Home » Rekomendasi produk » 10 rekomendasi obat cacing kucing terbaik

10 rekomendasi obat cacing kucing terbaik

| | Category

Bagaimana cara mengatasi cacingan pada kucing? Apakah ada obat cacing yang manjur untuk kucing? Kira-kira berapa harganya? Pertanyaan tersebut sering ditanyakan berulang kali oleh pemilik kucing pemula. Hal ini dikarenakan mereka pernah mencoba berbagai obat cacing di pasaran ternyata tidak manjur. Dari permasalahan tersebut, akhirnya saya melakukan riset sendiri dan mencoba berbagai jenis obat cacing kucing yang dijual bebas. Dari riset tersebut, saya menemukan 10 rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan efektif membasmi penyakit cacingan. Produk obat cacing kucing rekomendasi saya mulai dari Perderm Cat Dewormer, Alberworm Cat Syrup, hingga Drontal. Berapa dosis pemberian obat cacing kucing? Untuk lebih jelasnya, yuk baca pembahasannya sampai selesai.

1. Petderm Cat Dewormer

Harga (Rp)Jumlah (pcs)Bentuk
Rp13.000-Rp18.0001Tablet

Petderm Cat Dewormer merupakan obat cacing yang berbentuk tablet dan mudah ditemukan di online shop atau pet shop. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan pada kucing. Petderm Cat Dewormer dapat mengatasi penyakit cacing tambang, cacing pita, cacing gelang, hingga cacing cambuk.

Petderm Cat Dewormer efektif untuk mengatasi kucing cacingan karena dilengkapi dengan bahan aktif, seperti:

  • Praziquantel untuk merusak kulit parasit.
  • Pyrantel untuk menghancurkan ascariasis dan cacing tambang.
  • Febantel untuk mengatasi parasit jenis Nematoda.

Untuk harga, Petderm Cat Dewormer cukup mahal, yaitu sekitar Rp13.000-Rp18.000 per tabletnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan efektivitas obat.

Jika kamu hendak memberikan Petderm Cat Dewormer ke kucing, pastikan usianya sudah lebih dari 4 minggu. Setelah itu, perhatikan dosisnya ya.

  • Berat kucing > 2 kg = ¼ tablet.
  • Berat kucing 2-5 kg = ½ tablet.
  • Berat kucing 6-10 kg = 1 tablet.

Kamu bisa memberikan Petderm Cat Dewormer ke kucing secara langsung. Jika susah, kamu bisa menghancurkan tablet obat cacing dan mencampurkannya ke makanan basah kucing. Gunakan saja sedikit makanan basah agar obatnya bekerja lebih efektif.

Apakah bisa diberikan setiap hari? Tidak.

Untuk anak kucing, kamu bisa mulai dari usia 4 minggu. Kemudian, beri jeda 2 minggu dan lakukan hal tersebut hingga usia kitten mencapai 12 minggu.

Untuk induk menyusui, berikan jeda 2 minggu setelah melahirkan. Lakukan pengobatan bersamaan dengan anak kucing.

Jika kamu baru pertama kali memberikan Petderm Cat Dewormer, beri jeda 1 minggu. Setelah itu beri jeda 2 minggu.

Misalnya, kamu memberi Petderm Cat Dewormer untuk pertama kalinya tanggal 9 Desember 2020. Pemberian obat kedua dilakukan tanggal 16 Desember 2020. Lalu pemberian obat ketiga dan keempat tanggal 30 Desember 2020 dan 13 Januari 2021.

Untuk pencegahan, kamu bisa memberikan Petderm Cat Dewormer per 3 bulan sekali. Jika terjadi efek samping seperti muntah, diare, nafsu makan hilang, segera bawa ke dokter hewan ya.

2. Wormix Obat Cacing Kucing

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp18.000-Rp27.00030Cair

Kucing kamu susah diberi obat cacing dalam bentuk tablet? Kamu bisa coba Wormix Obat Cacing Kucing yang memiliki bentuk cair. Karena bentuknya cair, obat cacing ini mudah untuk diserap sehingga bisa bekerja efektif.

Obat cacing berbentuk cair ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp18.000-Rp27.000 per 30 ml.

Mudah tidak untuk mendapatkannya? Mudah. Kamu bisa mendapatkannya di pet shop atau di toko online.

Pemberian Wormix Obat Cacing Kucing ke kucing kesayangan perlu diperhatikan. Pemberian dilakukan 2-3 jam sebelum makan.

Jika hanya untuk pencegahan, berikan per 1-2 bulan. Sedangkan untuk pengobatan cacingan yang parah, kamu bisa berikan selama 3 hari berturut-turut.

Apakah takarannya sama? Tidak. Kamu perlu memperhatikan berat badan kucing untuk memberikan takaran yang tepat.

Dosis pemberian obat Wormix Obat Cacing Kucing, yaitu:

  • Berat 0,5-1 kg : 5 ml (1 sdt).
  • Berat hingga 2 kg : 10 ml (2 sdt).
  • Berat hingga 3 kg : 20 ml (4 sdt).
  • Berat hingga 4 kg : 30 ml (1 botol Wormix Obat Cacing Kucing).

3. Albenworm Cat Syrup

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp25.000-Rp35.000120Cair

Albenworm sebenarnya ada 2 jenis yaitu tablet dan cair. Saya sendiri menggunakan yang tablet karena ukurannya kecil dan mudah diberikan ke kucing. Namun, kalau kamu biasanya menggunakan obat cair, kamu bisa menggunakan Albenworm Cat Syrup.

Jika dibandingkan antara harga dan banyak isinya, Albenworm Cat Syrup cukup murah. Untuk 120 ml, harga Albenworm Cat Syrup sekitar Rp25.000-Rp35.000.

Lalu, di mana bisa membeli Albenworm Cat Syrup? Kamu bisa membeli obat dengan kandungan Albendazole ini di toko online atau pet shop.

Dosis pemakaian Albenworm Cat Syrup adalah:

  • Berat badan 1-5 kg : 1,25 ml (¼ sdt).
  • Berat badan 10 kg : 2,5 ml (1/2 sdt).

Jika kucing dalam kondisi sakit, maka berikan 2 hari berturut-turut. Sedangkan untuk pencegahan, kamu bisa memberikan Albenworm Cat Syrup 1x per 2-3 bulan.

Namun, sebelum kamu memberikan Albenworm Cat Syrup ke kucing kamu, pastikan kucing kamu tidak dalam kondisi hamil ya. Setelah memastikan kondisi kucing, kocok Albenworm Cat Syrup terlebih dahulu, kemudian baru berikan obatnya ke kucing.

Kalau kamu kesusahan memberikan Albenworm Cat Syrup ke kucing kesayangan, kamu bisa menggunakan pipet atau mencampurkan ke minuman.

4. Catyzole Obat Cacing

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp15.000-Rp17.00030Cair

Catyzole Obat Cacing bisa jadi pilihan untuk obat cacing ampuh yang murah meriah. Dengan harga Rp15.000-Rp17.000 per 30 ml, kamu bisa membasmi telur, larva hingga cacing dewasa.

Obat cacing yang diformulasikan oleh Otsuda Corp, Jepang ini memiliki 2 kandungan utama, yaitu:

  • Mebendazole 650 mg.
  • Levamisole 150 mg.

Catyzole Obat Cacing aman diberikan ke kucing dengan berat 800 gr hingga 12 kg. Tidak direkomendasikan memberikan Catyzole Obat Cacing ke kucing hamil agar tidak terjadi masalah pada kehamilannya.

Lalu, berapa dosisnya? Dosis Catyzole Obat Cacing, yaitu:

  • Berat 800 gr – 3 kg : 2-3 ml (½ sdt).
  • Berat 3-6 kg : 5 ml (1 sdt).
  • Berat 12 kg : 15 ml (3 sdt).

Sebelum kamu memberikan Catyzole Obat Cacing, kocok obatnya lebih dahulu. Setelah itu, teteskan Catyzole Obat Cacing sesuai dosis.

Apakah bisa kapan saja? Jika kucing dalam kondisi sakit dan belum pernah minum obat cacing, berikan selama 3 hari berturut-turut.

Untuk pencegahan, berikan 1 kali per 1 bulan untuk kucing outdoor . Sedangkan untuk kucing indoor, berikan setiap 1 kali per 3 bulan.

Ada 2 waktu pemberian obat Catyzole Obat Cacing yang dianjurkan, yaitu:

  • 2 jam sebelum makan.
  • Malam hari, tepatnya 1 jam setelah makan dan sebelum kucing tidur.

5. Drontal

Harga (Rp)Jumlah (pcs)Bentuk
Rp16.000-Rp25.0001 pcsTablet

Drontal Cat sudah teruji kualitasnya bahkan menjadi salah satu obat cacing paling ampuh yang bisa kamu pilih. Keunggulan lain dari Drontal Cat, diantaranya:

  • Mudah ditemukan.
  • Efektif atasi cacingan dan diare.
  • Mengandung Praziquantel dan Pyrantel embonate.

Drontal Cat hanya bisa diberikan ke kucing dengan usia minimal 6 minggu. Pemberian Drontal Cat dilakukan pada usia 6 minggu, 8, 10 dan 12 minggu. Setelah itu berikan Drontal Cat per bulan hingga usia kitten mencapai 6 bulan.

Pemberian obat selanjutnya dilakukan per 3 bulan sekali. Dosis yang disarankan, yaitu:

  • Berat badan 2 kg : ½ tablet.
  • Berat badan 4 kg : 1 tablet.
  • Berat badan 6 kg : 1,5 tablet.

Kalau kamu kesulitan memberikan Drontal Cat ke kucing kamu, kamu bisa menggunakan pelontar atau mencampurkan ke makanan basah. Hancurkan Drontal Cat lebih dahulu, campurkan ke sedikit makanan basah, lalu berikan ke kucing. Pastikan jika obatnya tercampur atau tertutupi ya agar kucing kamu memakan obatnya. 

6. Combantrin

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp20.00010 mlCair  

Combantrin dikenal sebagai obat cacing untuk manusia. Namun, Combantrin untuk anak ternyata cukup ampuh untuk mengobati cacingan pada kucing.

Keunggulan dari Combantrin, yaitu:

  • Harganya terjangkau.
  • Mudah ditemukan, termasuk di apotek, minimarket, supermarket.
  • Aman diberikan ke kucing di bawah usia 3 bulan.
  • Direkomendasikan dokter hewan.

Dosis yang disarankan, seperti yang dilansir di Radio Kucing, yaitu 1 ml per 2 kg berat kucing. Berikan setiap 2 minggu sekali dalam waktu 1 bulan.

Untuk kitten usia 1,5 bulan, seperti yang dijelaskan di Teras Petshop, takarannya adalah 0,2 cc. Namun, perhatikan dulu kondisi fisiknya, apakah cukup baik atau belum. Jika cukup baik, kamu baru boleh memberikan Combantrin ke kitten ya.

Untuk memberikan Combantrin ke kitten, kamu bisa menggunakan suntikan kecil tanpa jarum. Suntikan ini bisa kamu beli di apotek. Setelah itu, kamu bisa berikan Combantrin secara langsung ke kucing kamu.

Bisakah diberikan ke kucing yang usianya 4 bulan ke atas dan memiliki berat badan normal? Untuk hasil lebih efektif, akan lebih baik kalau kamu memberikan obat cacing khusus kucing dibandingkan Combantrin.

7. Vermox

Harga (Rp)Jumlah (pcs)Bentuk
Rp25.000-Rp30.000Tablet   

Vermox cukup ampuh digunakan untuk membasmi cacing karena memiliki kandungan mebendazole. Kandungan aktif tersebut mampu untuk membasmi cacing pita dan cacing gelang.

Vermox tidak boleh diberikan ke kucing yang hamil. Jadi, kamu harus menunggu hingga kucing kamu melahirkan.

Lalu, berapa banyak dosis Vermox yang bisa diberikan ke kucing?

Sayangnya, beberapa sumber yang saya temukan, tidak mencantumkan berapa banyak dosis yang bisa diberikan ke kucing. Jadi, banyak sedikitnya dosis perlu dikonsultasikan ke dokter hewan kamu ya.

8. Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats

Harga (Rp)Jumlah (pcs)Bentuk
Rp212.122-Rp354.0003 pcsTablet   

Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats bisa jadi pilihan terbaik untuk atasi cacingan pada kucing. Produk yang memiliki kandungan praziquantel ini efektif atasi cacing pita.

Keunggulan dari Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats, diantaranya:

  • Aman untuk diberikan ke kucing di atas usia 6 minggu.
  • Efektif atasi cacing pada kucing seperti cacing pita, Taenia taeniaeformis, Dipylidium caninum.
  • Bisa diberikan langsung secara oral ke kucing atau dicampurkan ke makanan.
  • Tidak perlu resep dokter.

Pemberian Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats hanya perlu disesuaikan dengan berat badan kucing. Dosis Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats, yaitu:

  • Berat badan di bawah 4 lbs (1,814 kg) : ½ tablet.
  • Berat badan 5-11 lbs (2,268-4,989 kg) : 1 tablet.
  • Berat badan lebih dari 11 lbs (4,989 kg) : 1,5 tablet.

Setelah pemberian Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats, perhatikan apakah ada efek samping seperti diare atau tidak. Jika iya, hentikan pemakaian dan hubungi dokter hewan kamu.

9. ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp61.000-Rp62.0004 oz (118 ml)Cair   

ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms efektif atasi cacing gelang. Dengan begitu, kucing kamu terhindar dari masalah kesehatan seperti:

  • Pembengkakan perut.
  • Muntah.
  • Diare.

ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms bisa diberikan ke kucing dengan usia minimal 6 minggu. Keunggulan obat cacing ini, diantaranya:

  • Efektif atasi cacing gelang.
  • Aman diberikan ke kitten.
  • Mudah diberikan ke kucing, yaitu dengan diberikan secara langsung atau dicampurkan ke makanan basah. Namun, jika kamu punya lebih dari 1 kucing di rumah, lebih baik berikan obat secara langsung ke kucing.

Sebelum pemberian ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms, timbang berat badan kucing. Berikan sebanyak ¼ sdt per 2,5 lbs (1,134 kg). Pemberian obat cacing ini sebaiknya dilakukan sesaat setelah kucing kamu makan.

Beri jarak 14 hari antara pemberian obat yang pertama dengan yang kedua. Setelah itu, berikan ProSense’s Liquid Dewormer for Roundwormsper 30 hari untuk pencegahan.

10. NaturPet D Wormer for Cats

Harga (Rp)Takaran (ml)Bentuk
Rp424.000-Rp439.000100 mlCair       

NaturPet D Wormer for Cats bisa jadi pilihan kalau kamu punya kucing dan anjing di rumah. Ini karena pada dasarnya, NaturPet D Wormer diformulasikan untuk kucing dan anjing.

NaturPet D Wormer for Cats memiliki kandungan yang efektif atasi cacing, diantaranya:

  • Wormwood aerial parts.
  • Fennel seed.
  • Sage leaf.
  • Black sheed.
  • Black walnut hull.
  • Daun pepaya.

Dengan kandungan tersebut, NaturPet D Wormer for Cats juga bisa membantu mengembalikan dan menjaga kesehatan kucing kamu. Jadi, kucing kesayangan akan tetap sehat.

Perlu diperhatikan bahwa NaturPet D Wormer for Cats hanya bisa bertahan selama 6 bulan saja setelah dibuka. Jadi, pastikan kamu mengecek apakah sudah kadaluarsa atau belum.

Untuk dosis, kamu bisa memberikan 1 ml NaturPet D Wormer for Cats untuk kucing seberat 0-25 lbs (11,339 kg). Jika beratnya 26-50 lbs (11,793-22,679 kg), berikan 2 ml NaturPet D Wormer for Cats. Berikan NaturPet D Wormer for Cats 2 kali dalam sehari.

Untuk pemberian NaturPet D Wormer for Cats, kamu bisa memberikan secara langsung atau mencampurkan ke makanan. Sebagai catatan, jika kucing kamu termasuk indoor, berikan 2 kali per tahun. Sedangkan jika kucing kamu termasuk kucing outdoor, berikan 4 kali dalam setahun.

Poin Penting

Ada 10 rekomendasi obat cacing yang saya bagikan, yaitu:

  1. Petderm Cat Dewormer.
  2. Wormix Obat Cacing Kucing.
  3. Albenworm Cat Syrup.
  4. Catyzole Obat Cacing.
  5. Drontal Cat.
  6. Combantrin.
  7. Vermox.
  8. Bayer’s Tapeworm Dewormer Tablets for Cats.
  9. ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms.
  10. NaturPet D Wormer for Cats.

Kamu bisa memilih jenis obat cacing yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Pertimbangkan juga bentuk obat cacingnya ya. Kamu bisa memilih obat cacing tablet atau syrup. Jika kucing kamu memiliki penyakit khusus (misalnya, obesitas), jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan langgananmu. Semoga bermanfaat.

Baca lebih lanjut: 8 penyebab mata kucing tertutup selaput putih »