingin hasil yang cepat, saya memberikan minyak ikan melebihi dosis yang seharusnya. Akibatnya, kucing saya mengalami diare. Diare adalah efek samping yang paling sering terjadi kalau terlalu banyak memberikan minyak ikan pada kucing. Ada juga efek samping lain seperti lemas, bau mulut, dan melambatnya pembekuan darah.

Supaya tidak terjadi efek samping yang buruk pada kucingmu, pastikan untuk memberikan minyak ikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya dosis ini bisa kamu lihat pada kemasan minyak ikannya. Namun, kalau kamu membeli minyak ikan secara eceran, mungkin agak sulit menemukan keterangan mengenai dosisnya. Sebagai panduan, saya rangkumkan dosis pemakaian minyak ikan untuk kucingmu dari beberapa website.

Sumber: PetCareRx,

WeightEPADHATotal Omega-3
2-4 pounds35 mg21 mg71 mg
5-9 pounds69 mg41 mg143 mg
10-14 pounds104 mg62 mg214 mg
15-20 pounds138 mg83 mg285 mg
20+ pounds173 mg104 mg356 mg

*1 pounds = 0,45 Kg

Sumber: NomNom:

CATSMetabolic Dose EPA+DHA (mg/kg of body weight 0,67)5 Kg

Actual Dose (mg)

7,5 Kg

Actual Dose (mg)

10 Kg

Actual Dose (mg)

Reasonable Dose30-50 mg/kg body weight150 – 250225 – 375300 – 500

Panduan lain diberikan oleh drh. Donna Solomon, dokter hewan dari Animal Medical Center of Chicago. Untuk sebagian besar pasien kucing, drh. Solomon merekomendasikan 40 mg EPA dan 25 mg DHA untuk setiap berat badan kucing.

Kalau masih ragu, kamu bisa bertanya dan berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter hewan langgananmu. Apalagi kalau kucingmu memiliki masalah kesehatan tertentu. Dokter hewan bisa memberikan rekomendasi dosis yang paling tepat sesuai dengan kondisi kucingmu.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah lebih paham kan manfaat minyak ikan untuk kucing? Kandungan Omega-3 (EPA dan DHA) pada minyak ikan bisa membantu menjaga kesehatan kucingmu. Mulai dari masalah alergi, penyakit ginjal, kesehatan kulit dan bulu, sampai perkembangan sel otak. Asalkan diberikan secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, kamu akan melihat perubahan yang baik pada kesehatan kucingmu. Jadi, tidak perlu ragu lagi kalau mau memberikan minyak ikan sebagai suplemen tambahan, ya.

Baca lebih lanjut: 10 rekomendasi minyak ikan untuk kucing [2020] »